Cara membuat adaptor, power supply, charger handphone (gadget)

January 29, 2011

Pada dasarnya adaptor, power supply dan charger mempunyai konstruksi sirkuit yang hampir sama yaitu terdiri dari trafo, rectifier (penyearah) dan penghalus tegangan.
untuk power supply biasanya ada tambahan stabilisator tegangan berupa IC voltage regulator seri LM 78XX atau LM 79XX.

di bawah ini adalah skema rangkaian adaptor, power supply, atau charger baterai (untuk gadget, handphone, MP4player, smartphone) yang sudah dilengkapi dengan stabilisator tegangan 5V:

Diode Bridge

diode bridge  atau dikenal dengan jembatan dioda adalah rangkaian yang digunakan untuk penyearah arus (rectifier) dari AC ke DC. untuk membuat diode bridge  dengan benar maka perlu diketahui tipe dioda yang akan digunakan, agar sesuai dengan kebutuhan. contoh: untuk membuat catu daya 12 Volt 3 Ampere maka diperlukan dioda tipe 1N5401, untuk lebih detail bagaimana cara memilih tipe dioda yang tepat untuk adaptor yang anda buat, silakan klik DISINI, atau klik gambar jembatan Dioda dibawah ini:

stabilisator tegangan

stabilisator tegangan yang umum digunakan adalah tipe LM 78XX atau 79XX, XX menunjukkan tegangan maksimum output yang dihasilkan. lihat contoh pada skema rangkaian diatas , untuk output 5 V maka digunakan tipe LM 7805. untuk tegangan yang lain harus disesuaikan dengan trafo dan IC stabilisatornya.

cara mencharge baterai dengan adaptor, silakan simak pada gambar dibawah ini:

hal-hal yang perlu anda perhatikan: selalu berhati-hatilah saat mencharge baterai, baterai kualitas rendah (non original) biasanya mudah melembung dan rusak saat dicharge. over charge bisa merusak dan memperpendek umur baterai. jika baterai terasa panas melebihi biasanya saat charge secara normal, maka sebaiknya hentikan aktifitas charging karena dikhawatirkan baterai terbakar.

untuk menambah referensi tentang power supply, silakan baca juga posting saya yang berjudul :

>> Kelebihan dan kelemahan IC regulator LM 7805
>> Membuat Powerbank dari baterai HP bekas
>> Rangkaian power supply, catu daya 12V 3A
>> Adjustable Power Supply 5A kisaran 4,5V sampai 15V
>> Adaptor netbook/laptop rusak? di cek dulu saja

—–00—–

silakan kunjungi juga artikel dan link saya lainnya berikut ini:

>> Bukti bayaran Ipanelonline di 2014

>> Growing strawberries in small pots

>> Play Game Grid 2 with low end laptops

>> Bayaran ke 3 dari LogiPTC (yg mau duit Dollar masuk)

>> 10 Most Beautiful Island in Indonesia

>> Make Simple Subwoofer Box with My Design (Part I)

>> 8 tips menghemat tagihan listrik 

>> Pengubah tegangan DC 6V ke 12V

45 Responses to “Cara membuat adaptor, power supply, charger handphone (gadget)”

  1. paksi Says:

    mas klo mau ngubah output carger hp,biar outputnya tambah bsar gmna????

    • arjip Says:

      output (tegangan maupun arus listriknya) yang lebih besar dari spesifikasi asli bisa beresiko memperpendek umur baterai atau bahkan merusak baterai. untuk memperbesar output maka:
      1. trafo harus diganti dengan trafo dengan arus yang lebih besar. (untuk memperbesar arus) misal trafo 200 mA diganti dengan trafo 500 mA.
      2.untuk memperbesar tegangan maka pilih trafo dengan keluaran tegangan lebih besar. misal 6 V diganri dengan 12 V.
      3. regulator tegangan juga harus diubah. misal untuk tegangan 12 V harus memakai LM 7812.
      penggantian ini hanya berlaku untuk rangkaian yang saya sebutkan di posting. charger HP yang asli (buatan pabrik) berbeda dengan rangkaian charger yang saya jelaskan diatas, karena rangkaian di posting ini lebih bersifat sederhana.


  2. [...] >> Cara membuat adaptor, power supply, charger handphone (gadget) [...]

  3. bramsis Says:

    mas klo pake trafo yg 500mA? Kmponen pa ja yg diprlukn? Thx

  4. Albertus Says:

    itu outputnya berapa mA?

    gimana ngubah outputnya menjadi 4V , 1000mA? apa yg harus diubah?

    • arjip Says:

      Untuk rangkaian yang saya kemukakan di atas, outputnya sekitar 200mA dan tegangan keluaran 5V.
      untuk keluaran 4V sebaiknya rangkaian diatas tidak perlu diubah karena selisihnya hanya sedikit. untuk menaikkan arus menjadi 1000mA gunakan trafo 1A.

      • Albertus Says:

        sebenarnya saya butuh tegangan outputnya 3.8V dengan arus 1000mA (atau lebih). kalau saya gunakan output 5V, itu terlalu besar. jadi gimana itu?

      • arjip Says:

        coba saja di modif lilitan sekunder pada trafo-nya (trafo untuk adaptor 5 Volt) dengan cara mengurangi jumlah lilitan sekundernya, sehingga nanti didapat tegangan keluaran 3,8 V dan tidak pula memakai IC regulator.
        jadi dari modif trafo langsung ke jembatan dioda dan diumpan ke elco penghalus tegangan.
        untuk alternatif lainnya silakan lihat dan cari di Google, siapa tahu ada rangkaian-nya.

  5. Albertus Says:

    pernah denger katanya bisa juga menggunakan 2 Diode yg diseri, tapi saya belum tahu dimana untuk menaruhnya kedalam rangkaian ini. mungkin agan bisa membantu saya, dimana saya memasang ke-2 Diode itu?

  6. Nasihun Says:

    ac adaptor psp saya outputnya 5V 2000ma…

    bagaima cara merubah adaptor yang agan bahas terssebut menjadi ac adaptor seperti adaptor psp saya? komponen apa saja yang harus diganti dari rangkaian tersebut? amankah digunakan pada psp? dan kira kira berapa jam pengecasan (spesifikasi batre: li-ion 3.6V —– 1800mah ?? dan blehkah psp saya dimainkan saat dicas batterenya menggunakan adaptor tersebuut???

    terima kasih

    • arjip Says:

      untuk baterai li-ion 3.6V / 1800 mah, gunakan saja trafo 6V 1A, jembatan dioda pakai diode tipe 1N4001, dan IC 7805 serta elco-nya seperti gambar skema diatas.
      saya belum mencoba mencharge dengan baterai terpasang di HP/gadget, biasanya saya mencharge baterai seperti gambar no 4 pada posting di atas, yaitu baterai di charge secara tersendiri.

      • Nasihun Says:

        okey gan thanks,,, insya Allah akan ane coba… smga ane sukses merangkainya, dan bisa digunakan….
        thanks gan…

  7. Riski Says:

    mas, kalau membuat adaptor dengan tegangan 1 ampere gimana ya? tolong sekalian dijelaskan

  8. julius resmol Says:

    dear Admin__
    numpang sedot yah,, charge hp q dah rosak jadi q pengen buat sendiri___
    thankzz (^_^)

  9. bawono Says:

    Mas mau tanya kalo batu batera standar aa/aaa apa bisa di charge. Bagaimana cara menchargenya secara sederhana. Terima kasih.

    • arjip Says:

      saya dulu pernah mencoba mencharge baterai biasa 1,5 Volt dengan memakai adaptor yang tegangan outputnya sekitar 2 Volt. ternyata berhasil, baterai jam dinding yang semula sudah habis akhirnya bisa digunakan lagi.
      tetapi kalau baterainya sudah benar-benar rusak atau drop sampai dibawah 0,5 Volt biasanya tidak berhasil di charge. dari pengalaman saya, yang paling bagus hasilnya untuk di charge (selain baterai khusus charge) adalah baterai jenis Alkaline, sedangkan kebanyakan baterai biasa yang dijual dipasaran adalah dari jenis karbon.

  10. Aris Suryadi Says:

    halo mas, diartikelnya bilang, charge bisa sampe 1-2 jam.
    apa ada kemungkinan untuk disingkat waktunya, misalnya cukup dengan 20menit.

    diluar negeri ada mesin namanya ACM untuk publik, cukup 10menit batre handphone udah full.

    itu gimana ya cara kerjanya?

    ko mereka bisa berani jamin alat tersebut ngga ngerusak handphone.

    nah, kalo dikaitkan dng rangkaian diatas, apa ada perubahan lagi?

    thanks

    • arjip Says:

      rangkaian saya diatas bisa dikatakan sederhana mas Aris…
      pada dasarnya sama dengan rangkaian power supply arus searah dengan menggunakan transformator. charger buatan pabrik lebih professional dan tentunya rangkaiannya sudah di sesuaikan untuk kebutuhan charge atau bahkan bisa dimaksimalkan agar bisa mencharge dalam waktu singkat.

  11. Rony Says:

    mas, nmpng tanyak nih…
    Charger baterai mobil2an ank sy rusak aku pngn buat sendiri sprt rangkain diatas. alat apa sj yg dibutuhkan?
    untuk baterai yg prl di chas 7,2 Amp / 700ma. tlng pencerahannya.
    Trimakasih

    • arjip Says:

      apakah yang Pak Rony maksud itu sebenarnya 7,2 Volt/700ma dan bukan 7,2 Amp/700ma?
      kalau misalnya benar 7,2 Volt/700ma, itu kemungkinan besar bisa kalau pakai power supply/adaptor 9 Volt 1 Ampere. di toko elektronika sudah banyak yang jual adaptor tersebut.

      • Rony Says:

        sorry mas aku slh tulis, betul yg 7,2Volt/700ma. sy sdh mencoba membuatnya, setelah sy buat nge cas kemudian baterainya sy gunakan tp ternyata msh gak ada arus di baterainya (baterai dlm kondisi bagus), gmn untuk mengatasi hal tsb mas? supaya baterai bs terisi strum.
        mohon bantuannya. trimakasih

      • arjip Says:

        berapa lama mas Rony dalam men-charge baterai tersebut? biasanya waktu charge bisa lebih lama dibanding dengan charge dengan charger asli bawaan. untuk memastikan arus masuk atau tidak, bisa dipantau dengan multitester.

  12. martin Says:

    mas mau ty sy py power suply mau sy rubah jd charger baterei aa 9v 1800mah gmn cr y

    • arjip Says:

      kalau keluarannya power supply 12 Volt, tinggal tambah saja IC regulator LM 7809 atau bisa juga pakai dioda zener 9 Volt. kalau bukan, pakai trafo yang keluarannya bisa 9 Volt 2A dan dipasangi rangkaian sederhana seperti yang dibahas di posting.

  13. Chooroo Says:

    terus untuk rangkaian overcharger biar baterai gak overload gmna bos?

    • arjip Says:

      karena rangkaiannya sederhana, supaya tidak overload saya pakai multitester Gan untuk mengecek tegangannya. kalau baterai sudah penuh biasanya tegangannya berada sedikit diatas tegangan pada spesifikasinya.

  14. wisnu31 Says:

    lam knal, saya punya ht china merk suicom mo saya jadikn home base. rencanany batre mo saya lepas mo diganti power supply 3/5ampere, voltase yg aman dikasih brp(mo gunakan tr 78XX)


  15. [...] power supply, catu daya 12V 3A >> Membuat adaptor, power supply, charger handphone (gadget) >> Adaptor netbook/laptop rusak? di cek dulu [...]

  16. Toni Says:

    Mas kalau buat ngcas aki apa saja yg perlu diubah

    • arjip Says:

      coba simak di posting saya di link berikut Mas Toni:
      https://arjip.wordpress.com/2010/02/22/membuat-sendiri-baterai-eksternal-laptop/
      perhatikan pada gambar 2 yaitu rangkaian chargernya, nah tinggal diubah saja di trafonya dengan memakai output trafo yg 15 Volt. seperti prinsip charger secara umum, yaitu tegangan charger harus sedikit lebih tinggi dari tegangan baterai atau aki yang akan di charge. contoh charger Handphone standar biasanya outputnya 5 Volt digunakan untuk mencharge baterai HP yang umumnya 3,8 Volt.

  17. Agus Says:

    Siang mas Arjip, bisa bikinin Adaptor DC 5V 5A gak yah? :D krn terus terang saya gak bisa elektronika sama sekali, kira2 abis brp nanti saya pesan banyak. Ditunggu responnya, syukur2 mas Arjip bersedia merespon via PM. Tq sblmnya.

    • arjip Says:

      terima kasih mas Agus atas kepercayaannya, tapi saya mohon maaf untuk saat ini saya tidak menerima pesanan…

      • aulia Says:

        mas charger BB ori punya aku output 5 Volt / 0,75 Ampere. Nah kalau aku pakai Charger output 5 Volt / 2,1 Ampere apakah aman dan tidak berbahaya bagi baterai dan BB aku ?? Mohon penjelesannya mas,terima kasih.

      • arjip Says:

        saya kira tidak berbahaya, selama output tegangan masih 5 Volt, tapi saya tidak menjamin keawetan baterai ori jika dicharge dengan charger non ori. mengingat desain charger non ori yang diluar standar dari produk ori yang kadang tidak bisa diprediksi kualitas produknya. spesifikasi besar pada output arus (satuan ampere) pada adapter/charger berpengaruh pada kecepatan charger untuk mengisi baterai serta kemampuan untuk mengisi baterai dengan kapasitas besar.

  18. ardie Says:

    mas bisa kasih tutor membuat charge yg outputnya 5V/2A….mksh sebelumnya

  19. hargus dwi ruzi Says:

    Mas saya mau belajar buat semacam generator mini… V yang dikeluarkan generator 12v dibuat untuk 2 output.
    yang pertama untuk ngecas batrai (2,4v) yang dirangkai seri dari 2 batrai 1,2V
    yang kedua untuk ngecas HP
    rangkaian yang saya buat untuk adaptor ini g mana ya mas..atau mas punya referensi untu saya pelajari… terimakasih sebelumnya,,,

  20. ales Says:

    “mas, saya punya charger tapi pada saat di colokin ke listrik pln output nyentrum, mohon bantuannya. apa aja komponen yang rusak?”

    • arjip Says:

      kalau outputnya dari adapter laptop (arus DC atau searah) memang rata-rata bisa nyetrum Gan (masih ada arus bolak-balik/arus AC yang bocor), tapi tegangannya kecil kok dan cuma bikin kaget doang kalau kita kena, bisa dicek tegangannya pake multitester.

  21. rahmad Says:

    Mas kalo bikin adaptor trus di langsung ke hp tanpa baterai,bisa gak?
    batery ane spesifikasi 1000 mAh klo di tukar dg 2500 mAh apa resikox?

    • arjip Says:

      saya belum pernah mencoba seperti itu Gan, resiko bila mengganti baterai 1000 mAh dengan 2500 mAh ya tentu saja nanti saat menchargenya bisa lebih lama waktunya, karena kapasitas (wadah) penyimpanan arus baterai diperbesar.

Leave a Reply

