Buah Strawberry berbentuk unik seperti kipas

October 7, 2012

Selama saya membudidayakan tanaman Strawberry dalam beberapa tahun, baru kali ini saya menemui buah Strawberry yang cukup unik. tanaman Strawberry saya yang ditanam dalam pot ada yang buahnya berbentuk mirip seperti kipas, lebar dan pipih mirip seperi bentuk kipas.


Bentuk dari buah strawberry (stroberi) adalah memang bervariasi atau bermacam-macam, tapi bentuk seperti kipas ini bagi saya sangat tidak biasa. bentuk-bentuk ini ditentukan oleh sifat genetik.

Terdapat delapan bentuk buah yang umum pada stroberi, yaitu oblate, globose, globose conic, conic, long conic, necked, long wedge dan short wedge (USDA dalam Budiman dan Saraswati , 2008).  padahal seperti yang telah dikenal bentuk buah Strawberry yang normal umumnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


gambar diatas sumbernya dari University of Florida

di bawah ini saya sertakan foto buah Strawberry dari tanaman Strawberry yang saya tanam di pot dan umur tanamannya ada sekitar setahun.  jika dilihat dari samping, akan tampak seperti dalam foto di bawah ini:

jika dilihat dari bawah, akan tampak seperti dalam foto di bawah ini:

ingin lebih banyak menambah pengetahuan tentang tanaman Strawberry? silakan simak posting-posting saya di link berikut >>> info Strawberry

———-00———-

silakan kunjungi juga posting-posting menarik berikut ini:

> Cara membuat Powerbank dari baterai

> Membuat Powerbank dengan baterai AA 1,5 Volt

> Tanaman hias favorit masyarakat Indonesia

> Pengalamanku membeli barang di Ebay

> Survey online ini terbukti sdh membayar saya jutaan Rupiah

2 Responses to “Buah Strawberry berbentuk unik seperti kipas”


  1. gimana langkah awal dalam menyemai bibit strauberry mas

    • arjip Says:

      saya pernah menanam strawberry dari biji tapi belum berhasil, saya memperbanyak Strawberry dari bibit Strawberry yang sudah jadi (sudah pernah berbuah) dengan memperbanyak lewat stolon.

Leave a Reply

