Upgrade prosesor dan RAM pada laptop lama

September 23, 2012

Laptop lama yang saya punyai adalah laptop lama dengan spesifikasi yang untuk ukuran sekarang tergolong low end, ini bisa terlihat dari spesifikasi awal laptop tersebut yaitu:
merk laptop Optima Centoris G200N, OS Windows XP Professional (SP 2)
prosesor Pentium M 1,5 GHz (kira-kira performanya setara dengan Pentium 4 2,4 GHz), DDR SDRAM 512 MB PC2700 (bisa ditingkatkan maksimal 2 GB), VGA Intel Extreme Graphics 2.

laptop tersebut kalau sedang digunakan multitasking (misalnya membuka 2 browser berbeda dan multimedia player sekaligus) sering nge-lag, dan dengan prosesor Pentium M 1.5 GHz tersebut saya kira masih kurang untuk memenuhi kebutuhan komputasi di era sekarang, seiring perkembangan waktu software-software terbaru membutuhkan prosesor yang lebih bertenaga, misalnya saja seperti software antivirus, editing gambar, multimedia player, flash player, dll.
untuk itulah timbul keinginan saya untuk mengupgrade laptop saya tersebut, biar performa lebih terdongkrak (meningkatkan kemampuan).

dari browsing-browsing saya menemukan bahwa prosesor dan RAM laptop untuk kebutuhan upgrade tersebut bisa saya dapatkan cukup murah di situs Ebay. lihat saja, harga satu buah prosesor Pentium M 1,7 GHz (kira-kira performanya setara dengan Pentium 4 2,8 GHz), harga total berikut onkir adalah sekitar $11 saja.
harga 1 buah RAM SODIMM Kingston 512 MB PC2700 adalah cukup ditebus 10$ saja (gratis ongkos kirim).
akhirnya saya putuskan untuk membeli di Ebay, jadi seluruh biaya upgrade cuma habis total sekitar 20$ saja, atau kalau di Rupiah-kan sekitar 200 ribu Rupiah. 🙂
untuk biaya bongkar pasang laptop saya anggap tidak ada, karena saya kerjakan sendiri. untuk lebih detailnya silakan simak posting saya yang berjudul –>> Pengalamanku membeli barang di ebay

lalu bagaimana cara saya mendapat uang untuk membeli barang di Ebay? nah untuk membeli barang di Ebay itu, kita butuh rekening Paypal yang sudah terisi oleh duit Dollar $$ dengan saldo yang mencukupi,  silakan simak blog saya lainnya dengan klik DISINI, yang membahas beragam cara untuk mencari duit dollar $$ yang hasilnya bisa ditampung di rekening Paypal yang kita punya.

dibawah ini adalah foto saat saya membongkar laptop untuk upgrade prosesor:

untuk melepas prosesor dari dudukannya maka terlebih dahulu kita membuka kunci soket prosesor, putar sekrup pengunci dengan obeng berlawanan arah jarum jam sampai full. kalau misalnya prosesor masih sulit dilepas dari soket, maka itu tandanya kunci soket belum diputar sampai full.

sekalian heatsink (pendingin) prosesor dibersihkan dari tumpukan debu, biar laptop tidak mudah cepat panas.

lalu prosesor pengganti dipasang ke soket, prosesor tersebut tidak saya beri thermal pad tapi saya ganti dengan olesan minyak goreng 🙂

dibawah ini adalah foto-foto saat saya membuka penutup RAM dibawah laptop untuk upgrade kapasitas memory RAM pada laptop, RAM pada laptop:

performa akhir; dengan prosesor yang lebih kencang yaitu Pentium M 1,7 GHz dan kapasitas RAM yang lebih lega yaitu 768 MB. saya merasakan sudah ada peningkatan performa, dan tidak ada lag seperti yang saya alami sebelumnya. ternyata upgrade laptop itu tidak harus mahal alias murah dan tidak pula harus menguras kantong. untuk laptop lama kemungkinan harga sparepartnya sudah cukup terjangkau. jadi kalau upgrade pada laptop lama kemungkinan tidak akan makan banyak biaya.

—–00——

kunjungi juga posting-posting menarik berikut ini:

>> Keindahan Gunung Rinjani di Pulau Lombok

>> Active Speaker 2.1 Altec Lansing vs4621

>> 10 manfaat kesehatan yang mengagumkan dari Pisang

>> Travelling: Rumah Strawberry Lembang Bandung

>> Bali Being Second Best Island in The World

>> 10 Best Place to Create a Free Blog

>> Manfaat & Rahasia dari Air Kelapa Muda

Advertisements

15 Responses to “Upgrade prosesor dan RAM pada laptop lama”

  1. yadhie Says:

    gan mau tanya nih..saya pny laptop toshiba satelite 2455 S3001 yg skrg prosesor’a rusak/pin pth.yg mau saya tny klo saya mau upgrade prosesor dari P4 2.4ghz bs diupgrade kah?? smpe tingkat mna upgrade’a

    • arjip Says:

      coba cari infonya di Google, apakah laptop mas Yadhie itu support untuk upgrade prosessor. tidak semua laptop bisa di upgrade prosesornya.

  2. Dandy Aulia Says:

    Klo sony vaio kira2 bisa di upgrade gak mas?
    Punya saya sony vaio svf1421msgw
    Prosesor dual core 1,5 Ghz.
    Pengen upgrade ke core i3


  3. Gan Mau tanya nih..saya Punya laptop acer E1-421 dengan Spek.berikut:pros Amd E1-1200 APu with radeon Hd grafic 1.40 Ghz.Ram 2gb
    karna saya sering dan Suka sekali main game,saya sering instal game game berat dilaptop ini tapi sering Lag gitu load pun jadi lama.
    kalau saya ganti ram jadi 4 gb,kira kira laptop ini bisa UP ga buat ng-game?
    kalau pun diganti ram ada resikonya tidak?
    Mohon infonya!thanks

  4. riduan Says:

    mau tanya ni gan aku punya laptop toshiba prosesro i3 ram 1 Gb kira2 bagu gak buat main game berat


  5. gan mau tanya, laptop aku toshiba prosesor i3 ram 1 gb, kira2 mampu gak main game hd

  6. Fiat Says:

    Mau tanya gan. Laptop saya Samsung amd bisa nggak prosesornya saya ganti intel?. Tapi juga saya mengganti motherboard bawaan amd dengan motherboard bawaan intel.. ?makasih gan.

  7. Riski Says:

    Sy punya laptop acer e1 421, mau ugrade ram. Slot ram ada 2. Maksimal bisa ugrade brp gb? Trimks sblum a

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s