Kepopuleran Netbook akan dikalahkan PC tablet

January 2, 2011

Semenjak Apple iPad mulai di perkenalkan dengan konsep PC tablet dan mendapat sambutan yang cukup bagus maka produsen lain mulai beralih melirik untuk membuat tablet PC.

tablet PC bukan merupakan barang baru, sebelumnya Microsoft sudah mengenalkan jenis tablet PC tapi ternyata tidak populer bahkan tenggelam diantara kepopuleran komputer PC dan notebook (laptop). fakta saat ini menunjukkan produk komputer tablet yang dipopulerkan oleh Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab telah membuat penjualan Netbook anjlok.

Lembaga riset teknologi Gartner mengatakan bahwa hanya setahun lalu diprediksi bahwa netbook akan menjadi hot seller pada tahuh 2010. Tetapi, perangkat ultra-compact,yang dipopulerkan perusahaan seperti Acer dan Asus itu cuma memperlihatkan pertumbuhan yang kecil tahun ini. Sebaliknya, komputer tablet yang telah diorbitkan kembali oleh perusahaan Apple dengan produknya Ipad, tumbuh dengan penjualan lebih dari 20 juta unit.

Saat ini konsumen lebih mengutamakan gaya, aplikasi, konektivitas, layar sentuh, dan bentuk tablet yang ringkas daripada memilih netbook tradisional. Hanya 33.4 juta netbook terjual di tahun 2010, cuma peningkatan kecil dari tahun 2009 yang terjual 32.2 juta unit.

Roger Kay, analis pada lembaga riset Endpoint Technologies mengatakan prediksi pada 2010 terjual 40 juta unit. “Itu tak terjadi karena netbook mengecewakan bagi banyak konsumen,” Kata Kay. “Netbook dipersepsikan sebagai notebook jelek.” Tapi, menurut George Shifter, analis dari Gartner, netbook tak akan punah begitu saja. “Mereka meredup, kira-kira bertahan dalam posisi sekarang.” Dirinya berharap penjualan berada di pertengahan 30 juta pada tahun 2011. Kay tak sepakat dengan hal itu. “Pasar akan terus menyusut,” ujarnya. “Netbook tak akan sesukses notebook.” Netbook umumnya tersedia di harga 250 – 400 dolar dengan prosesor yang lebih lambat ketimbang komputer lain. “Mereka terlalu lambat buat banyak orang,” tutur Kay. iPad yang berharga 499 dolar untuk model termurahnya, dua kali lebih mahal tetapi ramping dan mudah untuk digunakan. Netbook juga disakiti dengan jatuhnya harga komputer laptop. Harga beberapa notebook kelas pemula jatuh di kisaran 400 hingga 500 dolar di tahun 2010. “Orang mulai mencari apa yang bisa mereka dapat jika punya sisa 100 dolar, dan pastinya tak memilih notebook,” ujar Shifter.

Seperti tahun- tahun sebelumnya, notebook lebih banyak terjual ketimbang komputer dekstop, ini angkanya : 205,1 juta melawan 147.3 juta, naik dari 170 juta lawan 138,4 juta di tahun 2009. “Ini belum akhir pertumbuhan notebook,” ujar Kay.”Ini kategori dengan perkembangan jangka panjang terbesar.” Secara keseluruhan, 2010 merupakan tahun yang kuat bagi industri komputer personal, dimana terlihat peningkatan penjualan meskipun mengalami resesi. Gartner memprediksi penjualan dari 409 juta komputer pribadi (PC) dan 65 juta komputer tablet pada tahun 2011.

Kepopuleran dari iPad telah mengangkat banyak industri PC untuk menindaklanjuti tahun 2011 dengan versi komputer tablet mereka sendiri, meniru layar sentuh iPad yaitu tanpa keyboard fisik. buktinya vendor Samsung langsung menelorkan Galaxy Tab setelah sambutan pasar terhadap PC tablet Ipad meningkat dengan pesat. Puluhan perangkat baru – misalnya dari Motorola, LG dan Toshiba akan diperkenalkan pada Consumer Electronic Show yang diselenggarakan di Las Vegas.

—-00—-

Silakan kunjungi juga artikel-artikel saya lainnya:

>> Air terjun, salah satu kawasan alami yang menyehatkan

>> Bukti pasif income dari menulis di situs Triond

>> Buat sendiri aneka macam audio amplifier

>> Tiga cara untuk mendapatkan credit facebook gratis

>> Pemancar FM, macam serta skema rangkaian untuk penggemar elektronika

Advertisements

One Response to “Kepopuleran Netbook akan dikalahkan PC tablet”


  1. […] >> Kepopuleran Netbook akan dikalahkan PC tablet  […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s