Tips Menggunakan dan mengoptimalkan Modem Internet

September 18, 2011

Sejak laptop mulai menjamur dan menjadi barang kebutuhan pelajar dan mahasiswa, maka imbas penetrasi internet dalam masyarakat mulai meluas.
operator seluler berlomba-lomba menawarkan paket internet murah meriah dan bahkan di bundel lengkap dengan modemnya.
selain pelajar dan mahasiswa yang memanfaatkan modem untuk koneksi internet, banyak pula para pekerja dan karyawan yang menggunakan modem.
modem internet menjadi kebutuhan yang tak terelakkan, seiring dengan semakin mudahnya masyarakat menikmati internet murah yang ditawarkan oleh operator.

Saya seringkali ditanya oleh teman teman, keluarga, dan saudara saya “paket internet dan modem apa ya yang paling bagus? yang cepat? yang murah?”
Permasalahan ini juga mungkin yang sering ditemui oleh para pemakai MODEM internet kebanyakan. untuk itu saya ingin share beberapa trik untuk memilih paket modem. Saya pribadi menggunakan modem Smartphone Samsung C6625 untuk menunjang aktifitas online saya sehari-hari.

anda perlu mengetahui dulu hakekat sebenarnya untuk kecepatan akses internet.
Perlu di ketahui bahwa 8 Kbps itu sama dengan 1 KBps.  jangan tertipu antara satuan KBps (Kilo Byte per Second) dengan satuan Kbps (Kilo bit per Second),  karena kedua satuan tsb berbeda, kalau indikator download biasanya memakai KBps kalau operator jasa layanan internet biasanya menggunakan Kbps.
Kalau paket internet anda berkecepatan 384 Kbps itu artinya: 384 Kbps : 8 = 48 KBps. jika Anda menggunakan paket modem dengan paket 384 Kbps, maka hanya bisa mendownload maksimal kecepatan 48 KBps, kalau mendownload lagu dengan file sizes 5 MB (Mega Byte). anda memerlukan waktu 1 menit 44 detik dengan catatan kecepatan stabil di 48 KBps.

paket modem internet unlimited biasanya terdapat “Batas Pemakaian Wajar” atau dikenal dengan “Quota” jikalau sudah melewati itu maka biasanya kecepatan akan di turunkan, kecepatan modem akan turun.
Jika kecepatan internet diturunkan menjadi 64 Kbps, itu artinya anda mendapatkan 8 KBps, saat mendownload lagu dengan file sizes 5 MB membutuhkan waktu 10 menit 25 detik. lalu paket modem apa yang cepat dipasaran? prinsip “Ada Harga Ada Barang” masih berlaku disini.

Tips memilih paket modem internet serta mengoptimalkan fungsinya :

  1. sesuaikan dulu modem yang di beli, apakah itu GSM atau CDMA
    kalau modem GSM maka pakailah kartu GSM jangan pake kartu CMDA. begitu juga sebaliknya.
  2.  Perhatikan coverage sinyal
    apakah provider penyedia layanan internet di tempat anda bisa menggunakan modem. Hal ini bisa anda tanyakan kepada Customer Service atau mengecek sendiri. Jangan sampai anda membeli kartu untuk modem ternyata di daerah anda tidak ada signal.
    Untuk memaksimalkan kecepatan untuk GSM kalau bisa perhatikan ada signal HSDPA/WCDMA atau tidak di daerah anda, untuk CDMA perhatikan ada signal EVDO atau tidak di daerah anda. Kalau bisa jangan memakai signal EDGE (untuk GSM) atau signal CDMA 1X /2X (untuk CDMA), karena akan mempengaruhi kecepatan, kecepatan tidak bisa maksimal pada signal tersebut.
  3.  Optimalkan penerimaan sinyal bila anda berada di daerah yang agak jauh dari BTS.
    sinyal dari BTS umumnya mulai melemah di daerah pingiran kota, untuk itu untuk menstabilkan penerimaan sinyal maka modem sebaiknya diletakan pada tempat yang lebih tinggi dari posisi komputer atau laptop.
    gunakan kabel USB ekstensi untuk menghubungkan modem USB dengan komputer/laptop. posisikan arah dan posisi modem sehingga mendapat koneksi internet yang paling lancar.
  4. memilih paket internet
    Sesuaikan paket dengan kebutuhan anda, pada dasarnya semua provider harga yang ditawarkan hampir sama. beda tipis kalau ada perbedaan. Jika anda memilih paket yang murah maka akan sebanding dengan kecepatan yang di terima. Sesuaikan kebutuhan, apakah untuk download, browsing, blogging, Facebook, dsb.  Semakin mahal paket yang anda beli,  maka akan sebanding dengan kecepatan yang diterima.

—–00—–

Silakan kunjungi juga blog saya lainnya:

>> iconptc.blogspot.com

Kunjungi juga artikel-artikel menarik berikut:’

>> Membuat Box speaker Subwoofer desain sendiri

>> Indahnya gemerlap bintang di Galaksi Bima Sakti 

>> 10 makanan terbaik untuk Gigi sehat

>> 10 manfaat buah semangka untuk kesehatan 

>> Benarkah gabung di situs Survey online, kita akan dibayar?

Advertisements

One Response to “Tips Menggunakan dan mengoptimalkan Modem Internet”

  1. store area Says:

    saya juga lagi cari paket yang pas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s