Makan daun kemangi banyak manfaatnya loh…

May 13, 2010

Bagi yang doyan dan menggemari sajian yang bersambal tentu kenal dengan lalapan daun Kemangi, nah Daun kemangi itu banyak loh manfaatnya bagi kita. apa saja manfaat itu? nah simak aja penjelasannya berikut (ini saya rangkum dari berbagai sumber):

1.masalah-masalah dengan bau badan, bau mulut, atau ASI macet, dapat diatasi dengan membiasakan diri mengonsumsi lalap kemangi segar

2.Dalam buku ”A Dictionary of Practical Material Medical”, John Henry M. menyebutkan, sari daun kemangi berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada vagina, dan juga dapat mengatasi albuminaria, yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin.

3.Menurut tim peneliti dari Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS, daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal. Mereka pun mengemukakan keampuhan pengobatan menggunakan daun kemangi, yaitu dapat mengatasi sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu. Selain itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.

4.Dalam Harian Pikiran Rakyat dikatakan, senyawa dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi pria, dini pada Kandungan Apigenin fenkhona dan eugenol dalam kemangi dapat mempermudah ereksi. Selain itu, zat arginin yang ada di dalam kemangi dapat memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan. Begitu juga pada wanita, kemangi kaya akan senyawa anetol dan boron yang mampu merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol-nya juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Selain itu zat stigmaasterol dalam kemangi dapat merangsang pematangan sel telur. Tannin dan seng mengurangi sekresi cairan vagina. Ada lagi zat triptofan yang dapat menunda menopause.

Tanaman ini juga mengandung minyak atsiri, asam askorbat, asam kafeat, iskulin, histidin, magnesium, betakaroten, dan betasitosterol. Semua nyawa berkhasiat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk meningkatkan vitalitas, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kemangi sebagai teman makan sehari-hari. jadi kesimpulannya Kemangi selain dapat dijadikan lalapan, juga bisa dijadikan sebagai obat herbal alami.

Advertisements

2 Responses to “Makan daun kemangi banyak manfaatnya loh…”


  1. […] >> Makan daun kemangi banyak manfaatnya loh  […]


  2. gak nyangka banyak jg khasiatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s