Membuat surround home theatre untuk komputer atau laptop

December 30, 2011

Bagi anda yang punya komputer atau laptop dengan kualitas suara biasa saja, pasti kurang puas saat digunakan untuk menonton film, memainkan lagu, atau saat bermain game. untuk itu banyak pengguna kompter kemudian mencoba menaikkan kualitas suara kelauaran komputer atau laptop, salah satunya dengan menambah speaker aktif. saat ini banyak orang yang lebih menyukai menggunakan speaker aktif untuk komputer atau laptop, umumnya sistem sederhana 2.1 channel dengan merk Polytron, Simbadda, Altec Lansing, Genius, Edifier, dll. tata suara 2.1 channel mempunyai  arti: menggunakan 2 speaker satelit ditambah 1 spekaer subwoofer. seperti contoh pada foto di bawah ini:

image: Edifier C2 plus

sistem speaker aktif 2.1 memang tidak buruk, akan tetapi masih tidak bisa menampilkan image suara surround yang biasanya dibutuhkan untuk mengeluarkan efek-efek suara 3 dimensi saat menonton film atau bermain game. sistem tersebut masih bisa diupgrade dengan mengubahnya menjadi surround home theatre 4.1 (4 speaker satelit ditambah 1 speaker subwoofer).

semua yang saya bahas disini adalah Home Theatre system analog sederhana dan bukan digital. salah satu ciri khas sistem analog adalah selalu menggunakan input sumber double channel (stereo L dan R).

saya mencoba membahas Home Theatre yang sederhana dan mudah dibuat, bukan system delay yang relatif lebih rumit dan sulit dibuat. metode yang sangat saya sarankan ini termasuk mudah dibuat sendiri: home theatre ini merupakan modifikasi dari simple “Hafler” Surround-Sound Matrix (Home Theatre 4.0 channel dan tanpa decoder). modifikasi ada pada penambahan subwoofer channel dan komponen tambahan berupa elco dan resitor untuk speaker surround belakang. rangkaian dan konfigurasi dapat dilihat dalam skema berikut ini:

klik untuk memperbesar gambar (di tab baru)

speaker-speaker yang digunakan:

subwoofer untuk deep bass,  full range speaker (untuk surround rear speaker),  full range speaker (untuk front speaker). gunakanlah speaker subwoofer (bukan speaker woofer) untuk channel subwoofer dan speaker full range untuk speaker satelit. speaker full range bisa juga diganti dengan kombinasi speaker tweeter dan woofer.

salah satu contoh foto speaker subwoofer:

image: wikipedia

salah satu contoh foto speaker full range:

image: europe-audio

khusus untuk bagian subwoofer filter, amplifier subwoofer, dan box subwoofer, silakan baca posting saya yang berjudul “membuat box speaker subwoofer desain sendiri” dengan klik DISINI.

Polaritas speaker

polaritas speaker sangat penting dalam Home theatre system, karena berkaitan dengan fase frekuensi suara yang dihasilkan speaker. berhatikan bahwa ground selalu dihubungkan dengan kutub negatif speaker, kecuali untuk speaker belakang (surround rear speaker) karena ada rangkaian khusus disana.

Penempatan Speaker dalam ruangan yang disarankan bisa dilihat dalam gambar dibawah ini:

Home Theatre ini masih perlu disetting untuk kalibrasi nada lewat tone control di power amplifier speaker satelit, juga kalibrasi volume subwoofer, dan kalibrasi frekuensi subwoofer, agar terjadi keseimbangan dalam semua channel speaker.  Home Theatre ini bisa juga digunakan untuk perangkat audio lainnya seperti: Netbook, tablet PC, Ipad, Ipod, DVD player, MP4 player, MP3 player, FM stereo receiver, Walkman, stereo TV, Smartphone, Handphone, dll.

——-00——–

 silakan kunjungi juga posting-posting saya lainnya:

>> 2 bulan berturut earning Triond saya tembus 10$

>> Menulis artikel singkat bisa dapat dollar tiap bulan?

>> Buat sendiri aneka macam audio amplifier 

>> Apakah seri Intel HD Graphics bagus buat game? 

>>  Benarkah gabung di situs Survey online, kita akan dibayar?

>>  Keenion KDM-219 Headset Game yang murah tapi tidak murahan

>> Membuat aneka macam Booster antena UHF (UHF preamplifier)

About these ads

10 Responses to “Membuat surround home theatre untuk komputer atau laptop”


  1. [...] baca juga posting saya lainnya yang berjudul  ”Membuat surround home theatre untuk komputer atau laptop” dengan klik DISINI. dalam posting tersebut saya membahas tentang Surround Home Theatre yang [...]

  2. Sugeng Says:

    Brow, kira2 kalau buat butuh dana berapa, dan kalau pesan bisa ngak!

    • arjip Says:

      maaf mas Sugeng, saya tidak melayani pesanan.
      kalau mas Sugeng ingin merakit sendiri, di toko elektronika banyak kok menyediakan aneka speaker, kit stereo amplifier, power amplifier, dan kit filter subwoofer.

  3. Gunawan Says:

    mas kemaren rakit speker + subwofer (minta tolong sm tk elektronik) tp kok suaranya kurang nendang ya. komponen yang udah saya beli amplifier + rangkaian subwoofer (beli jadi di toko) + speker woofer 8 in merk ACR. untuk speaker R/L nya sih udah bagus cuma maslah di sub woofernya ga nendang. ada yang perlu ditambah ga mas? tolong penjelasanya sy bukan teknisi jg hanya tau sekedarnya.

    • arjip Says:

      seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, untuk mendapatkan suara yang bagus maka harus menggunakan speaker Subwoofer dan jangan gunakan speaker Woofer karena keluaran nada-nya tidak cocok (speaker Subwoofer jangan disamakan dengan speaker Woofer). untuk mendapatkan suara Suwoofer yang “nendang”, maka coba di “tune” nada subwoofernya dengan mengatur frekuensi nada di filter subwoofer (lihat pada posting saya diatas). kalau rangkaian anda tidak punya filter subwoofer dan pengatur frekuensinya maka bisa saya pastikan keluaran suara tak akan maksimal, saya pernah memakai rangkaian Subwoofer yang tidak dilengkapi dengan pengatur frekuensi dan hasilnya memang mengecewakan. saran saya gunakan filter subwoofer terpisah (yg dilengkapi dengan pengatur frekuensi) dan kemudian diumpan ke power amplifier OCL.

  4. primandita Says:

    Bang, mau tanya, saya punya sound system 2.1 sama 2.0, dua-duanya speaker aktif semua, nahh, saya pengen gabungin tuh, biar jadi 4.1. kalo yang 2.0 di hubungin gitu aja (paralel) sama speaker satelit L R dari 2.1 (dijadiin satelit tanpa amplifier dari 2.0) juga itu bisa kan??? ada efeknya ga?? misalnya membuat amplifier 2.1 jadi berat kerjanya terus cepet rusak gitu….
    atau biar lebih amannya ditambahkan rangkaian lagi??? rangkaiannya seperti di atas bukan????

    ini spek speaker saya Simbadda CST6500 (2.1)
    Zin : 47kohm
    out : 40 W (rms)
    frekuensi responce:
    satelite: 100Hz-20kHz
    subwoofer : 50 Hz – 200 Hz
    satelite unit : 3″ 4ohm
    subwoofer : 4″ 4ohm

    yang 2.0 juga simbadda tapi kecil, yang bulet kaya apel

    • arjip Says:

      memang tepat seperti yang Primandita katakan, kalau dijadikan seperti rangkaian di gambar posting, memang yang speaker 2.0 diperlukan tapi tidak usah disertakan amplifier aslinya. jadi dari keluaran 2.1 langsung dipararel dengan rangkaian seperti yang ada di posting.


  5. [...] >> Membuat surround home theatre untuk komputer atau laptop [...]

  6. nicko marsa Says:

    salam mas arjip..

    langsung aja nih, saya punya speaker 5.1 bekas dvd player, berhubung sekarang playernya dah rusak jadi speaker2y teronggok aja berdebu di atas lemari, kepikir untuk gunain lagi tuh speaker sbgai speaker external tv. dah googling tapi masih bingung, berhubung saya buta sama sekali elektronika :( kira2 bahan2 apa aja yang saya butuhin tuk membuat speaker ini, paling gak yg model 2.1 lha :) thanks sebelumnya..

    • arjip Says:

      coba saja Mas Nicko ke toko elektronika, beli saja kit elektronika amplifier speaker aktif yang dilengkapi dengan subwoofer. kalau tidak ada maka alternatifnya dengan menggabungkan kit amplifier stereo biasa dan ditambah kit rangkaian subwoofer aktif. nanti tinggal ditambah power supply, dan speaker bekasnya bisa dipakai… kalau saya saat ini masih pakai amplifier dengan komposisi kit amplifier stereo 18 Watt dan ditambahin dengan kit filter subwoofer aktif dengan penguat subwoofer OCL 150 watt, dan hasilnya saya rasa tidak kalah dengan produk pabrikan speaker aktif branded.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s