Bila tanaman strawberry mulai berbunga

March 31, 2011

Munculnya bunga strawberry adalah tanda tanaman strawberry akan menghasilkan buah, jika tanaman strawberry mulai berbunga maka musim strawberry berbuah dimulai. bunga strawberry berbentuk kecil, ukuran diameternya sekitar 1 cm dengan bagian tengah berwarna kuning dan bagian pinggirnya berwarna putih. bagian warna kuning inilah yang pada kemudian hari akan berubah menjadi bakal buah.

dalam sekali musim bunga, satu tanaman bisa menghasilkan beberapa bunga yang munculnya tidak bersamaan akan tetapi berurutan. jadi ketika ada salah satu bunga berubah jadi bakal buah maka di tangkai yang lain muncul bunga baru. berapa lama bunga tersebut berubah menjadi buah yang matang dan siap dipetik? untuk hal ini waktunya memang bervariasi mungkin sekitar 2 minggu-an. kadang ada pula bunga yang rusak dan gagal menjadi buah, penyebabnya bermacam-macam  dan menurut pengalaman saya pribadi yaitu antara lain:

  1. air yang jatuh dari hujan lebat atau penyiraman air yang kurang hati-hati bisa membuat bunga rusak.
  2. kurang penyiraman air juga mengakibatkan tanaman strawberry gagal berbuah. usahakan pada musim kemarau lakukan penyiraman 2 kali sehari.
  3. kekeringan, suhu udara panas dan kondisi tanah yang kering bisa membuat kondisi tanaman turun atau bahkan mati.
    bila musim kemarau, lakukan penyemprotan tanaman dengan air dingin lewat sprayer hal ini untuk mencegah tanaman dari ancaman suhu panas.

tanaman strawberry sebenarnya lebih menyukai tempat yang bersuhu lebih dingin, lembab, cukup curah hujan dan banyak mendapat sinar matahari. mungkin kira-kira di daerah dataran tinggi atau lembah pegunungan.
seperti contohnya: tempat asal buah strawberry di lembah hutan amazon, atau kebun strawberry di pegunungan daerah Bandung dan Malang.
tetapi saya sendiri sudah membuktikan kalau tanaman Strawberry adalah tanaman yang mampu hidup di daerah panas dan dataran rendah, silakan ikuti posting saya yang berjudul “berkebun strawberry di dataran rendah” dengan klik DISINI.
walaupun saya sendiri memelihara strawberry di dalam pot, namun ternyata bisa berbuah juga walaupun yang dihasilkan tidak terlalu banyak.
dibawah ini adalah foto salah satu pot tanaman Strawberry saya di rumah yang sedang berbunga:

foto-foto lainnya dari tanaman strawberry  milik saya di rumah,  dapat dilihat dengan klik DISINI.

di zaman modern ini, tanaman strawberry dalam sekala besar dikembangbiakkan dalam kebun di dalam rumah kaca, ada pula dengan sistem hidroponik sehingga tanaman strawberry bisa menghasilkan buah dengan jumlah yang lebih banyak.
saya sendiri tertarik untuk mengembangkan tanaman strawberry dari pot ke teknik Hidroponik, biar hasil buahnya lebih banyak.
kalau hasilnya buahnya banyak tentu juga akan banyak memberi manfaat, silakan lihat saja posting saya tentang manfaat strawbery bagi kesehatan dengan klik DISINI .

silakan kunjungi juga artikel-artikel saya lainnya:

>> Lets Write Again and Generate Additional Money

>> The Performance of Different Kinds Processors From Intel & AMD

>> Waterfall, The One of The Healthies Natural Environment

>> Beautiful Sparkling Stars in The Milky Way

>> How to Login Facebook with Smartphone and Pc Tablet?

5 Responses to “Bila tanaman strawberry mulai berbunga”

  1. Mufid Says:

    cara menyiram strawberry bagaimana?
    langsung diguyur dari atas
    atau cuma tanahnya saja yang di basahi?

    • arjip Says:

      bisa semua mas Mufid, yang penting media tanam tidak kering. malah kalau bisa kelembaban media tanam tanah dijaga dengan menambah mulsa. kalau Strawberry sedang berbunga atau sedang berbuah, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menyiram, agar bunga atau buah tidak terkena air (hal itu bisa mengakibatkan bunga atau buah membusuk karena kelembaban yang terlalu tinggi).
      kalau Strawberry yang saya tanam di pot sedang berbunga atau berbuah, maka tangkai buah-nya saya taruh sedemikian rupa sehingga letak bunga atau buah tidak bersinggungan langsung dengan tanah.

  2. bayu Says:

    Salam kenal, gan. saya tinggal di batam. lagi tertarik untuk coba tanam strawberry. tapi saya tertarik dengan rencana agan mo tanam pake system hidroponik. hasilnya gimana sekarang? kl pake aeroponik bisa ga yach? kira-2 berapa biayanya untuk bikin skala rumahan(buat hiasan saja). terima kasih sebelumny…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s