Tips memilih Solar charger & Solar cell Powerbank

July 3, 2014

Di pasaran beredar charger yang berbasis pada sumber tenaga surya, yang populer adalah solar charger dan solar cell powerbank. solar charger biasanya hanya terdiri dari solar cell dan regulator pengatur tegangan, ukuran solar cell yang digunakan juga lebih lebar dan besar.

apa perbedaan antara solar charger dengan solar cell powerbank? solar charger hanya bisa digunakan untuk mencharge pada siang hari atau saat ada sinar cahaya. solar cell powerbank bisa digunakan di malam hari karena mempunyai baterai back-up seperti powerbank biasa. kelemahan yang ada pada solar powerbank adalah ukuran panel solar cell kecil sehingga butuh waktu lama untuk mencharge sampai penuh baterai back upnya. sedangkan solar charger berbeda, karena punya Watt yang lebih besar maka bisa langsung digunakan untuk mencharge beberapa gadget dan powerbank sekaligus saat ada sinar matahari. salah satu contoh Solar charger yang ada adalah brand Goal Zero.

solar panel charger - solar cell powerbank

Anda sedang mencari solar charger? carilah yang memang telah dioptimalkan untuk daya USB, memberikan efisiensi yang lebih tinggi. Solar charger professional biasanya mempunyai output berkisar dari 3 Watt sampai dengan 20 Watt. untuk memilih Solar Charger yang tepat bagi Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. menyesuaikan pada jenis gadget yang ingin digunakan. Ingin mengisi / mencharge ponsel, smartphone, dan MP3 player?  Ambil yang kemampuannya 3W atau 5W. untuk mengisi Tablet PC maka Ambil solar panel yang 7W atau 10W.
  2. Solar charger bekerja melalui pengisian matahari secara langsung.  Ini berarti bahwa solar panel harus berada di bawah sinar matahari langsung agar pengisian berlangsung.  cuaca berawan atau mendung secara drastis dapat mengurangi efisiensi solar panel, terutama dengan solar panel yang lebih kecil ukurannya.
  3. Karena fakta bahwa matahari tidak selalu bersinar sepanjang hari, sangat disarankan agar menggunakan Solar charger bersama-sama dengan lithium-ion (Li-Ion) Power Bank. Li-Ion Powerbank bisa diisi (dicharge) pada siang hari sehingga Anda akan memiliki banyak daya yang tersedia untuk mengisi gadget Anda di malam hari. jika anda tertarik untuk membuat Powerbank sendiri, silakan baca dulu posting saya berikut ini –> Membuat Powerbank dengan kapasitas besar

Solar charger, biasa digunakan saat dalam perjalanan traveling, atau saat berada di gunung yang tidak ada sumber listrik. solar charger tergolong ringan dan mudah dibawa tapi harganya tidak seringan bobotnya.

Solar Cell powerbank harganya lebir murah dan ukurannya ringkas seperti powerbank biasa, tapi hanya menawarkan lebar solar cell yang terbatas, sehingga pengisian pada baterai powerbank (built-in) berlangsung lebih lama.

Silakan kunjungi juga posting-posting menarik lainnya berikut ini:

> Survey online yg sdh membayar saya jutaan Rupiah

> Membuat sendiri Solar Charger murah meriah

> Membuat mainan kapal tenaga surya

> Membuat Powerbank dengan baterai Li-Ion Smartphone

> Powerbank Samsung 25000mAh ini asli atau palsu?

> Android anda sering lag? silakan coba aplikasi ini

15 Responses to “Tips memilih Solar charger & Solar cell Powerbank”

  1. niko Says:

    mas mau nanya. kalo solar cell ini pas charge pake matahari itu nyimpen daya (dr konversi matahari yg d serap sma panel surya nya) ato cmn buat media saja jd bisa ng charge kl ada matahari. kalo ga matahari ya gabisa
    soalnya saya jemur seharian tapi ko strip powerbank nya tetep di strip 1
    sma kalo dpake cmn bsa 1x pake ng charge pdahal kapasitasnya 15.000 mah
    mhon pncerahan nya ya mas

    • arjip Says:

      kadang beberapa produk powerbank tidak mencantumkan kapasitas yang sebenarnya, cenderung melebih-lebihkan seperti kebanyakan produk powerbank dari China. powerbank tersebut menggunakan baterai penyimpanan dengan mutu rendah dan kapasitas kecil. coba baca dulu referensi dari posting-posting saya di link berikut:
      http://xpandro-id.blogspot.com/search?q=powerbank

  2. rifqi Says:

    Power bank solar berapa harganya dan brapa mah

    • arjip Says:

      kalau Solar Cell Powerbank produksi China itu harganya murah Gan karena kemampuannya terbatas, hampir sama dengan powerbank biasa. kalau yang Solar Panel Charger punya kemampuan Watt yang lebih besar dan produsennya branded jadi harganya lebih mahal. untuk harga coba search di Google saja Gan…

  3. Ahmad Says:

    Gan power bank gw punya solar charger mempunya 1.2w dan 10000 mah dengan harga 150 rb apakah itu penipuan atau enggak? Maaf sekedar bertanya?

    • arjip Says:

      Powerbank asal China non branded banyak yang spesifikasinya dilebih-lebihkan supaya laku. sebagai gambaran, di dalam Powerbank itu ada baterai Li-Ion yang digunakan untuk menyimpan daya listrik, sedangkan untuk membeli baterai Li-Ion yang berkualitas dengan total kapasitas 10000 mAH bisa habis sekitar 200 ribuan Rupiah. jadi dengan harga segitu yaitu 150 ribu, kemungkinan kapasitas powerbanknya tidak sampai atau kurang dari 10000 mAH. sebagai referensi coba kunjungi posting saya di link berikut: http://xpandro-id.blogspot.com/2015/03/powerbank-samsung-25000mah-ini-asli.html

  4. ghofin Says:

    Assalamualaikum
    Bang, kalau solar cell powerbank bisa di charger di bawah sinar lampu gak?

    • arjip Says:

      Wa’alaikum salam
      bisa Gan pakai lampu tapi lebih lama waktu pengisiannya bila dibanding dengan sinar matahari, power output solar cell tergantung intensitas sinar yang diterima. sinar matahari lebih terang cahayanya, intensitas cahaya lebih banyak daripada lampu. coba kamu cari di youtube disitu ada video percobaan untuk meningkatkan output solar cell dengan menambah cermin dan diposisikan supaya cahaya terpantul ke solar cell, jadi cermin itu fungsinya menambah intensitas cahaya yang diterima solar cell sehingga power outputnya meningkat.

  5. Andilau Says:

    Mas mau tanya nih apa kita kasih ke matahari langsung bsa charger apa gmna soal nya saya dah jemur thu power bank matahari nya selama 2 jam dan garis baterai nya tetap 1 mohon penjelasan nya

    • arjip Says:

      ada dua jenis charger dengan sinar matahari yaitu: solar charger dan solar charger powerbank. solar charger adalah charger langsung dari panel dan solar charger powerbank itu sebenarnya gabungan antara panel dan baterai penyimpan. sayang sekali solar charger powerbank yang banyak dijual biasanya hanya punya panel solar yang ukurannya kecil, jadi arus pengisian ke baterai penyimpan membutuhkan waktu lama. sebagai referensi silakan kunjungi posting saya –> https://arjip.wordpress.com/2016/01/06/membuat-sendiri-solar-charger/

  6. ita maulani Says:

    Senang rasanya menggunakan solar power bank atau power bank tenaga surya. Tak perlu biaya untuk mengisi ulang dayanya. Kan tinggal diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari. Di negeri kita sangat mudah menemukan sinar matahari. Apalagi, di musim kemarau. Power bank matahari jadi sangat praktis dan hemat biaya. Mau apa lagi?

    • Adhim Says:

      Mau nanya nih, kalo solar charger power bank sudah terisi,apakah pas waktu malam bisa charge ke handphone atau pas terkena sinar saja?

      • arjip Says:

        solar charger powerbank itu artinya solar charger + powerbank, jadi kalau tidak ada sinar masih bisa digunakan untuk mencharge, selama baterai penyimpan di powerbank masih terisi.

  7. alif ilham Says:

    bang saya mau nanya ,saya kan beli power bank solar cell pas di pencetkan nyala lampunya lama tapi ini kaga bang cuma kedip aja padahal baterainya penuh itu kenapa ya bang??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s