Review pribadi smartphone Samsung Valencia C6625

September 14, 2010

Awal september 2010 saya membeli Samsung Valencia C6625 di online store Bhinneka.com, saya beli smartphone ini untuk menggantikan HP jadul saya Sony ericsson T610.
saya sudah menggunakan HP sony ericsson T610 tersebut selama 6 tahun.
posting saya tentang “my old phone SE T610” bisa dilihat di link INI.

smartphone dan ponsel dengan keyboard QWERTY memang sedang populer sekarang, sebab ini salah satu efek dari popularitas smartphone Blackberry QWERTY dan popularitas situs jaringan sosial seperti Facebook dan twitter.
pilihan saya adalah Samsung Valencia C6625 warna hitam, bagi saya warna hitam terlihat lebih elegan dari warna lainnya.
saya membelinya dengan harga hanya Rp.1310ribu atau sekitar $144, bagi saya itu harga yang sangat wajar karena Anda tidak dapat membeli sebuah Blackberry dengan harga yang sama.
mungkin saya bisa menyebut smartphone ini: “kualitas high-end dengan harga low-end”. apa yang Anda pikirkan? apakah anda setuju dengan saya?

untuk alternatif QWERTY smartphone atau QWERTY mobile phone lain yang murah dari produsen Nokia, anda bisa baca di artikel saya yang membahas tentang Smartphone Nokia E63 dan Nokia C3 di artikel yang berjudul Cheap Qwerty Mobile and Smartphone From Nokia untuk membacanya silakan klik link INI.

Samsung Valencia C6625 dijalankan dengan Windows mobile 6,1 yang berarti itu cocok untuk browsing, chatting, tersambung ke beberapa situs jaringan sosial, tetap berhubungan dengan rekan kerja di mana saja, email mudah, kalender.
gadget ini dilengkapi dengan 3G handset Tri-band,Β  Kamera 2 mega pixel yang berkualitas tinggi, kamera untuk gambar diam dan perekaman video, radio FM, aGPS dan bluetooth.
adanya fitur aGPS (asisted GPS) sangat menarik bagi saya, meskipun harganya ekonomis tapi smartphone ini penuh dengan fitur unggulan (kecuali Wifi).
desainnya sederhana namun elegan, dengan bentuk candy bar yang lebar, diselingi dengan sudut yang agak bulat.
layar cukup besar dan lebar, luas 2,6 inci dapat memberikan kepuasan dalam mengakses menu smartphone atau melihat beberapa video dan foto.
dalam gambar di bawah, Anda dapat melihat HP jadul saya yaitu Sony Ericsson T610 dan box baru Samsung C6625 Valencia.

dibawah ini hasil kamera dari Samsung Valencia C6625

saya sudah mencoba beberapa aplikasi dan fitur di Samsung C6625 yaitu:
kamera : gambar kurang tajam jika digunakan untuk memotret objek jarak sangat dekat (micro mode), maklum tidak ada auto fokus, tetapi secara umum gambar yang dihasilkan masih lebih bagus dibanding camera 2 Mega pixel lainnya non AF.
fungsi camcorder mantap, video yang dihasilkan smooth karena dukungan frame rate 25 fps.
untuk modem: cukup lancar browsing lewat laptop, padahal sinyal di tempat saya kurang stabil. (sering berpindah-pindah jaringan dari GPRS, EDGE, 3G)
Google maps: lebih bagus operasikan di luar rumah atau di luar gedung, butuh waktu beberapa menit untuk mendeteksi satelit GPS.
Opera mini 5 beta: fitur multi tab, tampilan web sudah mirip seperti di dekstop, lebih irit pulsa jika setting picture di set ke low.
saya sering menggunakan Opera mini ini untuk membuka mobile Facebook, daripada menggunakan aplikasi Facebook bawaan yang lebih boros pulsa.
Palringo: chatting lancar multi client (Facebook, YM, AIM, gadu-gadu, ICQ, dsb)

Youtube —> untuk memainkan video di Youtube dengan lebih lancar dan lebih hemat data gunakan Youtube Feather, info detailnya tentang “Youtube Feather” silakan klik DISINI.

kelebihan:
layar super lega 2.6 inch, dengan kedalaman warna 262K color LCD
suara jernih dan dilengkapi fitur DNSe untuk media player
GPRS, EDGE, 3G, 3.5G, video call
aGPS (asisted GPS) cocok untuk yang suka traveling
tampilan home screen bisa disesuaikan dengan selera kita
desain elegant, finishing body bagus, ringan dan nyaman di genggam
high quality 2 Mega pixel camera, video dengan frame rate tinggi
kelengkapan komplet, disediakan kabel data, handsfree, CD, adaptor charger, quick start guide.
harga ekonomis (dibawah 1,4 juta)

kekurangan:
camera tidak ada auto fokus dan flash light (bisa diatasi dengan fitur night shoot)
tidak dilengkapi fitur Wifi (kalau ingin wifi harus nambah sendiri dengan mini SDcard wifi)
tidak ada jack audio standar 3.5mm (jack audio menggunakan interface dari Samsung)
radio FM kurang peka menangkap sinyal.
baterai agak boros, saya sendiri selalu men-charge ulang baterai kurang dari 2 hari.
layar sulit terlihat jika dibawa outdoor siang hari
kinerja akan melambat jika banyak aplikasi yang sedang dijalankan atau multitasking.
(gunakan task manager untuk menghentikan aplikasi yang tidak digunakan atau tidak dibutuhkan)

Spesifikasi Samsung C6625 Valencia:
GSM 900/1800/1900 MHz, HSDPA, Dimensi: 113,3 x 63 x 11,9 mm
Berat: 109 gram, Display: TFT dengan 262K color LCD, Res. 320 x 240 piksel
Kamera: 2 Mpix, Res. 1600 x 1200 pixel, Video VGA 25 fps kamera, kamera depan untuk Video Call.
Memory: internal 100 MB, slot microSD (TransFlash) hingga 8GB.
OS Microsoft Windows Mobile 6.1 Standard, Prosesor 32-bit STMicroelectronics Nomadik STn8810 393 MHz, GPRS Kelas 10, HSCSD, EDGE Kelas 10, HSDPA, Bluetooth v2.0 Artikel Baru A2DP, USB v2.0, WAP 2.0 / HTML, Java MIDP 2.0, SMS (tampilan ulir), MMS, EMail, Instant Messaging, Pocket Office (Word, Excel, PowerPoint, OneNote, PDF viewer), Voice memo / dial, MP3/AAC/AAC + / WMA / OGG / AMR player, WMV/MP4 pemain , Game, QWERTY keyboard
Li-Ion 1300 mAh, Waktu Siaga: 300 jam, Waktu Bicara: 7 jam.

artikel saya lainnya yang masih terkait dengan posting ini:

>> Motorola Charm: The “Blackberry” with Android tasteΒ 

>> Β Aplikasi game, themes, ringtone dan wallpaper untuk Samsung C6625

>> How to Save Battery Samsung Valencia C6625

>> Beautiful Wallpaper for Blackberry, Smartphone, Windows Mobile, and Qwerty Phone

>> Personal Review of Samsung Valencia C6625

>> Samsung C6625 My New Smartphone

>> Software Video Converter for Blackberry, iPod, PSP and iPhone

>> Easy Way to Download and Convert Youtube and Other Online Video Sites

>> Cheap Qwerty Mobile and Smartphone From Nokia

>> Youtube Feather, Alternative Youtube for Smartphones and Blackberries

39 Responses to “Review pribadi smartphone Samsung Valencia C6625”

  1. Idina Says:

    nice review…
    saya juga baru beli samsung valencia, tapi belum di utak atik. review ini bikin “gatel” tangan saya untuk ngoprek hape baru…. ^^

  2. ronny Says:

    hahaha,kok sama ya mas bli nya kayak saya!!dr tipe,warna&tempat bli nya,,hihihi,btw udah dioprek sampai mana mas si Valen ini???

    • arjip Says:

      sementara baru saya oprek di Homescreen nya saja biar gak bosen dengan tampilan dekstopnya, kalau oprek registry dan upgrade firmware masih mikir-mikir….

  3. erdy park jeoon Says:

    Rada rumit memang buat ganti nada dering & nada sms dari default ke lagu/mp3 yang kita punya, tp udah ketemu caranya, disini gw pgn share detil ja ma valenlovers ( moga bermanfaat ):

    1. Ganti nada dering ->
    a. buka menu file manager ato content manager,
    trus buka folder storage card / my document
    (tergantung dimana kalian simpen lagu/mp3nya)
    b. sorot lagu yg dipilih, lalu klik :
    menu->selection->select/selectall->edit->copy
    c. buka my document-> my ringtones, trus klik :
    menu->edit->paste
    d. back to tampilan menu awal, lalu buka menu
    setting->sounds->ringtone. nah kalian
    tinggal pilih lagu yg baru di paste tadi

    2. Ganti nada sms ->
    a. Proses awalnya sama kayak tadi, sampe proses
    copy lagunya ( point a dan b )
    c. buka folder application data->sound,
    trus paste deh disana
    d. back to tampilan menu awal, lalu buka menu
    setting->sounds->notification->new text
    message,nah kalian tinggal pilih lagu yg
    baru di paste tadi
    Mumet & menyebalkan gw rasa handphone ini, but lebih rumit bikin kita cerdas coz mau kreatif, ngulik dan berfikir (`_^).. klo da cara lain dari temen2, gw terbuka bgt tuk itu… ok valenlovers !

    • arjip Says:

      memang rumit kalu mau di oprek, tapi kelebihan Samsung Valencia adalah karena bisa di oprek maka tampilan dan setting bisa kita ubah menurut selera kita pribadi…
      misal: mengubah tampilan icon desktop jadi mirip kaya punya Iphone…

      • pramono Says:

        wah caranya gimana tuh pak…saya coba oprek koq masih belum bisa ya…??apa perlu software tambahan?

      • arjip Says:

        yang di oprek bagian yang mana mas? kalau saya sendiri paling cuma Homescreen aja yang dioptimalkan biar tampilannya bagus.

    • mukeeegileee Says:

      wahh,, om “erdy park jeoon”.. mang jago utak-atik,,
      tadi nya ane belum paham gmn yaa ganti nada dering,, berkat om,, ane paham dan berhasil,,,,
      thanks……

  4. bangsaid Says:

    Eh, hari ini saya kepengen beli Valencia. Tapi tadi ada jg yang nawarin BB.
    Saya jadi bingung πŸ˜€
    Menurut mas, mending Valencia apa BB ya?

    • arjip Says:

      kalau saya pribadi lebih prefer Valencia, kelemahannya di Wi-fi bisa tertutupi dengan berlangganan paket internet murah.
      saya sendiri memasang Valencia dengan paket internet unlimited Three 25ribu sebulan, jadi bisa buat online dimana saja (tanpa tergantung sinyal hotspot). fitur Valencia juga lebih banyak dan flexibel dari BB.
      BB umumnya tak punya fitur radio FM (kebetulan saya hobby mendengarkan radio FM), dan di Valencia ada fitur radio FM dan aGPS (lumayan bisa buat panduan jalan-jalan/travelling).
      desain Valencia (candybar) menurut saya lebih elegant dan tidak membosankan. saya sebelumnya pakai HP Sony Ericsson T610 yang bentuknya juga Candybar selama lebih dari 6 tahun. silakan simak saja posting saya tentang pengalaman saya dengan HP Sony Ericsson T610 tersebut di link ini: http://authspot.com/short-stories/my-old-phone-se-t610/

      • bangsaid Says:

        oh iya Mas
        saya juga paling demen denger radio
        keknya hari ini jadi beli Valencia aja deh

        πŸ˜€
        mikir BB haru langganan BIS nambah pengeluaran tiap bulan πŸ˜€

      • arjip Says:

        betul mas, saya sendiri gak nyesel kok beli Samsung Valencia. padahal target saya sebelumnya pengen beli smartphone yang ada wi-fi nya, tetapi setelah kenal Valencia dari browsing internet, semuanya berubah dan akhirnya saya memutuskan untuk beli Valencia.

  5. andrew Says:

    makasi banyak infonya mas…saya juga barusan beli kemarin, setelah anda beri info disini πŸ˜€
    lagi butuh tutorial nih….
    masih agak bingung, tapi pasti bisa deh ya pakenya πŸ˜€

    oiya, tambahan mas, valencia ga bisa di ganti ke bahasa indonesia… πŸ™‚

    • arjip Says:

      yup sama-sama…
      saya senang jika posting ini bermanfaat.
      setahu saya default bahasa cuma bahasa inggris, karena OS nya kan pake Windows Mobile 6.1

  6. yudi Says:

    mas…..tau caranya ganti atau ngubah icon samsung C6625 gak?tq

  7. Weee Says:

    mau ngetes beli …..thanks share nya mas….

  8. Ntis Says:

    Kl mw di tambahin micro sd wifi gimana caranya mas, trus beli micro sd wifi dimana dan berapa?

  9. @bangsaid Says:

    Alhamdulillah sudah sebulan pake Valencia, ngga ada masalah. Bisa online kapan aja juga πŸ˜€ spt saran mas pake Internetan Tri 30ribuan

    Bisa denger Radio dimana aja.
    Bisa buat ngeblog juga πŸ˜€

    Tapi sayang batrenya boros yah

  10. ipan Says:

    thanks gan infonya… tp ada ngak ya paket internet khusus tuk samsung valencia kayak Nokia Messgng… coz internetan mahal habis.. pa lagi buka IE

    • arjip Says:

      kayaknya paket khusus buat Valen gak ada ada mas, untuk paket internetan unlimited setahu saya yang paling murah itu dari Three dan Axis (sekitar 30 ribuan sebulan). cuma memang sinyal Three masih terbanyak jangkauannya saat ini dibanding sinyalnya Axis. kalau untuk paket khusus Facebook dan SMS, Three juga punya program khusus iuntuk itu yang saya rasa tarifnya murah. silakan cek langsung aja ke situsnya Three indonesia: http://three.co.id/
      alternatif lain jika tidak berlangganan internet unlimited, gunakan browser Opera Mini terbaru dan setting di Opera mini dengan: Image quality —> Low, dan mobile view —> ON. ini akan lebih menghemat data dan juga akan menghemat pulsa, karena Opera mini menggunakan teknologi kompres data. lain halnya jika menggunakan IE, setahu saya IE tidak menggunakan kompres data sehingga tentu saja akan membuat pulsa cepat terkuras.

  11. setia1heri Says:

    salam kenal…
    ni juga lagi keracunan si Valen
    nubi mohon bimbingannya

    NB : ijin blogroll nggih…maturnuwun before

  12. paul Says:

    mas,mnt no hp dong,sy da pertnyaan bnyk ne ttng c6625 kl mong lsg kan enk.tlg bls ke email sy

    • arjip Says:

      no HP saya kemungkinan ganti-ganti, karena saya menggunakan kartu Three untuk internetan. nah sayangnya billingnya sering error, maka dari itu nomer saya ganti-ganti. kalau ingin kirim pesan silakan ke message FB saya. link dan banner FB saya, saya pasang di sebelah posting ini. (bannernya FB tsb akan terlihat di versi browser HTML bukan di browser mobile)

  13. sumadi Says:

    valen ane ampe habis habisan ane oprek oprek. makin mantap tampilanya. dari win7.andro.BB.xp… sangat memanjakan mata. maju terus valen hahahaha

  14. coky sandra Says:

    dulu saya kira samsung valencia ada wifinya,eh trnyata tidak ada.
    gmana ya biar bisa wifian ?
    reply dong.

    • arjip Says:

      memang kelemahan Samsung Valencia di wi-fi mas, tetapi ini bisa ditutup dengan langganan internet paket bulanan yang harganya lebih murah daripada tidak berlangganan. saya sendiri langganan internet unlimited Three, 30 hari cuma bayar 30 ribuan. langsung bisa online dimana saja dan kapan saja, pagi siang malam. online langsung di Valencia, atau difungsikan sebagai modem juga OK. jadi kalau kita online gak harus ke tempat yang menyediakan wi-fi.


  15. […] untuk itu saya ingin share beberapa trik untuk memilih paket modem. Saya pribadi menggunakan modem Smartphone Samsung C6625 untuk menunjang aktifitas online saya […]

  16. echa Says:

    aplikasi untuk twitteran di valen apa ya? aplikasi,bukan twitter client!

    • arjip Says:

      coba saja pakai aplikasi Shozu (sudah ada di Valen).
      kalau saya pribadi lebih suka Twitter-an di Mobile Twitter via Opera Mini di Valen.

  17. angga Says:

    mas punya saya bahasanya ga bisa di kebahasa indonesia in gimana ya caranya

  18. irfan polimm Says:

    punya saya rusak, phone lock nya gak bisa d aktifin, sekali bisa malah macet, gimana cara ngebenerinya kalo agan tau??

  19. guntur Says:

    y, betul baterai q sering habis

    • arjip Says:

      he he he, kalau sekarang saya sudah tidak memakai Valencia lagi. sekarang saya pegang Sony Ericsson Aspen, masih sama-sama Windows Mobile juga sih…

Leave a Reply

