Indahnya bunga Gloxinia

18 June 2002

Bunga yang berasal dari Brasil ini memiliki bunga yang besar, halus seperti beludru dan bentuknya menyerupai lonceng.

Gloxinia

(Oleh : Kartini, Bulletin FFI No. 9, 2002)

Bunga yang berasal dari Brasil ini memiliki bunga yang besar, halus seperti beludru dan bentuknya menyerupai lonceng. Variasi warna beraneka mulai dari merah cerah, merah tua, ungu tua dan biru sampai ke putih, merah muda, hinga kombinasi dua warna dan beberap jenis dengan spot-spot yang disebut tigrinas. Bentuk bunganyapun bermacam-macam, tegak lurus ke atas, mengangguk, single, double, dan bentuk mini (jenis mini sangat bagus digunakan dalam terrarium).

Kebanyakan grower (pengusaha tanaman hias) membeli bibit dari produsen bibit atau membibitkannya dari tuber (umbi akar). Produsen berskala besar secara umum memulainya dari benih. Untuk pengaturan waktu panen, benih disemai apda bulan Februari dan tanamn akan siap dijual pada bulan agustus. Tanaman akan berbunga setelah 4-5 bulan setelah pindah tanam. Untuk menghasilkan kultivar tanam yang sama perbanyakn harus dilakukan secara vegetatif dengan stek tangkai daunnya.

Media tanam yan digunakan harus gembur, mempunyai kemampuan drainase yang baik dan memiliki kandungan bahan organik yang tinggi, seperti 50 % peat atu GreenGro-300. Dengan media buatan yang biasa ditemu di pasaran, pemupukan reguler perlu dilakukan. Pemupukan yang optimal akan menghasilkan daun yang berwarna hijau tua kebiruan. Osmocote (14-14-14) atau dekastar sebanyak 6 kg/m3 dapat diaplikasikan tanpa menggunakan pupuk cair. Jika menggunakan pupuk cair, dapat diberikan dengan dosis 150 ppm N.

Gloxinia dalam pot 6 inci akan berbunga antara 12-20 minggu setelah pindah tanam, tergantung waktu tanamnya dalam setahun, misalnya musim hujan atau kemarau. Jarak tanam secara umum 30×30 cm.

image6

Daun yang besar dan mudah patah serta tajuknya yang memakan ruang luas menyebabkan sulitnya dalam penanganan dan pengepakan. Gloxinia jenis kerdil (dwarf) mungkin dapat menjadi solusinya. Dibandingkan jenis yang biasa, gloxinia jenis kerdil 12-14 hari lebih cepat dalam mencapai usia siap jual.

Beberapa pengusaha menyatakan bahwa untuk varietas standar mereka digunakan jarak tanam kurang dari 20 x 20 cm. Meskipun tanaman yang dihasilkan sedikit lebih kecil tetapi secara ekonomis lebih menguntungkan. Tanaman siap dijual dalam waktu 10-12 minggu dengan kondisi cahaya matahari tinggi.

Suhu optimal adalah antara 17-20 o C, jika suhu kurang dari 15 o C, pertumbuhan tanaman akan lambat dan daun akan melengkung ke bawah yang dapat juga merupakan gejala kekurangan nutrisi. Sedangkan untuk cahaya berkisar antara 1500-2000 fc (150-200 lux) untuk menghasilkan pembungaan yang baik. Intensiat cahaya berlebihan akan menyebabkan daun terbakar dan apabila terlalu rendah akan menghasilkan tanaman yang tinggi.

Tanaman yang diberi penyinaran tambahan (dapat digunakan lampu neon yang ditempatkan 20 cm di atas tanaman) sehingga panjang hari menjadi 16 jam dalam periode 4 minggu sebelum siap dipasarkan akan berbunga 2 minggu lebih cepat. Di bawah penyinaran buatan, gloxinia dalam pot berukuran 4-6 inci dapat diselesaikan dalam 22 minggu.

Penggunaan ZPT seperti ALAR dapat digunakan untuk mengurangi tinggi tanaman. Aplikasi dapat dilakukan 2 minggu setelah pindah tanam. Aplikasi ZPT tidak boleh dilakukan setelah tunas bunga terbentuk.
Penyiraman di luar negeri digunakan sistem mat irrgation (air diberikan dari bawah pot) atau dengan selang keci yang dipasang di setiap pot sehingga air tidak mengenai daun gloxinia. Apabila terdapat air yang menggenang di daunnya akan menyebakan kerusakan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah gloxinia merlukan ventilasi yang baik untuk meningkatkan sirkulasi udara di sekitar tanaman. Bila diperlukan, letakkan tanaman di tempat yang agak tinggi dengan menempatkannya di atas pot yang dibalik.

Hama-hama yang menyeranng gloxinia umumnya adalah kutu daun, tungau dan trips, kadang-kadang kuimbang stroberi juga menyerang. Untuk mengontrol hama-hama terssbut dapat digunakan insektisida sebagai berikut :
– Kutu daun : Acephate (Orthene), Dithio, Endosulfan(Thiodan)
– Tungau : Dicofol (Kelthane), Pentac, Vapona, Vendex
– Trips : Dithio, Vapona, Pegassus, Agrimex
– Kumbang Stroberi : Acephate (Othene)

(Dikutip dari Bulletin Forum Florikultura Indonesia, No. 9 Edisi APril, Mei, Juni 2002)

Sumber: Buletin FFI

—-00—–

silakan kunjungi blog saya lainnya:  –>>  iconptc.blogspot.com

kunjungi juga posting-posting menarik berikut ini:

>> Manfaat buah Mangga untuk kesehatan

>> Test The Speed of Flash Disk with Check Flash

>> Benarkah gabung di situs Survey online, kita akan dibayar?

>> Some Fruit That Can Sharpness Your Brain

>> Benefits & Secrets of Young Coconut Water

>> Mengenal objek antariksa: Nebula

2 Responses to “Indahnya bunga Gloxinia”

  1. Ulfah Says:

    Salam kenal… Kalo boleh tau di mana dapetin bunga Gloxinia ini?.. Trims ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s