Adaptor netbook/laptop rusak? di cek dulu saja

April 5, 2012

Kemarin saya datang ke rumah seorang kawan, ternyata dia punya problem dengan adaptor netbook-nya yang rusak. awalnya netbook dia menyala dengan normal, namun kemudian ketika dipakai oleh adiknya baru kemudian laptopnya mati. dia mencoba menghidupkan dengan baterai saja tanpa adaptor, ternyata bisa jalan normal. tetapi jika menggunakan adaptor langsung dan tanpa baterai laptopnya tidak bisa menyala. jadi di berkesimpulan ada kerusakan di adaptornya tersebut. laptop kawan saya adalah netbook Axioo PJM, umur pemakaian sekitar 2 tahun. silakan lihat posting saya yang mereview netbook tersebut di “Review Pribadi Netbook Axioo Pico DJV” .

untuk membeli adaptor baru, kawan saya agak keberatan. karena kisaran adaptor universal pengganti yang dijual dipasaran harganya bisa sampai 100 ribuan rupiah dan untuk adaptor original/asli bisa sampai 200 ribuan.
akhirnya adaptor tersebut saya bawa pulang ke rumah untuk saya tes dan periksa, karena siapa tahu masih bisa diperbaiki. saya awalnya mengukur tegangan keluaran adaptor ternyata memngang tidak ada arusnya. kemudian saya cek sambungan kabel adaptor yang menuju ke colokan input listrik AC 100-240V, ternyata masih bagus sambungannya. pada awalnya saya berfikir bahwa adaptornya sudah rusak, dan saya ingin membongkarnya. tapi kemudian saya urungkan dengan melihat kemungkinan lain yaitu adanya kabel yang putus antara adaptor dengan ujung colokan (jack) output adaptor.
kemudian saya gunting bagian kabel (kabel output yang menuju netbook) yang berada di dekat dengan kotak adaptor.

setelah itu kedua kabel saya tes dengan multitester, ternyata ada tegangannya dan di multitester tercatat 20,3 Volt. masih sesuai dengan standar spesifikasi yang tertulis di body adaptor netbook Axioo tersebut yaitu 20V 2A. ternyata adaptor-nya masih bagus, dan kerusakan ternyata ada di bagian sambungan kabelnya. kemungkinan ada kabel yang putus di dalam kabel antara adaptor dan colokan output yang menuju ke netbook.

pada akhirnya kabel yang putus saya buang, dengan kabel yang masih bagus saya sambung lagi ke adaptor itu. penyambungan kembali kabel harus dilakukan dengan cermat, agar polaritas ujung colokan output tidak terbalik.
demikianlah semoga pengalaman saya ini bisa menjadikan referensi untuk kerusakan adaptor pada laptop atau netbook.

—-00—–

silakan kunjungi juga posting-posting menarik berikut ini:

>> 8 cara mendapatkan uang dari blog

>> Pengalamanku memperbaiki laptop mati total

>> Benefits & Secrets of Young Coconut Water

>> What’s Best Android Apps in 2012? 

>> Orion Nebula, One of The Most Photographed Celestial Object

>>  Aneka info tanaman dan buah Strawberry (Stroberi)

26 Responses to “Adaptor netbook/laptop rusak? di cek dulu saja”


  1. […] >> Rangkaian power supply, catu daya 12V 3A >> Adjustable Power Supply 5A kisaran 4,5V sampai 15V >> Adaptor netbook/laptop rusak? di cek dulu saja […]

  2. erdi Says:

    nice info

  3. erdi Says:

    mau tanya mas, saya punya masalah yg mirip. kalo laptop saya nyalakan dengan batre saja, mau jalan, tapi kalo di tambah colok charger mati mendadak, apa ini chargernya juga yg rusak? soalnya kalo buat nge charge batre tanpa nyala in laptop, masih bisa, thanks

    • arjip Says:

      mungkin daya output chargernya sudah menurun yang disebabkan kerusakan di charger, sehingga jika digunakan untuk menghidupkan laptop dan charge secara bersamaan dayanya tidak mencukupi…
      untuk mengetahui apakah charger benar-benar bermasalah atau tidak adalah dengan mengukur outputnya dengan multitester, apakah output tegangan dan arus listriknya sudah sesuai dengan spesifikasi yang tertera di label adapter chargernya. cara lainnya, menggunakan adapter lain yang spesifikasi tegangan dan arusnya sama, bisa pinjam dulu ke teman atau saudara yang punya laptop.

  4. Adit Yoi, Bocah jelek, gila, aneh, dan bodoh Says:

    mas, cara ganti/nyambung kabelnya bisa diperjelas lagi? punyaku axioo pico djj. dulu pernah gak nyambung, terus kabelnya aku lipat di sekitar kabel yg robek terus diiket pake karet, dan bisa nyambung. nah, sekarang malah kumat lagi, dan gak bisa pake cara yg dulu. kalo adaptornya sih masih normal

    • arjip Says:

      jika yang rusak di kabelnya sebaiknya kabelnya dipotong atau ganti dengan kabel yang baru. kelemahan kabel adaptor axioo pico ini sepertinya memang rawan putus. kemungkinan lainnya adalah koneksi kabel ke konektor yang putus. butuh multimeter untuk mengetahuinya.

  5. yusdi Says:

    Mas Arjip terimakasih ilmunya. Mohon penjelasan bagaimana mengukur dengan alat multimeter setelah kabelnya dipotong..

  6. arjip Says:

    @Yusdi: untuk mengoperasikan multitester bisa dicari referensinya di Google, baik itu untuk mengukur tegangan, arus, maupun nilai hambatan resistor, atau mungkin mas Yusdi bisa meminta bantuan teman atau tetangga yang mengerti masalah elektronika atau listrik.

  7. widi Says:

    Kak kira2 harga sambungan buat adaptor berapa yah :/
    Aku kira chargernya rusak tp pas aku mnjem sambungan yg nyambung ke adaptor ke tmen bisa nyala .

    • arjip Says:

      coba tanyakan ke toko elektronika Gan, atau bisa minta bantuan teman atau saudara buat memperbaiki kabel sambungannya…
      sambungannya yang rusak bisa dipotong dan disolder ulang dengan kabel yang masih bagus kondisinya…

  8. Veti Says:

    Mas, mau tanya klau sambungan powerny 16a(250v) sedang adaptornya inputnya 100-240v) itu bs merusak adaptor g? Soalny nie adaptor saya rusak.

    • arjip Says:

      yang terpenting kalau mengganti adapter laptop adalah adapter pengganti harus punya spesifikasi tegangan (voltage) output yang sama dengan adapter lama. misalnya adapter yang lama punya spesifikasi 19V 3.1A (dibaca 19 Volt 3,1 Ampere) bisa diganti dengan adapter dengan spesifikasi 19V 3.5A (dibaca 19 Volt 3,5 Ampere). nilai besar kecilnya Ampere tidak terlalu pengaruh yang terpenting Ampere harus sama atau lebih besar.

  9. Don Cuervo Says:

    Bro mau tanya neh, laptop saat dipakai pake charger putus sambung melulu chargingnya, tp saat laptop posisi idle normal chargingnya kira2 kerusakannya dimana ya? Batterai msh normal thx bro

    • arjip Says:

      perkiraan saya adaptor sudah tidak normal atau kalau tidak, maka ada komponen yang perlu diganti di motherboard. untuk memastikan silakan test sendiri dengan pinjam adaptor laptop lain yg spesifikasi tegangan dan arusnya sama, apakah hasilnya sama atau tidak. kalau hasilnya sama saja, maka kemungkinan ada kerusakan di motherboard.

  10. martono Says:

    gan nanya nih kalau out put charger apel yg seharusnya 16,5 vdc ternyata drop sampai 6,5 vdc kira kira apanya yg rusak ya?mohon petunjuknya.mks

    • arjip Says:

      ada komponen di dalam modul adapter yang perlu di ganti, tapi biasanya adapter yang sudah rusak lebih cocok kalau diganti dengan yang baru bukan diperbaiki kecuali kalau yang rusak kabelnya, kalau kabel putus bisa disambung dan disolder atau bisa juga diganti dengan kabel yang baru.

  11. indah Says:

    adaptor laptop saya jg begitu karna sya cewwe jdi saya tdk bsa memperbaikinya..gimana donk?

    • arjip Says:

      bisa minta bantuan teman atau saudara yang paham elektronika dan kelistrikan, bisa juga dibawa ke tempat service laptop untuk diperbaiki…

  12. Paul Says:

    Mas, mo nanya klo “tidak harus memotong kabel output” (dari adaptor/charger ke power jack laptop – seperti gambar/kasus di atas) boleh nga ya?
    Gimana peletakkan ujung probe + dan – pada ujung output adapter untuk mengukur tegangan yang mengalir.
    Terimakasih

    • arjip Says:

      saya memotong kabel karena pada waktu itu asumsi saya kerusakan ada pada bagian kabel (kabel putus di tengah atau koneksi kabel ke jack putus), sedangkan adapter laptop biasanya sangat jarang mengalami kerusakan. setelah saya cek di kabel kondisinya masih baik jadi yang rusak adalah sambungan antara kabel dan jack. untuk bagain jack output DC adapter, di bagian luar (negatif) dan di bagian inti dalam (positif).

  13. Desta Says:

    tanya mas saya punya adaptor tulisannya input 100-240v 1.5A, tapi kabel yang nyolok ke listrik/steker tulisannya 250v 2.5A, apakahtidak apa-apa mas?

    • arjip Says:

      tidak apa-apa mas, aman-aman saja karena kapasitas maksimum kabel yang nyolok ke steker masih lebih besar daripada arus yang diminta adapter. jadi arus yang mengalir di kabel sekitar 1.5 A sedangkan kabel masih bisa menangani arus maksimal sampai 2.5 A. kabel listrik itu ibarat pipa air fungsinya sebagai pengalir arus. yang berbahaya itu kalau kabel dengan spesifikasi 1 A tapi dipakai untuk mengaliri listrik dengan arus 5 A, bisa terbakar plastik pembungkusnya dan kabel tembaganya jadi gosong.

  14. Bella Says:

    gan, gini cas laptop saya kan baru beli ni merk laptop saya Axioo tpi saya pke cas toshiba. kmaren tu ada terlilit gitu, eh pas dipakai malah tk mau masuk @casnya aliat tak terisi baterainya

    • arjip Says:

      kalau ada teman atau saudara yang punya multimeter bisa dipinjam buat mengukur output tegangan dari adapter, biasanya output dari adapter laptop itu DC 19 Volt. kalau tidak ada tegangan itu bisa jadi ada kabel yang putus di tengah atau koneksi kabel ke jack yang putus… kalau adapter sendiri biasanya jarang rusak karena punya rangkaian proteksi di dalamnya…

  15. Cooling Says:

    Halo gan Arjip, mau tanya dong.
    Saya kan punya digital photo frame lama, adaptor lama kembung (rusak) saya buang, beli adaptor baru ternyata jack nya ga bisa masuk ke photo framenya. Solusinya bagaimana ya?

    Apakah bisa saya potong jack kabel adaptor lalu cari jack yg sesuai dgn colokan di photo frame?

    Terima kasih

    • arjip Says:

      pastikan dulu spesifikasi adaptor yang baru sama dengan adaptor yang diganti, kemudian pastikan tipe jack dan polaritas adalah sama….
      kalau jack tidak sama bisa diganti dengan jack yang sesuai, pastikan polaritas kabel tidak terbalik….

Leave a Reply

