Anda mungkin akan menemukan tomat di sebagian besar hidangan favorit Anda. Tomat bisa menambah cita rasa pada berbagai masakan. Tomat sebenarnya adalah buah, akan tetapi pada umumnya masyarakat menggolongkan Tomat sebagai sayuran. Sayuran ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa termasuk kemampuan untuk mencegah kanker. Mari kita menjelajahi berbagai manfaat untuk kesehatan dari tomat:

Kehadiran Antioksidan: Tomat yang dikemas dengan lycopene, sebuah karoten merah terang dan pigmen karotenoid bertanggung jawab atas warna merah dari tomat. Lycopene telah banyak dipelajari untuk antioksidan dan pencegah kanker properti. Dalam penelitian pada manusia, likopen telah dikaitkan dengan perlindungan di dalam DNA dari sel darah putih karena fungsi antioksidan untuk membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Produk tomat dimasak seperti jus tomat pasteurisasi, sup, saus, dan kecap mengandung konsentrasi tertinggi bioavailable (mudah diserap oleh tubuh) lycopene yang berbasis dari sumber tomat. Karena likopen yang larut dalam lemak, tomat mengkonsumsi atau produk tomat dengan makanan kaya lemak, seperti minyak zaitun, alpukat atau kacang-kacangan, juga membuat diserap lebih baik daripada lycopene dari tomat mentah. Selain likopen (lycopene), tomat juga merupakan sumber yang sangat baik dari antioksidan lainnya seperti vitamin C dan vitamin A (melalui konsentrasi karotenoid, termasuk beta-karoten). Semua antioksidan perjalanan melalui tubuh menetralisir radikal bebas berbahaya yang dinyatakan bisa merusak sel dan membran sel, peradangan meningkat dan perkembangan atau keparahan komplikasi diabetes, aterosklerosis, asma, dan kanker usus besar. Satu cangkir tomat menyediakan 57,3 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin C, dan 22,4 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin A.

Efek pada Sel Kanker:  antioksidan kuat yang disebut lycopene hadir dalam tomat telah ditemukan untuk menjadi pelindung terhadap kanker, khususnya kanker prostat, kanker serviks, kanker perut, kanker payudara, kanker mulut, dan kanker faring, kerongkongan dan rektum . Menurut meta-analisis dari 21 penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention, pria yang makan jumlah tertinggi tomat yang dimasak ditemukan memiliki pengurangan 19 persen dalam risiko untuk kanker prostat, dan mereka yang makan tomat mentah yang paling menunjukkan 11 persen pengurangan risiko kanker prostat. Menurut peneliti, kandungan likopen sendiri tidak bertanggung jawab atas manfaat pajak tersebut. Ini adalah sinergi dari lycopene dengan fitonutrien lainnya alami terdapat dalam tomat yang memberikan dengan nilai kesehatan begitu banyak.

Melawan Kolesterol: Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 21 orang sehat dan dipublikasikan di British Journal of Nutrition, asupan makanan tinggi dari produk tomat secara signifikan mengurangi kolesterol total dan tingkat LDL (kolesterol buruk). Sampel darah diambil setelah penelitian juga menunjukkan peningkatan kemampuan beredar kolesterol LDL untuk melawan oksidasi. LDL teroksidasi dapat menghasilkan peradangan di arteri yang memasok darah ke organ dan jaringan lain, sehingga mempromosikan aterosklerosis dan meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung atau stroke.

Efek pada Hipertensi: Tomat merupakan sumber yang sangat baik dari potasium, dan diet kaya kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah tinggi dan karenanya, mengurangi risiko penyakit jantung. Satu cangkir tomat menyediakan 11,4 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk kalium.

Pengurangan Risiko Penyakit Jantung: Selain mencegah kanker, lycopene dalam tomat juga memberikan manfaat kardiovaskular. penelitian yang dilakukan di Brigham dan Rumah Sakit Wanita, Boston, peneliti melacak sekitar 40.000 perempuan setengah baya dan lebih tua tanpa penyakit jantung dan kanker selama lebih dari 7 tahun. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 7 sampai 10 porsi makanan kaya likopen (berbasis pada produk tomat, tomat, dan pizza) setiap minggu memiliki risiko 29 persen lebih rendah dari penyakit jantung jika dibandingkan dengan perempuan makan kurang dari 1,5 porsi produk tomat mingguan. Manfaat lain dari tomat seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Efek yang baik untuk penglihatan mata: Tomat mengandung vitamin A (dalam bentuk beta-karoten yang mengubah vitamin A dalam tubuh) yang meningkatkan kemampuan penglihatan dan mencegah masalah matayang berhubungan seperti kebutaan malam dan degenerasi makula.

Pembersihan pencernaan: Menjadi sumber serat yang baik, tomat mencegah kasus-kasus ekstrim seperti diare atau sembelit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan pada saluran pencernaan. Hal ini juga melakukan mekanisme detoksifikasi dalam tubuh.

Efek pada Diabetes: Tomat merupakan sumber yang baik dari mineral yang disebut kromium. Kromium telah ditunjukkan untuk membantu pasien diabetes tetap kadar gula darah mereka di bawah kontrol. Satu cangkir tomat menyediakan 7,5 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk krom. Jus tomat juga menawarkan manfaat khusus untuk pasien diabetes tipe 2 yang berada pada peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Ketika kesehatan pembuluh darah terganggu, seperti dalam kasus diabetes, trombosit (bagian dari darah yang bertanggung jawab untuk pelestarian pembuluh darah yang sehat) menempel pada lapisan dinding pembuluh darah, yang dari waktu ke waktu dapat mengarah pada pengembangan penyakit kardiovaskular. Sebagai bagian dari studi Australia yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, 20 orang dengan diabetes tipe 2 diberi 250 ml jus tomat atau plasebo tomat rasa setiap hari. Para peneliti menemukan bahwa setelah 3 minggu, agregasi platelet (penggumpalan bersama-sama dan penggumpalan trombosit) berkurang secara signifikan di antara mereka minum jus tomat yang nyata, sementara tidak ada efek seperti tercatat dalam mereka yang menerima plasebo.

Dampak terhadap Kulit:  mengkonsumsi tomat secara teratur, menjamin perlindungan terhadap eritema (suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan atau ruam) yang disebabkan oleh radiasi UV. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Manchester dan Newcastle menemukan bahwa orang yang menambahkan lima sendok makan pasta tomat pada makanan sehari-hari mereka memiliki perlindungan 33 persen lebih terhadap kulit terbakar. Juga, menerapkan pasta tomat pada wajah Anda selama 15 menit dapat membantu mengobati kulit berminyak dengan menyerap kelebihan minyak dan sebum. Tidak heran tomat telah menemukan posisi yang berbeda dalam penyusunan beberapa produk anti-penuaan.

Efek pada Kesehatan Tulang: Tomat merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin K, yang berkontribusi terhadap kesehatan tulang dengan mengaktifkan osteocalcin, protein non-kolagen utama dalam tulang yang diperlukan untuk mengikat kalsium untuk matriks tulang. Satu cangkir tomat mentah menyediakan 17,8 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin K. Sejumlah penelitian telah menetapkan efektivitas tomat dalam pengobatan penyakit kronis tertentu dan kanker. Makanan olahan seperti saus tomat dan yang dihaluskan, dapat mempertahankan nilai antioksidan dari sayuran. Telah ditemukan bahwa lycopene lebih banyak diproduksi dalam tomat yang dimasak dibandingkan dengan yang mentah. Jadi, bukankah lebih baik jika mengkonsumsi tomat dalam campuran masakan?

—-00—-

silakan kunjungi juga posting-posting berikut ini:

>> Cara mudah membuat ebook PDF dengan OpenOffice

>> Aneka info Strawberry (Stroberi)

>> 10 Most Beautiful Island in Indonesia

>> Iconptc (ini juga salah satu blog yang saya punyai)

>> Kumpulan artikel tentang kesehatan

>> Benefits of Fruit Strawberry for Health

Advertisements

Saya menanam Strawberry sudah terhitung tahunan, berhubung cuma untuk hobby berkebun maka dari itu hasil buahnya tidak banyak.  saya juga tidak berniat untuk mengembangkannya sampai banyak atau memenuhi area kebun. dari pengalaman beberapa tahun, umumnya tanaman Strawberry saya tersebut bisa berbuah 2 sampai 3 kali lalu kemudian mati atau tidak produktif lagi, dan harus segera diganti dengan tanaman baru (dari stolon). dalam satu tahun tanaman bisa berbuah 1 sampai 2 kali . yang paling saya ingat pada beberapa tahun terakhir adalah adalah kebiasaan tanaman Strawberry saya yang selalu berbuah di bulan Ramadhan. seperti yang kita tahu di tahun-tahun terakhir ini, bulan Ramadhan jatuh di sekitar bulan Agustus-September.

jadi saya menyimpulkan kalau tanaman Strawberry saya tersebut umumnya memang berbuah di sekitar bulan Agustus, September. kalau ada tanaman Strawberry di daerah lain yang bisa berbuah di lain waktu, maka kemungkinan ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi, bisa jadi karena perbedaan lingkungan, cuaca, dan varietas jenis Strawberry-nya.

berikut adalah foto-foto tanaman Strawberry saya yang sudah berbuah di tahun 2012, saya ambil fotonya pada bulan Agustus 2012 beberapa hari setelah Lebaran 1433 H.

 

—-00—-

silakan kunjungi juga posting-posting lainnya berikut ini:

>> Aneka info Strawberry (Stroberi)

>> Rinjani is The Most Beautiful Mountain in Lombok Island

>> Test The Speed of Flash Disk with Check Flash

>> Kumpulan artikel tentang kesehatan

>> 10 Most Beautiful Island in Indonesia

>>  Bali Being Second Best Island in The World