Menikmati indahnya langit malam dengan binokular

May 17, 2010

menikmati indahnya langit malam dengan binokular

melihat indahnya langit malam cerah dengan sinar bintang yang gemerlapan adalah salah satu hobby saya sejak masih duduk di SD sampai sekarang.
biasanya saya menggunakan bantuan peta bintang untuk mengenali bintang bintang serta objek langit lainnya yang muncyul di bulan tertentu.
peta bintang yang terbit bulanan bisa di download secara gratis di Skymaps.com
saya biasanya di temani binokular dengan spesifikasi 12×50 dalam kegiatan saya ini. binokularnya termasuk sudah usang tapi lensanya masih bagus karena buatan Jepang.
umumnya alat yang biasa digunakan untuk melihat keindahan langit yang paling populer adalah teleskop.
ada alat alternatif lain yang mungkin sering kita lupakan. Yaitu Binokular, alat ini mungkin lebih dikenal untuk mengamati objek-objek terestrial.
Tapi jangan salah, alat ini sangat memadai untuk mengamati objek-objek langit.

Binokular adalah alat yang sangat mudah dibawa kemanapun sehingga memungkinkan untuk melihat berbagai objek dengan lebih cepat tanpa harus kerepotan dengan melakukan bongkar pasang.
Tapi banyak sekali jenis binokular yang beredar saat ini, sehingga kita harus pintar memilih binokular yang tepat dan sesuai untuk tujuan yang kita inginkan. Jadi, apabila anda ingin membeli binokular untuk stargazing, maka anda harus memperhatikan aperture lensa Objekifnya.

Spesifikasi yang pertama harus diperhatikan untuk memilih binokular adalah aperture atau diameter lensa depan binokular. Semakin besar aperture berarti semakin banyak pula lensa mengumpulkan cahaya. Ukuran aperture ini bisa dilihat dari 2 angka yang biasanya tertulis di tiap binokular.
Misalnya 7X35, berarti binokular ini berdiameter 35 mm dan memiliki perbesaran (magnification) mencapai 7x. Kebanyakan binokular berdiameter 35mm, akan tetapi untuk keperluan astronomi sebaiknya anda memilih paling tidak binokular yang berdiameter 40mm atau lebih. (lebih besar lebih bagus karena objek akan terlihat lebih tajam)

untuk melihat objek seperti gugus binang (star cluster), bulan, nebula dan globular cluster menggunakan binokular sudah cukup memadai.
sedangkan untuk melihat planet-planet, kawah bulan, galaksi, gugus galaksi, bintang ganda, dan faint nebula maka lebih cocok digunakan Teleskop dengan perbesaran tinggi dan diameter lensa Objektif yang lebar.

salah satu objek langit yang menjadi objek pengamatan favorit saya dengan binokular adalah gugus bintang “The Jewel Box”.
artikelnya tentang “The Jewel Box” saya posing DISINI

kunjungi juga posting saya yang lain yaitu gugus bintang “double cluser in Perseus” dengan klik DISINI

silakan kunjungi juga blog saya lainnya yaitu:  iconptc.blogspot.com dan xpandro-id.blogspot.com

—-00——

posting terkait:

>> Polusi cahaya yang mengganggu indahnya langit malam

>> Indahnya gemerlap bintang di Galaksi Bima Sakti

>> Jenis-jenis teropong Binokular dan kegunaannya

>> Mengenal objek antariksa: Nebula

>> Mengenal objek antariksa: star cluster (gugus bintang)

6 Responses to “Menikmati indahnya langit malam dengan binokular”


  1. […] posting tentang pengalaman pribadi saya menggunakan binocular untuk astronomy yang berjudul “Menikmati indahnya langit malam dengan binokular” dengan klik […]

  2. agus Says:

    harga’y brapa ?

    • arjip Says:

      harga binokular baru adalah bervariasi tergantung merk, ukuran dan kualitas, berkisar antara 200 ribuan sampai jutaan rupiah.

  3. line Says:

    Haloo
    Boleh tau kamu beli teropong binoskular dmna gk?
    Bingung mau beli dimana ni

    • arjip Says:

      saya beli teropong Binokular itu sudah cukup lama, dulu saat zaman saya masih sekolah. kebetulan ada tetangga saya yang lagi butuh uang dan dia menjual teropongnya kepada saya.

Leave a Reply

