Agar Kondisi Laptop
Tetap Top

sumber:  komputer aktif 2005

Seperti juga PC desktop, laptop butuh lebih banyak perawatan.

Notebook atau PC jinjing membutuhkan kehati-hatian dalam perawatan. Lebih-lebih apabila Anda seringkali menggunakannya di area terbuka yang riskan terkena debu, air, dan kotoran lain. Agar notebook awet, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tip-tip merawat dan mengoperasikan notebook yang benar bisa Anda baca di sini. @DIT

Tip Merawat

Membersihkan Kibor
Kibor laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol kibor dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung kibor untuk mencegah kotoran.

Mengelap Layar
Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.

small-laptop

Hindari Panas Matahari
Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.

Menghindari Goresan
Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas kibor sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak bepergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.

Case Cemerlang
Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.

Menyimpan notebook
Bila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

Hindari Medan Magnet
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook.

Tip Mengoperasikan

Menghubungkan Laptop ke Proyektor
Untuk keperluan presentasi, tancapkan konektor VGA dari proyektor ke port VGA laptop. Pilih sumber video VGA pada menu proyektor. Tampilkan ke layar proyektor dengan menekan tombol [Fn] + [F5]. Agar aplikasi muncul di layar proyektor dan laptop, pencet kombinasi tombol tersebut sekali lagi. Kembalikan tampilan ke layar laptop saja dengan memencet lagi kedua tombol tersebut.

Menjaga Umur Baterai
Masa hidup baterai tergantung cara pemakaian Anda. Yang perlu diperhatikan, jangan biarkan baterai benar-benar habis atau sampai indikatornya menunjukkan tingkat 0 persen. Kalau tanda peringatan baterai telah muncul, segera isi ulang sampai 100 persen. Jika Anda menggunakan baterai Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), usahakan untuk mengosongkan baterai secara penuh setiap beberapa minggu atau bulan sekali. Pengosongan total ini melalui hibernasi.

Meningkatkan Performa
Salah satu kiat meningkatkan performa laptop adalah meng-upgrade komponennya. Beberapa yang bisa di-upgrade: prosesor, memori, atau hard disk. Rata-rata notebook baru saat ini memiliki memori standar DDR-RAM 256 MB, yang bisa Anda naikkan menjadi 512 MB. Cara ini akan mengurangi beban yang ditanggung memori virtual mobo dan prosesor. Naiknya kapasitas hard disk juga akan menambah ruang penyimpanan.

Mematikan dengan Benar
Pastikan Anda tidak mematikan notebook saat lampu indikator hard disk masih berkedip-kedip. Kondisi ini menunjukkan hard disk masih aktif. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat notebook dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan kinerja pada hard disk. Pastikan lampu indikator hard disk telah mati sebelum Anda men-shutdown notebook.

8 Responses to “Tips merawat laptop agar kondisi tetap top”

  1. ariefew Says:

    kalau aku yg paling gak suka, batery….. gak ada yg bisa tahan lama….
    tambahan :
    ni-mh, ni-cad = kosongkan secara berkala sebelum pengisian
    tapi litium= jangan sampai kosong…

  2. fickry Says:

    hai hai saya datang🙂


  3. Nice Info jangan Lupa kunjungi Blog Saya…

  4. Yuningsih Says:

    Mohon Bertanya Apakah Laptop bisa rusak kalau tidak dpakai?

    • arjip Says:

      kalau laptop tidak dipakai lama dan disimpan secara benar saya rasa tidak rusak, akan tetapi pada bagian modul baterai laptop yang menggunakan Li-ion sebaiknya dilepas dan dipisahkan dari laptop, gunanya untuk menghindari jika ada kebocoran cairan kimia pada baterai dan cairan tersebut bisa merusak komponen dan motherboard laptop.

  5. Walidin Says:

    ternyata ada caranya toh.. biar laptop jadi awet ya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s