Membuat sendiri Solar Charger murah meriah

January 6, 2016

Solar charger branded seperti merk Goal Zero tergolong mahal harganya tapi menawarkan kualitas yang baik, di Indonesia sebagai daerah tropis dengan sinar matahari yang cukup melimpah sepanjang tahun dan jumlah pengguna gadget yang terus meningkat tentu banyak dari mereka yang meminati untuk menggunakan charger dengan tenaga surya (solar charger).

bagi mereka yang butuh solar charger dengan budget pas-pasan tentu mengharapkan solar charger yang berkualitas tapi dengan harga yang terjangkau, bila harus membeli solar charger merk branded yang mahal tentu terasa memberatkan. berawal dari ide ini saya mulai berkreasi untuk merakit solar charger yang terjangkau tapi juga tetap menjaga kualitas. solar charger ini tidak untuk saya jual akan tetapi saya jadikan contoh agar pembaca bisa ikut terinspirasi untuk membuatnya sendiri atau bahkan mengembangkan sendiri menjadi lebih baik. solar charger ini hanya butuh biaya kurang dari 15 $ saja, cukup murah jika dibandingkan jika harus membeli solar charger branded semacam Goal Zero. bahan atau komponen utama yang dibutuhkan untuk perakitan solar charger ini cuma mini solar panel dan modul converter.

2636664_20140120043015Solar charger Goal Zero

Solar charger umumnya digunakan oleh mereka yang sulit mendapat akses jaringan listrik PLN tapi mudah mendapat akses sinar matahari, misalnya backpacker yang mengunjungi tempat-tempat eksotis di pedalaman, para pendaki gunung, nelayan dan pelaut, traveller, kondisi darurat (emergency), perkemahan (camping), kegiatan alam, dan surveyor di lapangan. mengisi ulang baterai gadget atau smartphone yang habis hanya butuh sinar matahari dengan alat solar charger ini.

penggunaan solar charger ini cocok untuk gadget kecil seperti smartphone dengan ukuran layar sekitar 3 sampai 5 inch dengan kapasitas baterai berkisar di 1500 mAh. saya sendiri sudah menguji coba pada smartphone Sony Ericsson Aspen M1i dan Tablet PC Ainol Aurora saya, dan solar charger ini dapat berjalan lebih optimal pada smartphone saya. ini adalah foto dari solar charger yang saya buat:

membuat solar charger murah tapi berkualitas

jika anda tertarik untuk mencoba merakit sendiri Solar Charger yang murah meriah ini maka silakan kunjungi pada posting saya berikut —>  >> Praktek membuat solar charger 4 Watt <<

silakan kunjungi juga posting-posting saya yang lainnya:

>> Membuat mainan kapal tenaga surya

>> Powerbank Samsung 25000mAh ini asli atau palsu?

>> Membuat Powerbank dengan baterai AA 1,5 Volt

>> Survey online yg sdh membayar saya jutaan Rupiah

Advertisements

2 Responses to “Membuat sendiri Solar Charger murah meriah”

  1. aNgGaBOYZ Says:

    Malem gan..saya punya solar cell 6volt .0’6 apa bisa buat cas powerbank ga atau ada tambahan modul nya gan .trimkasih

    • arjip Says:

      bisa Gan, tinggal tambah regulator tegangan 5 Volt saja supaya bisa keluar tegangan output 5 Volt dan aman digunakan untuk charge gadget…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s