rangkaian pemancar fm stereo sederhana

July 14, 2010

Untuk posting saya yang lain yang masih berhubungan dengan pemancar FM yaitu “macam pemancar FM”, bisa dilihat postingnya dengan klik DISINI.

Pemancar stereo yang saya bahas kali ini mempunyai daya yang kecil, cukup untuk menjangkau area di sekitar rumah.
sehingga cocok untuk memancarkan sumber suara dari iPod, komputer, discman, walkman, TV / SAT receiver, dan banyak sumber audio lainya.
untuk keperluan pemancar stasiun radio FM dengan jarak jangkau yang jauh, maka saya sarankan agar rangkaian ini dimodifikasi dengan di perkuat rangkaian “power RF amp”.
tentu saja Pemancar FM dengan daya kuat memerlukan izin agar tidak dianggap ilegal.

penjelasan lebih lanjut tentang pemancar ini (PCB layout, komponen, dll), bisa dilihat dengan klik DISINI.
untuk antenna yang cocok untuk jenis pemancar ini yaitu jenis “ground plane” karena jenis ini bisa menangani daya pancar yang cukup tinggi.
untuk pembahasan tentang antena “ground plane”, saya posting DISINI.
pada posting tsb, panjang elemen antenna vertikal radiator dan panjang elemen antenna radial bisa dihitung dengan rumus.
untuk pemancar FM, artinya frekuensinya diambil diantara 88 sampai 108 MHz.

jika anda tidak bisa menemukan komponen-komponen dalam rangkaian ini di toko elektronika, saya sarankan untuk membeli di supplier komponen online.
situs yang bisa anda kunjungi yaitu www.BGmicro.com,  BGmicro melayani pemesanan secara internasional dan di sana anda akan menemukan beragam komponen dan bisa dibeli dengan Paypal.
review tentang situs http://www.BGmicro.com bisa dilihat dengan klik DISINI.
jika anda belum punya Paypal, silakan kunjungi posting saya tentang “cara pendaftaran di Paypal” dengan klik DISINI.
kalau anda ingin mengisi saldo Paypal dengan mudah maka silakan kunjungi blog saya yang lain yaitu “iconptc.blogspot.com
di blog tsb, ada beragam program daftar gratis yang dibayar Dollar ke rekening Paypal kita.

silakan juga kunjungi artikel-artikel tulisan saya lainnya yaitu:

Benarkah gabung di situs Survey online, kita akan dibayar?

Mini Audio Amplifier for Tuner or Simple Receiver

Make a Simple Shortwave Sw Radio Receiver

Amplified Uhf Antenna for Best Reception

Fm Antenna Diy with Booster Version Two

Radio Fm Antennas for Best Reception

9 Responses to “rangkaian pemancar fm stereo sederhana”


  1. [...] 5.Pemancar FM stereo. posting lengkapnya bisa dilihat dengan klik DISINI. [...]

  2. fi3rust Says:

    sy memerlukan skema pmancar fm streo yg bgus ne

  3. YUSUF Says:

    kira2 harga untuk semua komponennya berapa y ?
    jaraknya smpe brapa m ?

  4. Stw ahmad Says:

    Mas slam kenal q suntawi nak pati jenis ic stereo itu sdh ter sedia ditoko toko

  5. agustomank Says:

    Met siang bos jangan lupa main ke blogku

    • arjip Says:

      saya sudah sering mampir kok mas Agus, kalau gak salah isi blog-nya tentang beragam skema pemancar ya? :)
      dulu zaman saya masih sekolah, sering main dan eksperimen kit pemancar FM, dan juga monitoring rakom jalur AM di 3,5 MHZ (80 meter). tapi saya gak pernah ikut nimbrung komunikasi on air, cuma memonitor saja.

  6. suryadi Says:

    artikelnya siiip

Leave a Reply

