manfaat ion negatif bagi kesehatan dan produktifitas manusia

April 3, 2010

oleh: Kamarudin (Bang Arjip)
arjip.wordpress.com
dengan referensi dari berbagai sumber

di dalam udara sekitar kita banyak terdapat ion negatif dan positif.
namun ion negatif lah yang terbukti secara ilmiah dari berbagai penelitian, bermanfaat bagi manusia.

Beberapa manfaat Ion Negatif yaitu :
1. meningkatkan produktifitas.
pada artikel “Advanced Research on Atmospheric Ions” oleh Guy Cramer
ada hubungan antara konsentrasi ion di udara dan produktifitas manusia pada berbagai kegiatan.
artikel tersebut bisa dilihat di http://mypage.direct.ca/g/gcramer/

2. meningkatkan vitalitas tubuh
Ion Negatif di udara dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernapasan dan pori-pori kulit.
Ion ini masuk ke seluruh sel dalam tubuh dengan menumpang arus aliran darah. Ion Negatif dalam tubuh dapat menguraikan asam laktat menjadi zat yang tidak berbahaya (air dan ion laktat) yang mudah dibawa oleh aliran darah menuju tempat pembuangan (pada saat tubuh lelah dan tegang, asam laktat dalam tubuh akan terkurung dalam sel yang mengakibatkan timbulnya rasa pegal-pegal).
kasus seperti yang dialami oleh para peneliti pyramid yaitu ketika sampah makanan yang ditinggalkan pengunjung dalam ruang raja tempat mumi disimpan. Sampah itu tidak membusuk, hanya mengering. Bangkai binatang yang kebetulan ada di dalam pun kering bagai mumi. Para peneliti yang bekerja dalam piramid juga merasakan tubuhnya lebih sehat dan kuat, pegal-linu pun lenyap. Ada apa di dalam piramid?
penelitian itu kemudian menyimpulkan bahwa kekuatan magnet pada batu granit di ruang raja mengakibatkan lepasnya elektron dari atom atau molekul di udara sekitar tembok. Elektron bebas itu kemudian berikatan dengan atom lainnya untuk membentuk ion negatif. Ion negatif inilah yang mengikat bakteri dan membunuhnya. Bakteri pun tak berkutik untuk melakukan pembusukan, sehingga sampah dan bangkai hanya mengering.

3. Selain itu Ion Negatif mempunyai kemampuan meningkatkan kerja limpa dalam menghasilkan kekebalan tubuh.
Otomatis tubuh mampu menghadapi berbagai virus yang masuk. Influenza dan penyakit virus lainnya pun keder masuk ke tubuh.

4. Dapat membersihkan udara dan juga baik untuk kesehatan.
Ion Negatif juga bermanfaat dalam membunuh virus dan bakteri yang ada di udara sekitar kita.
Diantaranya ion negatif dapat membunuh bakteri E.Coli (K. H. Kingdon, 1960), Micrococcus Pyogenes dan virus Influenza (A. P. Krueger, 1976). Baik Kindon maupun Krueger mempergunakan konsentrasi ion negatif sebanyak 50.000-5.000.000 per cm3 dalam berbagai eksperimennya tersebut.
Mekanisme dari proses membunuh bakteri ini juga dijelaskan oleh N. I Goldstein (1992) sebagai berikut, reaksi dari dua buah ion negatif O2- dan dua buah ion positif H+dapat menghasilkan Hydrogen peroksida. Hydrogen peroksida dikenal memiliki energi potensial yang tinggi dan mampu untuk membunuh virus dan bakteri. Lebih lanjut H. Nojima dari Sharp Corp. (2002) menjelaskan reaksi dari ion negatif dalam membunuh bakteri E.Coli. Menurut Nojima pembentukan Hydrogen peroksida terjadi pada lapisan luar sel bakteri E.Coli, untuk kemudian merusak lapisan sel tersebut sekaligus membunuhnya.
Ruangan-ruangan atau kantor-kantor di gedung-gedung tinggi yang menggunakan Ion Negatif generator, maka udara yang ada di dalam ruangan bukan saja sejuk, akan tetapi juga mengandung lebih banyak jumlah Ion Negatif. Sehingga partikel partikel polutan asal kendaraan bermotor dan industri , debu dan asap rokok yang bermuatan positif yang bertebaran, akan bereaksi saling tarik menarik dengan Ion Negatif dari udara yang dihembuskan dari Ion Negatif generator dan menggumpal jatuh ke lantai. Demikian pula partikel-partikel kuman, jamur dan virus yang berterbangan di udara juga bermuatan ion positif akan mengalamai nasib yang sama, sehingga ruangan itu sekarang menjadi bersih dan bebas dari segala macam polusi. Dengan demikian ruang yang dilengkapi Ion Negatif generator menjadi relatif bebas hama.

5. Disisi lain Ion Negatif juga diketahui berguna untuk menetralkan Superoksida. Superoksida dalam darah yang sebenarnya berfungsi untuk membunuh mikroorganisma dalam tubuh manusia, terkadang justru sebaliknya malah dapat merusak sel-sel dalam tubuh apabila kadar konsentrasinya terlalu tinggi (I. Fridovich, 1960). Sedangkan dengan adanya Ion Negatif akan dapat menambah jumlah enzim SOD (superoksida dismutase) yang berfungsi untuk mengurangi kadar superoksida dalam darah.

alat-alat elektronik biasanya banyak memproduksi ion positif, seperti contoh pada tabung monitor TV atau tabung monitor komputer. Air Conditioner (AC) konvensional yang tidak dilengkapi dengan plasma cluster atau air purifier juga banyak menghasilkan ion positif.
ion positif mempunyai dampak yang kurang bagus terhadap kesehatan diantaranya :
– Dapat mendorong ketidakseimbangan kimiawi tubuh manusia, hingga dapat mengganggu kesehatan.
– Keracunan ion positif bahkan bisa memicu produksi hormon serotonin di otak, yang dapat menimbulkan kecemasan.
– Dapat menyebabkan blood dyscresia atau gangguan kelainan pembekuan darah.
Terlalu banyak ion positif di udara akan terserap oleh tubuh. Disisi lain, dinding sel darah bermuatan negatif.
Akibatnya muatan yang berlawanan ini, akan terjadi tarik menarik antara dinding sel darah dan ion positif. Inilah yang mendorong terjadinya penggumpalan darah sehingga terjadi emboli atau penyumbatan. Jika emboli terjadi di otak bisa berdampak perdarahan dan atau stroke, bila di paru-paru akan berakibat gangguan pernapasan. Sementara bila emboli itu terjadi di jantung atau ginjal, yang terjadi adalah serangan jantung dan gagal ginjal.
peyebab utama Sindrom Gedung Sakit tidak ada hubungannya dengan pencemaran dan infeksi kuman, virus, jamur dan parasit, melainkan karena perbandingan antara jumlah ion negatif dan ion positif dalam udara yang tidak seimbang. Secara normal udara yang sehat dan segar kandungan ion negatif dan ion positif yang ideal minimal adalah dengan perbandingan 5 positif dan 4 negaitf. Penyebab Sindrom Gedung Sakit adalah akibat perbandingan ion negatif dan ion positif yang terbalik, sehingga terjadi keracunan ion positif. Bangunan rumah dan gedung yang sehat dan ideal antara tanah terbuka (tidak disemen atau aspal) dan bangunan adalah 3:2
Pada zaman sekarang, perumahan-perumahan modern dan bangunan-bangunan perkantoran sangat jauh dari negatif ion. Komputer, cahaya lampu, sistem ventilasi udara, dan bahan-bahan bangunan yang modern mengandung banyak sekali ion positif.

Produk buatan manusia yang bisa menghasilkan ion negatif yaitu:
AC yang dilengkapi plasma cluster atau air purifier, ion negative generator, air purifier, air ionizer, car ionizer, shower, air mancur, pancuran.

penghasil alami ion negatif
petir, hujan, air terjun, hulu sungai, batu granit.

tidak ada salahnya kalau kita berefreshing dengan wisata ke puncak gunung atau air terjun, karena kita akan merasakan konsentrasi ion negatif dan manfaatnya yang besar disana.

Diabawah ini adalah list tingkat Konsentrasi Ion Negative pada Lingkungan berbeda :
Lingkungan Tingkat – Ion*
Air Terjun = 95.000 – 450.000
Pegunungan & Hutan Sejuk = 50.000 – 100.000
Hamparan Rumput Hijau = 5.000 – 50.000
Perkotaan = 100 – 2.000
Ruangan Perkantoran = 40 – 100
Ruangan Ber AC (konvensional) = 0 – 20
*Perkiraan Kandungan Negative Ion percentimeter kubik (cc3)

bila anda ingin membuat sendiri “generator ion negatif” silakan cari infonya lewat google dengan kata kunci “ion negative circuit”

yang perlu anda perhatikan

electronic air ionizer, generator ion negatif  atau air purifier mempunyai efek samping yaitu memproduksi ozone (O3).  Ozone diketahui sebagai polutan dan berbahaya bagi paru-paru manusia apabila terhirup.   untuk itu biasanya electronic air ionizer atau ion purifier professional dilengkapi dengan filter karbon. filter karbon berfungsi untuk mengurangi kadar ozone dalam udara.  jadi hati-hatilah anda jika ingin membeli alat air ionizer atau air purifier jika alat tersebut tidak dilengkapi filter karbon.

Ozone secara alami bermanfaat untuk menangkal sinar UVb matahari, tetapi itu hanya terjadi di lapisan Ozon diatas atmosfer. apabila ozone berada di atas permukaan tanah atau pemukiman maka bisa jadi sangat berbahaya bagi manusia.  referensi tentang bahaya ozone bisa dilihat di link ini:

www.wiki.answers.com/Q/Is_ozone_an_air_pollutant
www.today.uci.edu/iframe.php?p=/news/release_detail_iframe.asp?key=1475

—–00—–

silakan kunjungi juga artikel-artikel saya lainnya:

> Benarkah gabung di situs Survey online, kita akan dibayar?

> Berkebun Strawberry Organik di Rumah Kaca (Greenhouse)

> Kumpulan artikel Astronomy & Stargazing

> Pemancar FM, macam serta skema rangkaian untuk penggemar elektronika

> Penghasilan sampingan dari internet

> Tiga cara untuk mendapatkan credit facebook gratis

About these ads

17 Responses to “manfaat ion negatif bagi kesehatan dan produktifitas manusia”

  1. tika Says:

    saya pernah di beritahu seorang terapist, bhw salah satu terapi yg sgt dianjurkan utk anak autis dan org gangguan jiwa adalah dgn terapi air terjun krn byk ion negatifnya.

    menurut terapist tsb, pernah ada kasus org dgn gangguan kejiwaan bisa sembuh dgn terapi air terjun.

    bisakah bpk/ibu membantu sy utk menjelaskan mekanisme efek terapi ion negatif ini bagi penderita autis dan gangguan kejiwaan ? trm ksh

  2. boy Says:

    izin di share yaa gan,,,

  3. Faradina Rosa Says:

    terima kasih mas untuk infonya
    sangat membantu sekali :)


  4. [...] Manfaat ion negatif bagi kesehatan dan produktifitas manusia [...]

  5. yoke Says:

    Sangat berharga info ini bagi saya yg menjlnkan bisnis berbasis ion negatif.Thx so much

  6. thehendrawan Says:

    izin share ya… tks :)


  7. [...] manfaat ion negatif bagi kesehatan dan produktifitas manusia [...]

  8. kris bihana nursah Says:

    info bagus nih,izin di share ya mas….thx

  9. Mr Piko Says:

    Artikel yang bagus, ijin share Mas.. akan saya cantumkan juga link sumber postingnya… tks

  10. agoy2urib Says:

    Nice Article, ijin sharing ke teman2 lainnya.

  11. anti Says:

    terima kasih ya,
    artikelnya keren.
    saya baru tahu tentang ion negatif & ion positif.

    menteri kesehatan kok tidak membahas tentang ini ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s