Polusi cahaya yang mengganggu indahnya langit malam

March 21, 2013

Jika Anda pernah jalan-jalan di pedesaan pada malam hari, di tempat yang benar-benar gelap dan pada kondisi langit cerah tanpa sinar Bulan, maka anda akan menemukan diri anda disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari langit malam. islwPada malam tak berbulan, tergantung pada kualitas kegelapan di tempat Anda berada, tidak hanya jalur Bima Sakti yang bisa terlihat, tetapi juga antara 6.000 sampai maksimum 45.000 buah bintang bisa teramati dengan menggunakan mata telanjang. berikut adalah contoh perbedaan pandangan pada langit malam pada kondisi berpolusi cahaya dan tanpa polusi cahaya:

ontario night skyGambar kredit: Flickr pengguna Cali Traina

pada gambar diatas,  berlokasi di Ontario, Kanada, menunjukkan efek dramatis polusi cahaya dan dampaknya pada apa yang Anda lihat di langit malam. saat ini ada banyak orang, pada kenyataannya, tidak pernah memiliki akses ke langit yang benar-benar gelap saat malam hari.

di bawah ini gambar perbandingan kondisi langit malam di beberapa wilayah, antara lain di dalam kota (inner city), peralihan kota dengan pinggiran kota (suburban transition), pinggiran kota (suburban), pedesaan (rural), dan daerah yang jauh dari polusi cahaya (dark sky).

Amazing-Stars-Night-Sky

Gambar kredit: Raj Chanian

Dengan hanya mengganti lampu jalan tanpa pelindung dengan bentuk pelindung yang lebih mengarahkan cahayanya hanya ke permukaan jalan , kita tidak hanya akan secara signifikan mengurangi pemakain daya listrik (karena cahaya terfokus sehingga bisa menggunakan lampu yang berdaya listrik lebih rendah), dan hal itu juga akan meningkatkan visibilitas dan kita akan mendapatkan keindahan langit malam kembali.

stars_pollutionGambar kredit: Blog Greg’s Tech

kota kecil yang berjarak dalam radius 50 kilometer dari tempat anda berada bisa mengurangi kegelapan langit malam di tempat anda, tetapi kita bisa menguranginya dengan menggunakan lampu dengan daya yang lebih rendah serta diberi pelindung.  jika anda berada di tempat yang jauh dari polusi cahaya maka mungkin anda cukup beruntung, saya harap anda bisa menikmati sensasi keindahan langit malamnya!

silakan kunjungi juga blog saya lainnya iconptc.blogspot.com dan xpandro-id.blogspot.com

—-00—–

posting terkait:

>> Nebula orion memang nebula yg menakjubkan

>> Jenis-jenis teropong Binokular dan kegunaannya

>> Menikmati indahnya langit malam dengan binokular

>> Kegunaan teropong Binocular untuk kegiatan astronomi

>> Indahnya gemerlap bintang di Galaksi Bima Sakti

Advertisements

4 Responses to “Polusi cahaya yang mengganggu indahnya langit malam”

  1. Phie Says:

    Wah, senangnya bisa menikmati malam bertabur bintang. 😀 Di tempat tinggal saya, bintang bisa begitu banyak terlihat kalau sudah tiba masanya musim kemarau, Mas. Entah, tetapi sejauh pengalaman saya mengagumi langit.. biasanya begitu. Langit kemarau lebih indah dibanding langit pada musim hujan.

    Salam kenal dari kaki Merapi,
    Phie

  2. arjip Says:

    untuk bisa mengamati langit malam dengan kondisi cerah di daerah tropis saya rasa lebih cocok dilakukan pada waktu setelah lewat tengah malam karena biasanya awan sudah menghilang menjelang pagi hari…
    kalau Phie suka mengagumi langit malam maka cobalah mengamati dengan menggunakan teropong Binokular dengan lensa objektif minimal 50mm atau Teleskop kecil dengan kemampuan wide field, sensasinya akan lebih terasa daripada hanya menggunakan mata biasa….

  3. absoluterevo Says:

    Salam kenal gan dari evo, gan mau nanya ni laptop tidak mendeteksi battrey kenapaya sekarang laptop saya hanya nyala pake adptor tidak nyala pake battrey thank you

    • arjip Says:

      ada kemungkinan chip di dalam modul baterai ada kerusakan, untuk memastikannya bisa dicoba dengan modul baterai dari laptop lain yang setipe atau sejenis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s