Indahnya gemerlap bintang di Galaksi Bima Sakti

March 16, 2011

Bima Sakti dijelaskan secara lebih gamblang di situs Wikipedia, klik DISINI untuk mengunjunginya.

jalur galaksi bima sakti (the Milky Way) banyak mempunyai gugus-gugus bintang yang sangat indah dan memukau. ini merupakan tempat tujuan observasi favorit bagi para penghobby Astronomy Amatir (Stargazing), dikarenakan pada daerah ini merupakan tempatnya bagi banyak objek-objek langit yang menarik. dahulu sewaktu saya masih kecil (era tahun 80 dan 90an), bintang-bintang masih terlihat dengan jelas di kampung saya. bahkan nebula dan jalur galaksi bima sakti sangat kelihatan jelas. tampak berwarna abu-abu di langit membentang di arah selatan dan utara. namun sekarang sudah banyak perubahan di kampung saya, polusi udara dan polusi cahaya menghalangi cahaya dari bintang-bintang di malam hari. jalanan di kampung saya semakin ramai oleh kendaraan dan banyak lampu-lampu penerangan jalan. bahkan pusat kota Cepu yang terletak 1 Km dari rumah saya sudah disulap dari semula taman pohon beringin menjadi taman seribu lampu.

sejak kecil saya hobby mengamati bintang-bintang di langit malam, bahkan saya juga membeli Binocular bekas dari tetangga saya, untuk saja jadikan alat untuk menamati langit malam. sampai sekarang saya masih menggunakan Binocular tersebut dan memodifikasinya menjadi single Scope. di body Binocular itu ada bekas tulisan (setengah terhapus): Super Zenith 12×50 field 5 derajat dan buatan Jepang. 12×50 menandakan perbesaran Bino ini sebesar 12 kali dengan aperture lensa Objektif 5 cm dan sudut pandang pengamatan 5 derajat. dengan perbesaran 12 kali, tentu saja Binocular ini tidak dapat digunakan untuk melihat: cincin Saturnus, permukaan planet Mars, bintang ganda (double star), ring nebula, dan galaksi-galaksi jauh (deep space galaxy).

dibawah ini adalah salah satu contoh Binocular yang di khususkan untuk keperluan Astronomy dan pengamatan benda-benda langit di angkasa.  Binocular jenis ini dikenal pula dengan istilah Binocular astronomy.

dan dibawah ini adalah Binocular biasa, yang sering saya gunakan untuk Stargazing:

walaupun Binocular ini bukan Binocular khusus astronomy tetapi kemampuannya sudah saya uji. saya pernah menggunakannya untuk mengamati: permukaan Bulan, komet Halle-Bopp (tahun 1997), mengamati galaksi Andromeda, mengamati planet jupiter dan satelit utamanya (tahun 2010), mengamati banyak gugus bintang yang wonderfull. seperti gugus bintang di Sagittarius, gugus bintang di Scorpius, Perseus Double cluster, Orion nebula, beberapa Globular cluster (gugus bintang bola) dan favorit saya The Jewel Box cluster. bahkan saya juga menulis beberapa artikel yang membahas objek-objek yang saya sebutkan itu: (silakan klik untuk membaca artikelnya)

>> Antares Its a Brilliant Red Star in Scorpius

>> Beautifull double cluster in Perseus

>> Jewel Box the amazing star cluster

>> Deep Space Objects on Sagittarius

>> Enjoy The Beautiful Night Sky with Binoculars

Binocular sangat berguna untuk pengamatan bintang-bintang di jalur nebula Bima sakti, karena di tempat inilah biasanya banyak kita jumpai gugus bintang (cluster) dan gugus bintang bola (globular cluster). dengan bantuan Binokular, kita bisa melihat dengan lebih jelas bahwa jalur “Milky Way” yang dengan mta biasa terlihat “abu-abu”, akan tampak terlihat seperti kumpulan bintang-bintang yang sangat padat. coba saja amati pada jalur “Milky Way” yang melewati konstelasi Scorpius dan Sagittarius, seperti yang tampak pada foto bintang di bawah ini:

di foto terlihat jalur Milky Way yang melintasi konstelasi Sagittarius (bagian tengah foto) dan bagian ekor konstelasi Scorpius (kanan bawah foto). foto ini diambil dengan teknik tertentu (long exposures, filter khusus, dan lensa aperture lebar), dengan mata biasa kita hanya akan melihat bagian ini dengan warna abu-abu. untuk melihat lebih jelas, maka Binokular akan memberikan tambahan penglihatan yang cukup besar. warna bintang akan lebih terlihat jelas jika menggunakan Binocular atau Teleskop dengan aperture lensa objektif yang sangat lebar. pada foto diatas terlihat nebula dan jalur Milky Way yang dihuni oleh milyaran bintang dengan kepadatan tinggi. tak hanya itu, globular cluster dan gugus bintang juga akan lebih mudah ditemukan dengan menggunakan bantuan Binokular. pada Binokular, Globular cluster akan tampak seperti bola kecil berwarna kelabu dan star cluster tampak seperti sekumpulan bintang-bintang yang cukup cemerlang. dibawah ini adalah peta bintang untuk konstellasi Sagittarius dan Scorpius: (jalur Milky Way atau Bima Sakti digambarkan  dengan warna ungu).

kunjungi juga video Youtube terkait berikut ini:

www.youtube.com/watch?v=izc3KRme97E

posting-posting menarik lainnya:

>> Kumpulan artikel Astronomy & Stargazing

>>  The Performance of Different Kinds Processors From Intel & AMD

>> How to Login Facebook with Smartphone and Pc Tablet?

>> Air terjun Niagara, kawasan alami yang menyehatkan

>> Penyedia blog  gratisan yang top

2 Responses to “Indahnya gemerlap bintang di Galaksi Bima Sakti”


  1. […] >> Indahnya gemerlap bintang di Galaksi Bima Sakti  […]


  2. […] >> Indahnya gemerlap bintang di Galaksi Bima Sakti  […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s