Membuat radio penerima Shortwave atau SW receiver sederhana

July 8, 2010

Membuat radio penerima Shortwave atau SW receiver sederhana
by: Kamarudin

Mendengarkan siaran radio SW memang salah satu hobby saya sejak kecil, itu saat ayah saya gemar memantau berita lewat radio transistor 5 band terutama di gelombang SW.
pada zaman ini, mungkin mendengarkan siaran radio SW memang tidak sepopuler dengan siaran radio FM.
di jalur SW atau Shortwave kita bisa mendengarkan siaran radio internasional bahkan saya juga sering memantau radio komunikasi antar penduduk di jalur SW.
radio komunikasi di jalur SW mempunyai jarak yang cukup jauh, dan setahu saya tidak memerlukan izin untuk beroperasi.
Mendengarkan siaran radio pada gelombang pendek (short wave/SW) atau band internasional, adalah hobi yang mengasyikkan dan sekaligus hiburan yang edukatif.
Walau kini terdapat alat-alat komunikasi baru yang dapat menghubungkan orang ke pusat informasi secara cepat, namun peranan stasiun radio terutama kecepatan radio siaran SW dalam penyampaian berita, tampaknya belum tersaingi.

Membuat sendiri radio penerima (receiver) pada gelombang pendek (SW) yang saya posting kali ini berdasar tipe “Regenerative Receiver”.
rangkaiannya cukup sederhana, tapi sensitif dan selektivitasnya cukup baik.
saya sudah pernah mencoba membuat “regenerative receiver” yang beroperasi di jalur VHF Airband (penerbangan), hasilnya sunnguh diluar dugaan saya.
walaupun rangkaiannya sangat sederhana tapi bisa menangkap sinyal dengan baik, bahkan percakapan antara pilot pesawat dengan tower bandara bisa saya pantau.
untuk posting “airband regenerative receiver” akan segera saya posting di blog ini menyusul.
model “Regenerative receiver” jelas berbeda dengan model radio di pasaran, karena radio yang dijual di pasaran umumnya berdasar jenis heterodine yang jelas mahal harganya dan rumit rangkaiannya.
rangkaian yang saya sarankan adalah dari artikel “A Simple Regen Radio for Beginners” karangan Charles Kitchin.
file PDF nya bisa di download DISINI.
gunakan Adobe Reader/Foxit Reader/Acrobat Reader/Microsoft Reader untuk membuka file PDF tersebut.
rangkaian dalam artikel tersebut menggunakan 1 transistor yaitu 2N2222, setahu saya transistor 2N2222 sangat sulit didapat di Indonesia.
sebagai gantinya saya sarankan untuk menggunakan transistor BC337 (info pengganti transistor 2N2222 ini saya dapat dari sebuah forum).
silakan kunjungi juga artikel-artikel saya lainnya, yang masih terkait dengan elektronika yaitu: (artikel-artikel tsb di posting di jaringan Triond)

Mini Amplifier with Lm386

Simple Stereo Amplifier Lm 379 with Bass Boost

Amplified Uhf Antenna for Best Reception

Radio Fm Antennas for Best Reception

Uhf Dipole Antenna Easy to Built

Fm Antenna Diy with Booster Version Two

Built Your Own Fm Wireless Microphone

7 Responses to “Membuat radio penerima Shortwave atau SW receiver sederhana”

  1. Adit lessai Says:

    Kog skemanya g di tampilan sih..

    • arjip Says:

      skemanya ada dalam artikel file PDF yang bisa di download. link nya ada di posting, klik kata “DISINI”.
      silakan lihat dan perhatikan posting di atas untuk lebih jelas.


  2. [...] “Membuat radio penerima Shortwave atau SW receiver sederhana” bisa dilihat dengan klik DISINI. posting saya tentang “Mini Audio Amplifier with Ic An7112″ bisa dilihat dengan klik [...]


  3. [...] Membuat radio penerima Shortwave atau SW receiver sederhana Possibly related posts: (automatically generated)Membuat radio penerima Shortwave atau SW receiver sederhanaSelamat datangTest Posting Posted in elektronika | Tagged all band receiver, portabel radio, radio kristal, radio sederhana, rangkaian elektronika | Leave a Comment » [...]

  4. hary Says:

    mbok ya kalau hanya copy paste dari internet dan belum dicoba sendiri jangan ditampilkan…..kapan majunya kalau hanya copas saja……dan bisa saja rangkaiannya gak bekerja….kasihan pembaca sdh nyoba gak berhasil…frustasi deh….

    • arjip Says:

      maaf mas, saya hanya sekedar membagi informasi saja…
      regenerative receiver yang dibahas di posting merupakan karya asli Charles Kitchin, salah seorang yang berpengalaman membuat dan mendesain regenerative receiver. saya sendiri banyak belajar dari tulisan-tulisan dia.
      memang untuk saat ini saya belum mencoba membuat regenerative receiver untuk jalur SW, tapi saya sudah membuat radio regenerative untuk jalur VHF Airband (komunikasi penberbangan komersial).


  5. [...] >> Membuat radio penerima Shortwave (SW receiver) sederhana >> Kumpulan artikel tentang tanaman dan buah Strawberry >> Sudah Jutaan Rupiah saya raup dari situs survey online ini >> Sudah $82.06 saya raup dari Triond via Paypal >> Test The Speed of Flash Disk with Check Flash >> Some Fruit That Can Sharpness Your Brain Share this:TwitterFacebookStumbleUponDiggRedditEmailLike this:LikeBe the first to like this post. Posted in elektronika, gadget | Tagged 80 meter, frekuensi, frekuensi radio, HF, hobby, komunikasi, monitoring, radio, radio amatir, radio receiver, radio transistor, scanner, short wave, SSB, SW | Leave a Comment » [...]

Leave a Reply

