Review pribadi laptop mainstream Byon 8341

February 26, 2012

Belum lama ini, kakak saya baru saja membeli sebuah laptop baru merk Byon yang bisa dibilang cukup murah, hanya 3 jutaan saja.  laptop kepunyaan kakak saya itu adalah Byon type M8341, dengan prosesor Intel® Pentium® Dual-Core P6200 (@ 2.13 GHz, Cache 3 MB) DDR3 2GB / HDD 500 GB dan kakak saya membelinya dengan harga sekitar Rp.3300000,-
sebenarnya seri Byon M8341 ini mempunyai banyak varian, yang membedakan di tiap varian adalah di bagian prosesor-nya. setiap varian juga mempunyai harga sendiri yang berbeda satu dengan yang lainnya. teknologi yang diusung juga tergolong baru. saya sendiri juga sempat mencoba laptop ini, dan saya cukup terkesan karena walaupun murah tapi tidak murahan.

Byon juga menurut saya termasuk merk laptop yang cukup punya kualitas, lihat saja spesifikasinya:
untuk layar sudah mendukung HD 14″ WXGA LED
prosesor Pentium dual core generasi baru (seri P) dengan performa setara dengan Intel Core 2 duo, yang masih termasuk prosesor kelas mainstream.
memori RAM sudah memakai DDR3 dan bisa diekspansi Up to 8GB
fitur tambahan juga komplet; webcam, Bluetooth, Wifi, Card reader, DVD±RW.
kelemahan laptop ini mungkin hanya di graphics device-nya, karena masih memakai integrated yaitu Intel HD sehingga kemampuannya kurang jika digunakan untuk bermain game ataupun editing grafik/video.
silakan simak kemampuan grafis intel HD secara detail dalam posting saya dengan klik DISINI.

 

laptop tersebut saat ini dijalankan dengan OS Windows 7 Professional (OS tidak termasuk dalam penjualan laptop Byon seri M8341 ini).
kinerja laptop ini lumayan responsif, walaupun banyak widget yang dipasang tapi secara umum saya tidak merasakan laptop ini lelet.
tapi jika aplikasi background yang terlalu banyak yang aktif bisa memperlambat waktu start up, sebaiknya kurangi software yang tidak terlalu dibutuhkan di setting msconfig. khusus untuk kinerja multimedia semisal memainkan video HD, saya rasa laptop ini sudah mumpuni. sedangkan untuk demanding game masih bisa, tetapi dengan setting low atau medium.
silakan simak kemampuan grafis intel HD untuk bermain game secara detail dalam posting saya dengan klik DISINI.

kesimpulan:
dengan harga 3 jutaan dan layar sudah 14 inch, laptop ini  bisa saya sebut sebagai laptop murah. saya rasa tak rugi untuk memilih laptop ini untuk keperluan office dan memainkan multimedia. karena spesifikasi hardware-nya bisa dibilang baru. performa dan kelas secara keseluruhan adalah bisa digolongkan laptop kelas mainstream karena pemilihan hardware prosesor dan graphics nya juga ada di kelas mainstream. untuk memaksimalkan kemampuan laptop ini, maka pasanglah RAM minimal 2 GB (Windows 7) atau minimal 1 GB (Windows XP).

spesifikasi
Intel Pentium P6200 (@ 2.13 GHz, Cache 3 MB), 14 inch HD LED, DVD RW, Intel HD graphihcs (up to 752 MB)
Webcam, Card reader, Bluetooth, Wifi
Interface Provided 3x USB 2.0 , 1 x HDMI , 1x e-SATA
kelengkapan: tas, CD driver, manual book, adapter
kisaran harga
dengan DDR3 1GB / HDD 320 GB Rp.3200000,-
dengan DDR3 2GB / HDD 500 GB Rp.3300000,-

—–00—–

silakan kunjungi juga artikel-artikel tulisan saya lainnya berikut ini:

>> Sudah $82.06 saya dapat dari Triond

>> Benarkah gabung di situs Survey online, kita akan dibayar?

>> Creating Home Theater Surround Sound for Your Computer

>> Bersih-bersih Windows dengan antivirus update terbaru

>> Perbanyakan bibit Strawberry lewat stolon

>> Review: Headset Keenion Kdm-219 Value But Powerfull

>> 10 Reasons Why The Tablet PC Become Popular

2 Responses to “Review pribadi laptop mainstream Byon 8341”

  1. Rega Says:

    Kka bsa share drivernya gak?

Leave a Reply

