mencari referral itu mudah tapi membuat mereka aktif itu sulit

October 8, 2010

Bagi mereka yang aktif di dunia bisnis online pasti tak asing dengan istilah “referral”.
referral adalah orang yang berhasil kita ajak untuk bergabung dalam suatu program (misal situs Paid to Click, situs Survey, Social networking, dsb) melalui link referrer.
untuk mengetahui info detail program-program internet yang bisa menghasilkan dollar dan rupiah, silakan kunjungi blog saya iconptc.blogspot.com dengan klik DISINI.
biasanya situs-situs tersebut akan memberikan benefit tambahan jika referral selalu aktif, misalnya memberikan bonus 10% dari penghasilan referral.
nah kalo refferal aktif kita terhitung banyak maka hasilnya cukup lumayan kalau kita hitung-hitung.
tapi membuat refferal selalu aktif adalah tidak mudah, tentu ini bisa dirasakan bagi anda-anda yang sudah mengalami bergulat di bisnis online.

menurut pengalaman saya pribadi, mecari referral itu sebenarnya cukup mudah.
sebagai contoh dalam waktu sekitar 4 bulan saya berhasil mendapat 22 referral di situs Triond.

saya mengandalkan promosi lewat posting saya yang berjudul “Cuma nulis artikel singkat doang bisa jadi uang“, untuk membacanya silakan klik DISINI.
tapi setelah saya amati referral saya tersebut terlalu pasif, sehingga saya tidak mendapat keuntungan yang terlalu berarti, padahal Triond menyediakan bonus 10% dari penghasilan referral.
saya menduga mereka kurang familiar dengan layout situs Triond yang menurut saya “hanya cocok” bagi seorang Blogger, pemilik blog, atau webmaster, atau mungkin ada kendala-kendala teknis lainnya.
saya sendiri waktu pertama kali gabung di Triond tidak begitu terkejut, karena layout situsnya mirip dengan WordPress dan tool bar mirip dengan di blogger.com.
bahasa promosi yang menarik, ringan, akrab dan mudah di mengerti mungkin menjadi kunci utama untuk menarik calon referral untuk mendaftar melalui link referrer kita.
selanjutnya agar referral kita selalu aktif, diperlukan langkah follow-up yang mungkin kurang diperhatikan oleh para pelaku bisnis online termasuk saya sendiri.
langkah follow-up yang tepat untuk setiap program meungkin berbeda-beda, untuk itu kita harus jeli untuk menentukan langkah-langkah yang tepat.

silakan kunjungi juga artikel-artikel saya lainnya:

Digital Libraries Google Touches Media Magazine

Three Ways to Get Free Facebook Credits

Beautiful Wallpaper for Blackberry, Smartphone, Windows Mobile, and Qwerty Phone

Software Video Converter for Blackberry, iPod, PSP and iPhone

Personal Review Netbook Axioo Pico Djv

10 Reasons to Succeed in Online Business

5 Responses to “mencari referral itu mudah tapi membuat mereka aktif itu sulit”


  1. sabagai pebisnis online Saya juga merasakan hal yang sama seperti apa yang anda rasakan. untuk mensiasati kerasnya bisnis internet maka sangat di butuhkan skill,pengetahuan dan kreatifitas.

    Kalo saya perhatikan program referal & program affiliasi mempunyai kemiripan dalam soal marketing.

    satu lagi jurus sakti untuk menjadi pemenang di bismis online yaitu jangan menyerah….

    Di tunggu kunjungan baliknya sobat jangan lupa kasih komentar

  2. Simple seo Says:

    setuju itu sob, bikin mereka aktif itu kadang-kadang sangat menyusahkan

  3. suhaepi Says:

    bgus sklih….:-)

Leave a Reply

