Manfaat buah manggis untuk kesehatan

February 1, 2012

Manggis, dalam ilmu botanikal dikenal sebagai Garcinia mangostana, adalah pohon tropis yang dapat tumbuh hingga 82 meter. Pohon manggis tumbuh di berbagai wilayah di Asia Tenggara, menurut Departemen Hortikultura Universitas Purdue.  tanaman manggis menghasilkan buah lezat dengan ukuran dan bentuk seperti buah jeruk. Buah manggis memiliki kulit tebal, ungu gelap dan daging putih manis dan lembut.  Hal ini diduga memiliki sifat antioksidan yang tinggi serta manfaat kesehatan lainnya dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan internasional untuk membuat suplemen makanan.  Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi manggis jika Anda berada di bawah perawatan medis atau menderita kondisi medis kronis.

 image: Agriculturesource

unsur yang ada di dalam buah manggis:

Xanthone
Kulit buah manggis mengandung tingkat tinggi xanthones, yang fitonutrien yang diperkirakan meningkatkan fungsi tubuh yang sehat, termasuk sistem kesehatan usus, pernafasan dan kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh Gifu International Institute of Bioteknologi dan diterbitkan oleh US National Library of Medicine, enam dari xanthones hadir dalam pameran buah manggis penghambatan pertumbuhan sel sel leukemia HL60 garis manusia, dengan alfa-xanthone manggis menampilkan lengkap penghambatan.

Antioksidan
Manggis buah memiliki kandungan polyphenol tinggi, yang merupakan jenis antioksidan kuat, menurut American Journal of Clinical Nutrition. Polyphenol adalah 10 kali lebih kuat daripada vitamin C dan 100 kali lebih kuat dari vitamin E dan karotenoid dalam hal sifat antioksidan mereka. Ini membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit dan beberapa jenis kanker dan juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Anti-inflamasi
Menurut Dr Brent Bauer dari Mayo Clinic, buah manggis telah menunjukkan sifat anti-inflamasi dalam tes laboratorium yang dilakukan pada hewan, memegang janji memiliki anti-inflamasi serupa manfaat bagi manusia. Hal ini akan membuat manggis bermanfaat untuk mengobati radang sendi, meskipun pengujian lebih lanjut dan penelitian diperlukan untuk mendukung manfaat ini.

Folk remedies
Menurut Departemen Hortikultura Universitas Purdue, manggis digunakan dalam obat rakyat di Cina dan negara-negara Asia lainnya. Kulit ini direbus selama 25 sampai 30 menit untuk membuat apa yang disebut rebusan, dan digunakan untuk membantu meringankan sistitis dan diare pada orang dewasa dan anak-anak. Hal ini juga dapat dikeringkan di iris dan kemudian bubuk untuk mengobati disentri. Kulit buah manggis juga dapat direndam dalam minyak seperti almond atau minyak zaitun untuk membuat salep yang mengurangi eksim dan jenis-jenis ruam kulit.

Manfaat Xanthone pada kulit manggis
manfaat dan unsur-unsur yang terdapat dalam Xantone secara lengkap bisa dilihat dengan klik DISINI.

Kulit buah manggis dan hampir semua bagian tanaman pohon manggis mengandung xanthone. Di antara fitonutrien kuat yang ditemukan dalam kulit dari manggis, xanthones dapat berdiri sendiri memberikan manfaat yang sangat mengesankan. Studi ilmiah menunjukkan bahwa xanthone dapat mempromosikan fungsi kesehatan bagi tubuh. Xanthone kulit buah manggis alami, dapat membantu :

– Menjaga kesehatan usus
– Mendukung sistem kekebalan tubuh
– Menetralkan radikal bebas
– Dukungan tulang rawan dan fungsi sendi
– Mempromosikan sistem pernapasan yang sehat musiman

Para peneliti telah mengidentifikasi puluhan xanthone biologis aktif dalam buah manggis. Saat ini, peneliti baru mulai mengungkap sifat ilmiah yang kuat di balik buah manggis.

Apa itu Xanthone?
Xanthone adalah sebuah kelas unik dari senyawa biologis aktif yang memiliki kemampuan bioaktif (seperti sifat antioksidan).  Sebuah kelompok terbatas polifenol tanaman,  secara biosintesis terkait dengan flavonoid.

Polifenol adalah sekelompok zat kimia tanaman yang ditandai oleh adanya lebih dari satu kelompok fenolik. Polyphenol bertanggung jawab untuk warna dari beberapa tanaman dan dianggap antioksidan yang kuat dengan manfaat kesehatan potensial.

Flavonoid, lebih dari 5.000 alami flavonoid yang terjadi telah ditandai dari berbagai tanaman. Efek menguntungkan dari tanaman makanan yang sering dikaitkan dengan senyawa flavonoid, daripada nutrisi yang dikenal, karena mereka menunjukkan berbagai efek biologis.

Molekul karbon planar-enam dalam sistem cincin terkonjugasi yang terdiri dari molekul tulang punggung dan berbagai kelompok kimia yang melekat. Tulang punggung terdiri dari dua cincin benzena dijembatani melalui gugus karbonil dan oksigen. Setiap cincin terhubung dalam formasi menyatu tidak memungkinkan rotasi bebas tentang ikatan karbon-karbon. Backbone ini unik bersama dengan jenis dan posisi kelompok kimia yang melekat mendefinisikan fungsi tertentu dari sifat xanthone.

Dosis Aman
Perlu perhitungan tersendiri untuk menentukan dosis aman konsumsi xanthone, mengingat senyawa ini merupakan antioksidan sangat kuat.
Beberapa sumber menyebutkan 1000 mg dua kali sehari masih dianggap aman.
Tetapi, seseorang mungkin pernah merasakan efek “Fly” ketika mengkonsumsi kapsul ekstrak kulit buah manggis, padahal hanya mengkonsumsi setengah dari dosis yang disarankan. Dosis memang bersifat sangat individual, harus kita sendiri yang “mengukur” seberapa banyak dosis yang tepat bagi tubuh kita.

posting ini ditulis dari sumber referensi berikut: sehatsetiaphari dot com, m.forum.detik dot com, livestrong dot com.

——-00——-

silakan kunjungi juga artikel-artikel tulisan saya lainnya berikut ini:

>> Sudah $82.06 saya dapat dari Triond 

>> Creating Home Theater Surround Sound for Your Computer

>> Bersih-bersih Windows dengan antivirus update terbaru

>> Perbanyakan bibit Strawberry lewat stolon 

>> Review: Headset Keenion Kdm-219 Value But Powerfull

>> 10 Reasons Why The Tablet PC Become Popular

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s