Berkebun Strawberry Organik di Rumah Kaca (Greenhouse)

June 28, 2011

Strawberry/Stroberi adalah salah satu buah yang paling diminati di dunia. Ada beberapa tempat di mana Strawberry tidak dapat tumbuh. Pada hasil kebun konvensional, buah stroberi masih bisa terkandung pestisida dan herbisida bahkan setelah dicuci. Jadi walaupun stroberi di supermarket tampak manis dan menggoda, mungkin anda harus tetap berhati-hati. mungkin hal terbaik adalah dengan menumbuhkan stroberi organik Anda sendiri di rumah kaca untuk menghindari hal tersebut.

Persiapan Greenhouse Stroberi Organik

jaga stroberi Anda terlindung dari angin, serangga, hama, ulat dan sinar terik matahari berlebihan. itulah mengapa kebun rumah kaca (greenhouse) merupakan pilihan yang paling ideal. Drainase/pengairan yang cukup dan baik dalam rumah kaca merupakan elemen penting dalam keberhasilan kebun strawberry organik Anda. Anda harus memilih bibit stroberi dengan hati-hati. Hal ini terutama karena stroberi rentan terhadap virus dan penyakit tular tanah dengan mudah. Pilih pembibitan stroberi organik bersertifikat dan memiliki reputasi baik. Untuk mendapatkan buah stroberi berkualitas mulailah dengan awal yang baik, bersihkan areal tanam dari semua gulma dan rumput, dan menggali dua sampai tiga inci kompos ke dalam beberapa inci dari atas tanah. Selain membutuhkan tanah yang kaya nutrisi, Stroberi juga lebih suka kondisi tanah sedikit asam pH antara 5,5 dan 6,5. Uji tanah Anda untuk mengetahui pH nya, dan kemudian mengubahnya jika diperlukan untuk menaikkan tingkat keasamannya.

gambar foto strawberry dikebun terbuka

Melanjutkan Perawatan dan Tips untuk Greenhouse Stroberi

Ketika Anda mempersiapkan untuk menanam di tempat tanam, menggali lubang dan menanamnya dengan mahkota tanaman sedikit di atas level tanah. beri pengairan tanaman Anda dengan baik. Setelah tanaman di tempatkan dalam media tanam, tambahkan dengan mulsa jerami, daun kering, kompos, atau plastik. lebih bagus lagi kalau memilih mulsa yang dapat memberi tingkat keasaman pada tanah. ketika pertumbuhan tanaman dimulai, bersihkan setiap daun mati dan mulai memeriksa secara teratur untuk kutu daun dan hama lainnya di mahkota dan di tempat lain. Jika tanaman tetap terhambat dan gagal untuk tumbuh, singkirkan segera ke tempat sampah atau api unggun, karena itu menunjukkan tanda-tanda yang jelas dari virus. Anda harus memberi mulsa pada tanah dengan jerami atau yang lain, setelah buah mulai terbentuk. Mulsa adalah sisa tanaman, lembaran plastik, atau susunan batu yang disebar di permukaan tanah. Mulsa berguna untuk melindungi permukaan tanah dari terpaan hujan, erosi, dan menjaga kelembaban, struktur, kesuburan tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma (rumput liar). Hal ini membuat kelembaban di dalam tanah, dan menjaga buah agar tidak membusuk karena menyentuh tanah lembab secara langsung. Anda harus menjaga kelembaban dari buah sebanyak mungkin. bila tanaman stroberi ditanam melalui polythene,  maka mulsa/jerami tidak diperlukan. Pada sistem agribisnis yang intensif, dengan jenis tanaman bernilai ekonomis tinggi, sering digunakan mulsa plastik untuk mengurangi penguapan air dari tanah dan menekan hama dan penyakit serta gulma. Lembaran plastik dibentangkan di atas permukaan tanah untuk melindungi tanaman. Dari bulan Juni dan seterusnya tanaman Anda akan mulai menghasilkan anakan dari stolon yang akan dengan cepat meluas. panjang lajur anakan stolon sekitar 35 sampai 40 cm, jika stolon dibuang mungkin tanaman akan menghasilkan buah lebih tetapi ukuran umumnya lebih kecil. hapuslah semua stolon secara teratur kecuali Anda memerlukan bibit baru. Setelah buah stroberi terakhir telah habis dalam panen, bersihkan tempat tanam dengan memotong kembali semua dedaunan (meninggalkan tunggul 10 cm atau lebih), Berhati-hatilah untuk tidak memotong begitu dalam ke dalam tanaman yang bisa mengakibatkan mahkota rusak. Jika perlu, jaga irigasi untuk memastikan banyak pertumbuhan baru yang segar yang akan mengumpulkan energi yang jauh lebih efisien daripada daun tua yang telah mengering. jangan menanam stroberi Anda di atau dekat area yang Anda tumbuh tomat, paprika, kentang, terong atau raspberry. Hal ini karena area tersebut dapat memiliki Verticillium (sejenis jamur merugikan) yang dapat mempengaruhi kebun strawberry organik Anda. Anda siap untuk terus memanen dan mencicipi manisnya buah stroberi organik untuk 3 tahun ke depan.

gambar foto strawberry di rumah kaca

Apakah stroberi cocok untuk di dalam rumah kaca?

Ada tiga jenis dasar dari tanaman stroberi yaitu;

  1. berbuah terus menerus (tanam sekitar dua kali setahun),
  2. berbuah di musim panas (intensitas sinar matahari maksimum) dan
  3. berbuah di daerah pegunungan.

Tanaman strawberry dapat tumbuh dalam berbagai cara, termasuk dalam kontainer, hidroponik, pot, polybag, strawbales, kerikil atau media tumbuh lainnya inert seperti perlit. menumbuhkan tanaman sehingga sehat dan memberi hasil buah stroberi yang bagus akan tergantung pada sejumlah faktor.

Kondisi Ideal

Pertama, karena Strawberry merupakan tanaman dengan perakaran dangkal, mereka paling sering mendapat pesaing dari gulma, sebaiknya bersihkan rumput dan gulma sehingga mereka tidak harus bersaing dengan tanaman lain tersebut. Stroberi berkembang dalam kondisi cerah pada kenyataannya, lebih banyak sinar matahari maka hasilnya semakin baik. Inilah sebabnya mengapa rumah kaca mampu lingkungan yang ideal untuk penanaman stroberi matang, karena mereka memberikan kondisi pertumbuhan yang cukup terang, relatif panas dan kering.

Mulsa

Ingat bahwa meskipun stroberi berkembang dalam panas, kondisi cerah, akar harus tetap tenang. Inilah sebabnya mengapa mulsa diperlukan, berhati-hati untuk menjaga mulsa sekitar satu inci dari mahkota tanaman. Hal ini untuk menghindari mahkota menjadi lembab dan rusak. Karena buah stroberi juga dapat rusak oleh kelembaban, rumah kaca akan membantu mengurangi risiko ini dengan mengatur kelembabannya. Jika buah yang tersisa dalam kontak dengan tanah lembab atau basah atau media tumbuh, maka kemungkinan adalah bahwa buah-buahan akan menjadi berjamur atau busuk. Tentu saja, ini bisa diatasi dengan menumbuhkan stroberi pada mulsa jerami, atau meletakkan jerami di atas permukaan media tanam.

Tumbuh dari Transplantasi dan anakan stolon

Tumbuh stroberi dari anakan stolon adalah masalah sedikit berbeda. Bibit atau anakan tidak akan menyukai kondisi panas seperti yang disukai tanaman dewasa, sehingga setiap transplantasi atau tanaman muda akan mendapat manfaat bila ditempatkan di dalam kantong plastik transparan atau pelindung kelembaban. Tingkat kelembaban akan perlu dijaga cukup tinggi sampai tanaman telah membentuk akar mereka.

Referensi:

http://www.gabrielash.com

http://www.greenhousegrowing.co.uk

———00———

silakan kunjungi juga blog saya lainnya:

http://iconptc.blogspot.com 

atau silakan juga kunjungi artikel-artikel saya lainnya:

>> Travelling: Rumah Strawberry Lembang Bandung

>> 10 Reasons Why The Tablet PC Become Popular

>> Berkebun Strawberry di dataran rendah 

>>  Benarkah gabung di situs Survey online, kita akan dibayar?

>> Bila tanaman strawberry mulai berbunga

>> Motorola Charm: the “Blackberry” with Android taste

>> Waterfall, The One of The Healthies Natural Environment 

>> Membuat Radio Airband Receiver sederhana

>> Membuat radio penerima Shortwave atau SW receiver

About these ads

4 Responses to “Berkebun Strawberry Organik di Rumah Kaca (Greenhouse)”

  1. imam hd Says:

    Mohon informasi untuk mendapatkan bibit unggul strobery berikut harganya

    Terima kasih
    Imam

    • arjip Says:

      maaf mas Imam, saya tidak tahu tempat khusus untuk jual bibit Strawberry… coba saja cari infonya di Google.
      saya sendiri dulu beli bibit-nya Strawberry di pasar tanaman hias, itupun tak saya rencanakan sebelumnya karena tujuan saya sebenarnya beli tanaman bunga di tempat itu.

  2. andi saputra Says:

    mas arjip..
    udah brapa bnyak pohon straberry nya.?

    • arjip Says:

      kalau sekarang tanaman Strawberry saya tidak banyak mas, tinggal beberapa pot saja yang tersisa di rumah.
      saya saat ini tidak terlalu fokus merawat tanaman Strawberrynya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s