Penguat sinyal booster untuk radio penerima FM

July 18, 2010

Bagaimana jika anda sudah memasang antena luar tapi sinyal dari stasiun pemancar radio FM yang kita ingin dengar siarannya masih kurang jelas dan banyak noise? Antena mempunyai keterbatasan dalam menangkap sinyal, untuk itu perlu adanya alat tambahan yaitu penguat sinyal atau booster untuk menyempurnakan penerimaan sinyal dari antena. Dengan menambah antena dengan booster maka dapat meningkatkan jarak tangkap sinyal antena tersebut.
Penggunaan antena yang kurang tepat semisal menggunakan antena sederhana dengan penguatan antena yang rendah pada daerah yang lemah sinyalnya akan mengakibatkan  penerimaan menjadi buruk. Penggunaan antena dengan penguatan rendah bisa juga ditingkatkan dengan menambah booster sehingga antena tersebut dapat berperilaku seperti antena khusus untuk  daerah dengan sinyal lemah atau jauh dari stasiun pemancar karena antena ini mempunyai penguatan yang cukup tinggi.
Berikut ini akan disampaikan beberapa tipe dari rangkaian booster untuk penerima FM, booster ini dirangkai dengan menggunakan komponen-komponen yang mudah didapat, biaya pembuatan yang murah serta mudah, tetapi tetap dapat menghasilkan sinyal yang berkualitas.

  1. FM antenna DIY with booster Version 1. merupakan antenna FM aktif indoor yang mudah dibuat tapi berkualitas.artikelnya bisa dilihat dengan klik DISINI.
  2. FM antenna DIY with booster Version 2. artikelnya bisa dilihat dengan klik DISINI.
  3. Booster FM dengan satu transistor. Untuk semua komponen resistor yang ada dalam rangkaian-rangkaian yang disajikan  menggunakan ukuran ¼ Watt. Yang disajikan ini adalah rangkaian berbiaya murah untuk booster FM yang dapat digunakan untuk mendengarkan program siaran dari stasiun-stasiun FM pada jarak yang cukup jauh dengan jelas. Rangkaian ini didasarkan pada sebuah prapenguat transistor RF untuk jalur VHF/UHF yaitu type 2SC2570. (biasanya hanya tertulis C2570 pada body transistor). Rakitlah rangkaian ini pada PCB yang berkualitas. PCB untuk rangkaian ini tidak dijual bebas, untuk itu bisa dibuat sendiri atau menggunakan veroboard. Aturlah input/output trimmer (VC1/VC2) untuk penguatan maksimum (gain maximum). Jika anda kesulitan untuk mendapatkan nilai trimmer yang sesuai anda bisa menggantinya dengan kapasitor tetap yang nilainya bervariasi dari 15 sampai 40 pf. anda bisa mengubah-ubah nilai kapasitor tetap tersebut sampai didapat penguatan yang paling maksimal.lilitan 1 (L1) mempunyai 4 tab dililit dengan menggunakan kawat email jenis 20SWG dengan diameter lilitan 5 mm. 1 tab dari ground dibuat cabang yang dihubungkan dengan input. Untuk lilitan 2 (L2) dengan spesifikasi sama dengan L1 tetapi dibuat hanya 3 tab. Untuk keseluruhan konfigurasi dan pin transistor bisa dilihat lebih jelas pada gambar. Khusus transistor apabila anda kesulitan untuk mendapatkan transistor type 2SC2570, anda dapat menggantinya dengan tipe lain yang kompatibel yaitu antara lain: 2SC2498, 2N5179, SK9139, NTE10. transistor-transistor tersebut berjenis NPN untuk penggunaan di jalur VHF/UHF.

(klik gambar untuk memperbesar/ zoom rangkaian).

untuk menambah referensi anda, silakan baca juga posting-posting  saya lainnya yang masih berkaitan dengan topik yang saya bahas dalam posting ini:

>> Meningkatkan sensitifitas penerimaan radio saku AM/FM/SW (Part 1)

>> Meningkatkan sensitifitas penerimaan radio saku AM/FM/SW (Part 2)

>> Membuat radio receiver Airband yang sensitif

>> Radio receiver dan hobby monitoring frekuensi radio

———-00———

silakan kunjungi juga artikel dan link saya lainnya berikut ini:

>> Bukti bayaran Ipanelonline di 2014

>> Growing strawberries in small pots

>> Bayaran ke 3 dari LogiPTC (yg mau duit Dollar masuk)

>> Play Game Grid 2 with low end laptops

>> 10 Most Beautiful Island in Indonesia

About these ads

29 Responses to “Penguat sinyal booster untuk radio penerima FM”

  1. Iyan Says:

    Signifikan ndak ya perubahannya?
    Butuh sekali saya penguat sinyal FM

    • arjip Says:

      kalau pemancar FM yang watt nya kecil saya punya dirumah, tapi untuk penguatnya saya sendiri belum ada kesempatan untuk mencoba mas….

  2. aditya Says:

    saya punya tuner FM digital merek saturn RF 025-D kondisi kit jadi,, nah konektor antena yang produsen pakai adalah konektor F..

    yang jadi persoalan kenapa kalau saya lilitkan kabel coax 75 ohm dengan posisi serabut braided di luar konektor dan inti tembaga di dalam konektor kok tidak ada frekuensi siaran yang tertangkap,, namun jika saya hanya memakai inti tembaga saja dicolok ke tengah konektor, frekuensi yang didapat lumayan banyak namun masih bernoise..

    nah bagaimana cara membuat antena untuk radio tuner ini supaya siaran radio yang ditangkap menjadi bersih tanpa noise??

    terima kasih dan mohon pencerahannya..

    • arjip Says:

      pake booster yang sudah saya bahas di atas, kabel coaxial langsung konek ke booster yaitu: ground kabel ke ground booster dan inti kabel ke input booster, sedangkan keluaran out langsung konek ke input anten tunernya, tanpa kabel ground.
      saya sudah coba dengan radio compo dan radio 10 band saya dan hasilnya bagus.

  3. pras Says:

    Rangkaian ini sudah ada yg jadi belum? Alias dijual sdh siap pakai. Saya tertarik untuk membelinya..

    • arjip Says:

      di toko elektronika mungkin ada yang jual dalam bentuk jadi mas, atau masih dalam bentuk kit PCB yang nantinya bisa dirakit sendiri.
      rangkaian no 1 dan 2 di posting di atas adalah versi modifikasi dari kit FM receiving booster merk Ronica SC-198 yang sudah saya tambahi sendiri dengan rangkaian gain (pengatur penguatan agar tidak overload) dan antenna untuk jalur FM. dulu saya beli kit Ronica SC-198 di salah satu toko elektronika di kota Cepu.


  4. Mohon infonya saya bbutuh banget booster fm ini.saya pesen yang sudah jadi tingal pakai.
    Hub kami di nmr hp 087828150515

    • arjip Says:

      hallo Mas Ahmad, saya tidak menyediakan/menjual booster FM ini.
      mas Ahmad bisa mencari sendiri di toko elektronika, atau kalau pembaca lainnya ada yang punya dan mau dijual silakan hubungi mas Ahmad.


  5. makasih infonya, saya butuh alat ini tapi saya sangat awam dengan elektronika……bisa nggak kasih penjelasan secara rinci cara pembuatannya n cara menghubungkannya dengan radio sekalian foto rangkaian yg udah jadi

    • arjip Says:

      kalau saran saya sih sebaiknya mas Gusmuh cari booster FM yang sudah jadi di toko elektronika, kalau tidak ada bisa dicari kit elektronikanya kemudian dirakit sendiri. untuk kit elektronika, kita tinggal pasang dengan power supply-nya. kalau masih bingung, coba cari bantuan teman, sahabat, saudara, atau tetangga yang faham dengan elektronika.

  6. tyo Says:

    menarik sekali nih….. saya coba tanya ke toko elektronik di tempat saya ada mas,kemudian saya beli dan saya pasang tapi siarannya hilang semua… kira2 boster fm yg bagus merk apa ya. terus di boster TV selain VHF/UHF ada juga FM. apa bisa boster TV dipakai untuk penguat sinyal FM.

    • arjip Says:

      saya tidak menjamin kualitas booster TV “kotak” yang biasanya dijual di pasaran, karena ada yang kualitasnya bagus dan ada pula yang jelek (quality control-nya tak jelas). booster yang sering dijual di toko elektronika biasanya untuk jalur VHF/UHF, sedangkan siaran radio FM berada di jalur VHF. jadi jika booster tersebut tidak rusak dan berfungsi dengan semestinya, maka seharusnya bisa digunakan untuk FM. kalau saya lebih suka merakit sendiri dan mengujicoba sendiri.

  7. ririe Says:

    sy beli boster tv yg bisa berputar di st di jelaskan bs buat radio fm.tp stelah tak cb kok dak bs/dak pengaruh sinyal nya masih lemah/byk nois nya..tlong mas info nya

    • arjip Says:

      kebanyakan booster TV yang ada di pasaran memang seperti itu, tidak jelas apakah bisa dipakai di radio FM… walaupun itu di spesifikasinya dicantumkan bisa untuk radio FM. saran saya sebaiknya cari booster khusus untuk penerima radio FM, kalau tidak ada maka bisa minta tolong teman atau saudara yang mengerti tentang elektronika untuk membuatkannya. di posting saya diatas sudah ada tuh skema rangkainnya.

  8. al6 Says:

    klo sy d jgj bs nangkep siaran d solo pake booster ni ga y mas ? trma kasih

  9. Bambang Purwadi Says:

    Saya tertarik dengan penguat sinyal ini, klo saya minta tolong dirakitkan trus nanti saya beli bisa ga ya ? trim’s…

    • arjip Says:

      untuk rangkaian yang terpampang pada link:
      http://quazen.com/shopping/consumer-electronics/fm-antenna-diy-with-booster-version-one/
      itu memakai kit dari Ronica seri SC-198 berlabel “FM receiving booster” yang versi saya sendiri untuk rangkaiannya saya tambahi dengan pengatur tegangan untuk gain control. coba cari dulu kit Ronica seri SC-198, di toko elektronika kota-kota besar kemungkinan masih ada barangnya dalam bentuk kit yang tinggal ditambahi sendiri dengan DC power supply dan gain control. di kota saya sudah tidak ada yang jual kit tersebut jadi kemungkinan untuk cari komponen transistornya lebih sulit. cara termudah untuk mengganti peran “booster penerima” FM ini adalah dengan menggunakan antenna luar, bisa yang model yagi atau ground plane dengan ketinggian yang mencukupi.

  10. ryan Says:

    artikel yg bguz!!!!!!,izin sedot ea gan,btw besaran arus yg diperlukan brp ampere gan?,or bebaz” z g2 ?

  11. Putut Setiawan Says:

    Mas Arjip, sy tertarik dgn rangkaian booster penerima FM ini di tulisan mas, sy pun sdh coba rangkaian di atas termasuk jg dgn rangkaian FM antenna DIY Booster, tp rangkaian yg sy buat tdk ada pengaruh apa2 sm radio sy (sy pake radio philips), trus pd rangkaian FM antena DIY Booster pd kontrol gainnya dgn potensiomter kok malah terbakar klu diputar. tolong mas….solusinya bgmn? dan klu memang rangkaiannya bekerja dgn baik, efek yg bs dirasakn itu bgmn mas….? sprti yg mas katakn bgus, punyanya mas arjip….

    • arjip Says:

      masalah VR yang terbakar penyebabnya karena pakai arus terlalu besar, misal 1000 mA atau 1 A. sebenarnya booster ini tidak butuh arus yang tinggi, pakai power supply 12-15 Volt 100 mA sudah cukup kok. saya dulu pertama kali mencobanya juga pernah pakai power supply yang arusnya besar ternyata VR terbakar, terus trafo power supply saya ganti dengan yang lebih kecil sekitar 100 mA (ukurannya seperti trafo yang digunakan pada power supply booster TV yang banyak dijual dipasaran). kalau rangkaian belum bisa bekerja dengan baik, cek apakah transistornya masih jalan atau sudah rusak? karena transistor merupakan komponen yang gampang rusak jika terkena panas atau tegangan berlebih. setting kerapatan dan kerenggangan coil untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

      • Putut Setiawan Says:

        antena yg bagus digunakan yg mana ya mas? krn wkt itu sy gunakn antena radio FM. apkh tdk berpengaruh? trus pd rangkaiannya, apkh antena radionya musti ditinggikn?

      • arjip Says:

        saya sudah mencoba pakai antena indoor telescopic (whip) dan juga antena outdoor ground plane, tapi yang hasilnya paling bagus kalau pakai antenna outdoor ground plane. pengalaman saya dulu dengan ketinggian antena sekitar 3 meter, berhasil menangkap siaran radio FM dari kota Malang Jawa Timur dan beberapa radio FM dari daerah Surabaya walaupun sinyal kurang bagus, sedangkan lokasi saya di Cepu Jawa Tengah. waktu itu sebagai receiver saya menggunakan Radio Tape Compo merk Polytron. posisi antena, jenis antena, sensitivitas receiver, serta ketinggian antena cukup berpengaruh terhadap penerimaan.

  12. erpurpone Says:

    mgkin pertanyaan ini agak menyimpang dr topiknya om….sy mau tanya cara pasang antene yang letaknya di bodi depan kemudi,antene yg bs ditarik ulur secara manual oleh tangan itu…cara pasangnya apakah bodi mobil harus dibor atau hanya ditempel pake perekat aja thks

    • arjip Says:

      untuk idealnya body mobil tidak terhubung langsung dengan antenna teleskopik tersebut, akan tetapi body mobil terhubung dengan sambungan groundnya radio. jadi yang dihubungkan di body mobil itu bisa dudukan plastiknya, isolator, atau perekat dari antenna teleskopik. ini gunanya biar antenna teleskopik tsb tidak terhubung langsung dengan body. kalau kabel penghubung antara antenna dengan radio di mobil ada 2 (inti dan ground) maka ground hubungannya ke body mobil dan inti ke antenna teleskopiknya. begitu kira-kira…

  13. Johny Says:

    Mas, mau nanya nih, saya punya radio tape mobil, tapi radionya gak bisa menangkap frekuensi dengan baik. Kalo mencari secara otomatis, tidak ada saluran radio yang bisa ditangkap. mohon solusi pemecahan. Terima kasih

    • arjip Says:

      kemungkinan ada masalah di konektor dan kabel antennanya coba di cek dulu Gan di bagian itu, apakah sudah terpasang dengan benar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s