Berkebun strawberry di dataran rendah di kota Cepu Jawa Tengah
oleh: Kamarudin (aldebaran_centauri82@yahoo.co.id)

Strawberry merupakan tanaman yang mempunyai ketahanan & adaptasi yang cukup luas. secara umum syarat tumbuh yang baik untuk strawberry adalah seperti kondisi iklim berikut ini:

  • suhu udara optimum 17 – 20 C dan suhu udara minimum antara 4 – 5 derajat Celcius.

  • Kelembaban udara (RH) 80 – 90%.

  • Penyinaran matahari 8 – 10 jam/hari.

  • Curah hujan berkisar antara 600 – 700 mm/tahun.

syarat diatas sebenarnya tidaklah mutlak, saya sudah mencoba sendiri untuk membudidayakan strawberry di tempat saya tinggal yang sebenarnya kondisi lingkungannya kurang cocok untuk berbudidaya strawberry.
pada awalnya saya hanya coba-coba dengan membeli bibit strawberry 1 pot pada sebelum ramadhan tahun 2007 saat ketika saya wisata dan jalan-jalan di pasar tanaman hias Bandungan kabupaten semarang.
daerah Bandungan terletak di lereng gunung ungaran yang berhawa sejuk dan saya perkirakan ketinggiannya sekitar 800 m dari permukaan air laut. mulanya saya sempat ragu apa mungkin tanaman strawberry ini bisa bertahan hidup di daerah tempat saya tinggal? bahkan teman saya sempat mengatakan bahwa tanaman yang saya beli dalam waktu sebentar akan mati.
Kota tempat saya tinggal yaitu kota Cepu mempunyai ketinggian kira-kira 30 meter dari permukaan air laut (ini saya ketahui berdasar dari papan penunjuk ketinggian di stasiun cepu yaitu +28 m) dan rumah saya terletak tak jauh dari stasiun tersebut. suhu udara berkisar dari 25 derajat sampai 33 derajat celcius. curah hujan kurang dari 500 mm/tahun. banyak orang pernah mengatakan pada saya bahwa kota cepu berhawa panas, mungkin sama panasnya dengan kota-kota besar lainnya di pulau jawa.

Tanaman strawberry ini saya pelihara di samping rumah yang lahannya cukup sempit dan menerima sinar matahari langsung sekitar 6 – 8 jam sehari, ternyata memang tanaman ini tidak cukup kuat menahan hawa panas. banyak daunnya yang mengering, kemudian saya mencoba untuk menyemprot daunnya dengan sprayer yang terisi air dingin pada pagi menjelang siang dan siang menjelang sore. cara ini cukup membantu mengurangi jumlah daun yang mengering dan saya juga menyirami tanaman ini pagi dan sore.
Tanaman strawberry saya mulai bertambah dengan munculnya sulur-sulur stolon tanaman, dari ujung sulur-sulur ini akan tumbuh tanaman strawberry baru dan akarnya. ujung inilah yang dapat ditampung dalam pot baru, setelah tanaman baru mempunyai 4-5 daun maka sulur yang terhubung dengan indukannya dapat dipotong.
Media tanam-nya saya buat dari campuran dari tanah kebun dan sedikit pupuk kandang. pot yang saya gunakan berukuran kecil ‘ukuran 17 sampai 20′. satu pot berisi antara 1 sampai 3 tanaman. tanaman tanaman baru ini saya dapat dari stolon tanaman induk yang menjulur.
setelah setahun saya menunggu akhirnya kebun strawberry saya mulai berbuah, dari sekitar 30 pot, 3 pot diantaranya pasti ada yang berbunga kemudian berubah menjadi buah. hampir sekitar 4 hari sekali saya bisa memetik buah yang sudah matang (ditandai dengan warna buah merah tua) dari 1 pot bisa 1-2 buah strawberry yang matang. saya bisa menikmati buah strawberry dari kebun saya yang sempit itu selama 3 bulan penuh yaitu dari bulan september – november 2008. pada bulan desember 2008 kebun saya sama sekali tak menghasilkan buah. saya perkirakan pada bulan bulan itulah memang musimnya strawberry untuk berbuah.
berikut saya sertakan foto salah satu pot saya yang sudah berbuah:

image8

Saya sebenarnya kurang tahu pasti dari jenis dan spesies apa tanaman strawberry yang saya pelihara tersebut. ciri-ciri tanaman strawberry yang saya punya yaitu dari segi ukuran buah sedang, mempunyai rasa yang tidak terlalu tajam, tidak terlalu manis.

anda bisa lihat tanaman Strawberry saya lewat video Youtube dengan klik  –> DISINI.

———00——–

kunjungi juga artikel & link menarik lainnya berikut ini:

>  Pengalaman saya beli online jam tangan di Ebay

>  Bermain game billard & karambol di Tablet PC Android

>  Kenapa laptop cepat panas?

> Bukti bayaran Ipanelonline di 2014

> Berkebun Strawberry Organik di Rumah Kaca (Greenhouse)

> Travelling: Rumah Strawberry Lembang Bandung

> 10 Most Beautiful Island in Indonesia

> Tomatoes are Useful and Good for Health

> Tanaman hias favorit masyarakat Indonesia

> 10 Awesome Health Benefits of Bananas

62 Responses to “Berkebun strawberry di dataran rendah”

  1. doni Says:

    saya juga suka memelihara strawberry,bukan dari hasil buahnya siiiihhhh…tp kalo ydah berbuah itu yg saya seneng….banggaaaa gitu rasanya udah berhasil merawatnya sampai berbuah

    • arjip Says:

      saya memposting ini dengan niat supaya teman-teman yang punya lokasi jauh dari pegunungan atau di daerah pantai dan ingin menanam strawberry bisa mengetahui, sharing dan membandingkan dengan pengalaman saya.
      merawat strawberry tidak begitu sulit, yang penting kita sabar dan tekun dalam merawatnya.


  2. [...] kunjungi link lain yang berkaitan dengan strawberry berikut http://arjip.wordpress.com/berkebun-strawberry-di-dataran-rendah/ Posted in Uncategorized | Tagged berkebun, Berkebun Strawberry, kesehatan, Manfaat Strawberry, [...]

  3. wahyu Says:

    Tatacaranya dong, mas….

    Mulai dari dapetin bibitnya, media tanam sampai perawatannya gimana…???

    Penasaran nech… :)

    • arjip Says:

      hallo mas Wahyu, kalau di daerah palembang saya kurang tahu daerah pembibitan strawberry, sebaiknya anda cari di google.
      perbanyakan strawberry di indonesia lebih mudah dari bibit, bukan dari biji.
      jadi sebaiknya untuk tahap awal anda beli bibit strawberry beberapa pot saja, nanti bisa diperbanyak dari stolon-stolon tunas baru yang keluar. strawberry berbuah juga tergantung musim, dan intensitas cahaya matahari.
      kebun strawberry yang saya miliki hanya sempit saja, saya berkebun untuk mengisi waktu luang.
      menurut saya merawat strawberry mudah, saya dulu memulainya dengan trial & error.
      banyak banyak cari info tentang strawberry di google.


  4. wahh….kapan ya bisa berkebun strawberry…

    tapi kayaknya pasti habis dulu deh kalau saya menanam itu buah….

  5. roni Says:

    pa kbr mas,lama ni gak ketemu.ni aku roni kapuan,yang sering minta diajarin ditaman itu,ni postingan aku yang pertama moga aja bener. sebelumnya makasih bgt ya mas telah ngajarin aku banyak hal,terlebih website mas banyak memberi aku dorongan.aku dah bisa bikin blog.juga dah bisa bikin rekening paypal dan alerpay.cuma masalahnya waktu verifikasi masukin alamat blog yang saya buat kok gak bisa ya…apa perlu diganti hosting dan domainnya dulu biar bisa dikenali.aku pakai blogger.com.mohon bimbinganya.terima kasih.

  6. roni Says:

    sory slh ketik maksud saya validasi.klo kita mau bikin rekening paypal dan alertpay apa status blog dan email kita hrs valid dulu.gmn cara validasinya?

  7. arjip Says:

    maaf mas rony, saya belum sempat update blog ini.
    jadi kalau ada komentar masuk tidak tahu.
    untuk pertanyaan mas rony mungkin bisa panjang penjelasannya, saya sarankan mas Rony browsing ke google saja dengan keyword “cara verifikasi paypal”

  8. rofi Says:

    halo..

    Wah enak ya, selain seger (kecut2 manis), stroberi juga pantas jadi tanaman hias kan? btw stroberi ada bijinya g? klo ada cara nanam dari biji gimana? btw stroberinya dipupuk g?

    • arjip Says:

      Rof, di indonesia menumbuhkan tanaman strawberry dari biji sangat sulit.
      lebih mudah menggunakan teknik vegetatif yaitu stolon.
      strawberry lebih baik dipupuk, kalaupun tidak dipupuk juga tetap bisa hidup dan berbuah tapi buahnya sedikit.
      kamu kok tau blog ku darimana Rof?
      punya blog gak kamu?

  9. rofi Says:

    ngerti ae, belum Din, lagi mikir sing pantes isi blog nya apa

  10. aroel Says:

    wah… terimakasih atas tipsnya mas… kebetulan saya juga punya beberapa pot tanaman strowberrynya. jadi ada tambahan ilmu nih…

  11. gege Says:

    wew keren banget tuh pengalaman, dah gitu bagus buat anak2 yang pengen belajar menanam strawberry……

  12. neneng.fitri Says:

    gimana sikh caranya biar strawberry cepet berbuah?

    • arjip Says:

      mbak Neneng, mungkin ini sedikit tips dari pengalaman saya agar strawberry cepat berbuah:
      1. mendapat sinar cahaya matahari langsung minim 6 jam sehari.
      tanaman berbuah membutuhkan proses pembungaan, sedangkan pembungaan terjadi jika intensitas cahaya matahari cukup.
      jika ini tidak memungkinkan, bisa ditambah dengan lampu neon waktu malam hari karena setahu saya tanaman butuh cahaya untuk fotosintesis. (tapi untuk hal ini yaitu penambahan dengan lampu belum pernah saya coba)
      kebun strawberry saya berbuah saat bulan september sampai desember, dimana posisi matahari saat itu berada tepat diatas pulau jawa sehingga intensitas matahari maksimal tidak terganggu oleh cuaca mendung atau kabut.
      saat cuaca sering mendung begini jangan harap strawberry berbuah.
      2.agar daun tidak kering semprot dengan sprayer
      3.buang anakan stolon (sulur anakan), karena dengan membuang anakan akan merangsang strawberry untuk berbuah.
      4.satu tanaman strawberry biasanya hanya hidup maksimal 2 tahun, dan berbuah maksimal 2 kali musim.
      5.jika ingin strawberry tambah banyak maka biarkan anakan dari stolon strawberry tumbuh besar, tapi jika ingin cepat berbuah maka buang anakannya dengan memotong sulurnya dari induknya.
      kalau boleh tahu, mbak Neneng itu kan berlokasi di Soreang, nah daerah itu dataran tinggi atau rendah mbak?

  13. ummi afifah Says:

    boleh bagi info dong…
    strawberi yang bpk arjib tanam varitasnya apa yah?
    dan bagaimana tekni penyemprotan air dinginnya serta aplikasinya, pada daun atau pada tanahnya?kira2 brp cc disemprotkan air dinginnya?

  14. ummi afifah Says:

    oya trima kasih ya…

  15. arjip Says:

    buat mbak Ummi:
    yang disemprot itu batang dan daunnya saja mbak, disemprot dengan takaran secukupnya.
    sedangkan tanahnya tetap di sirami dengan air pada pagi dan sore.
    jaga agar tanah selalu basah dan tidak kering, karena tanaman Strawberry sangat sensitif pada tanah yang kering.
    jika musim hujan mungkin intensitas penyemprotan dan penyiraman bisa agak dikurangi.


  16. bagaimana cara agar buah strawberry tidak busuk sampai panen tiba,,??,,
    biasanya buahnya gampang busuk apalagi pada musim penghujan

  17. Rudi Says:

    wah kayaknya enak ne berkebun strawberry tapi ku gk bisa ngerawatnya ie
    hahahaha


  18. [...] September 9, 2010 Sebelum membaca posting saya kali ini, ada baiknya anda membaca posting saya terdahulu yaitu “berkebun strawberry di dataran rendah” dengan klik DISINI. [...]

  19. michag09 Says:

    saya mencoba menanam strawberry dari stolonnya di daerah bogor dramaga dikondisinya tempat lembab namun akhirnya mati juga. kira2 perawatan apa yang saya butuhkan?

    • arjip Says:

      perhatikan syarat tumbuhnya, Penyinaran matahari 8 – 10 jam/hari. (ini penting, tanaman strawberry harus terkena sinar matahari langsung, dan kalau tidak pertumbuhannya bisa kerdil dan bisa juga mati).
      tanaman strawberri saya di rumah, saya taruh di atas tembok. ini saya maksudkan supaya mendapat sinar matahari secara penuh.
      Curah hujan berkisar antara 600 – 700 mm/tahun, ini artinya tanah tempat tumbuh strawberry tidak boleh sampai kering.
      beri tambahan pupuk, lebih bagus pakai pupuk organik.
      untuk musim kemarau, sirami dengan air 2 kali sehari dan siang hari semprot daun dengan air (mencegah daun mengering).


  20. strawberry kalo ditanam di daerah dataran rendah bisa gak ya

    • arjip Says:

      saya yakin bisa, saya sudah membuktikannya sendiri kok. Strawberry yang saya tanam bisa tumbuh normal dan bahkan sudah berbuah.
      yang penting dalam menanam dan merawat Strawberry itu pengairan harus terus dijaga.


  21. [...] pada kisah awal saya merawat dan memelihara tanaman Strawberry di posting saya yang berjudul “Berkebun strawberry di dataran rendah“. Pembibitan Stroberi/Strawberry bisa dilakukan dengan penyemaian biji dan sulur tanaman [...]

  22. aji Says:

    wah leh nich mo cba jg dunk

  23. arif Says:

    mf gan,lw menurut saya strwbery yg anda tanam,adlh strbry yg brsl dr belanda.cz saya jg prnh nanem jenis itu.tp skrng dh di ganti pke yg dr calivornia.

    • arjip Says:

      mungkin saja sih… karena kalau yang saya lihat di TV. strawberry California bentuknya lebih lonjong dan lebih besar, kalau strawberry yang saya punyai buahnya berbentuk agak membulat dan ukurannya sedang…
      kalau boleh tahu, mas Arif beli bibitnya dari mana?

  24. Intan Hair and Beauty Says:

    Cara prawatan na memerlukan peptisida atau tdk?

    • arjip Says:

      kalau saya lebih suka tidak pakai pestisida. jumlah tanaman strawberry yang saya punyai tak banyak, walaupun kadang kala daun strawberry saya belubang-lubang karena dimakan ulat dan belalang. hama tanaman tersebut cuma saya pindahkan ke tempat lain.

  25. Mirsandi Says:

    hi…..
    kalau saya udah hampir setahun….
    hanaya sekali berbuahnya itupun kecil sekali…
    dan sampai sekarang gak pernah lagi muncul si bunganya…..
    dan tanaman saya gax subur….

    • arjip Says:

      kalau pengalaman saya dalam setahun bisa 1 sampai 2 kali musim bunga, dengan ukuran buah bervariatif ada yang kecil, sedang, dan besar. tapi yang ukurang besar memang jarang, lebih banyak ukuran sedang.
      saran saya sebaiknya tanaman Strawberry nya diperbanyak lewat anakan stolon, untuk menambah peluang tanaman yang nantinya bisa menghasilkan buah. agar tanaman subur beri tambahan pupuk serta pencahaya-an yang mencukupi (jangan ditempatkan di tempat yang kurang mendapat sinar matahari).


  26. waaah postingan yang sangat bagus dan sangat memberikan referensi,
    semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi semuanya yah,
    kalau sempat bisa kunjungi blog saya di

    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

  27. mirza Says:

    dijual ga bibitnya mas?.. kalau dijual bisa ga email saya di zalabali@hotmail.com.. :)

  28. andi saputra Says:

    saya masih was2 mas arjip.,dalam menanam strabery.coz saya baru kemarin nanam nya.dan saya mw minta tips awal nya mass?

    • arjip Says:

      kalau tips awal mungkin berikut yg bisa saya bagi: usahakan tanaman strawberry mendapat sinar matahari yang cukup (jangan ditempatkan di tempat yang teduh atau kurang sinar), media tanam harus porous dan steril, jaga jangan sampai kekeringan (penyiraman rutin 2 kali sehari jika cuaca kemarau), beri tambahan pupuk organik, bersihkan dari hama tanaman yg bisa mengganggu pertumbuhan tanaman (rumput, serangga, dll).

  29. risanti Says:

    sekian lama otak-atik, baru dapat yg oke nich artikel strowberi. sy pernah ke cepu, emang panas. Saya pengen jg tanam strowbery buat aneka macam buah di rumah. tempat tinggal saya malah 18mdpl, suhu jika terik capai angka 33. jk malam pernah sentuh angka 14 derjat. wuihhhh…
    oke banget idenya, semprot dengan air dingin. air dr kulkas kah mas ?

    • arjip Says:

      kalau panasnya ekstrim di musim kemarau misalnya 33 derajat atau lebih, mungkin bisa pake air dari kulkas Bu Risanti, tapi kalau cuaca sedang dengan suhu kurang dari 30 derajat, pakai air biasa juga tak apa kok menurut saya yang penting daun Strawberrynya dijaga terus biar tidak kering dan meranggas dengan cara penyemprotan daun. Strawberry adalah tanaman yang menyukai sinar matahari, mungkin inilah tantangannya jika ingin mengembangkan tanaman Strawberry di dataran rendah yang kadang suhu dan cuacanya kurang bersahabat terutama buat tanaman yang tidak tahan oleh panas. kalau untuk cuaca Indonesia yang tropis, saya rasa Strawberry lebih cocok dikembangkan di daerah lereng-lereng gunung yang berhawa sejuk dan mendapat sinar matahari yang melimpah tanpa takut daunnya akan menjadi cepat kering.

  30. shila Says:

    https://m.facebook.com/home.php?refsrc=http%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2F&refid=8&_rdr

    kl saya seminggu yg lalu beli bibit strawberry dr batu-malang (hawanya spt bandung) terus saya bawa ke surabaya yg berhawa panas antara 30-35°c tp pas musim panas bisa sampe 45°c. Alhamdulillah sampai saat ini masih sehat wal afiat krn sy taruh di atas kolam ikan garasi blkg yg tertutup alang2 tp tetep dpt sinar matahari dr samping rumah. Saya letakkan persis disamping air mancur ke filter kolam, supaya terkena sedikit cipratan air dan medianya tetap sejuk seperti musim hujan hehehehehehe… sy jg kasih sehelai kain untuk mengalirkan sediit air ke pot (hidroponik sistem wick bisa di cari di mbah google) ini sdh sy aplikasikan juga buat anggrek dan ternyata anggrek sy jg pada seger, nah kl strawberry yg saya punya ini sudah pernah berbuah dan sy cicipi rasanya lebih manis dibanding yg dijual dipasaran. Ada yg bilang kl buah yg ditanam dgn cara hidroponic rasanya lebih manis dibanding yg ditanam dgn media biasa.

    • arjip Says:

      Strawberry yang saya tanam sendiri juga buahnya lebih manis bila dibanding yang biasanya dijual di pasaran.
      mungkin grade buah yang dijual di pasaran memang rendah, sedangkan yang grade yang tinggi mungkin digunakan untuk dijual di supermarket, restoran, industri makanan, hotel, dll. Strawberry sistem hidroponik menjamin ketersedian zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman Strawberry. di Youtube saya lihat Strawberry hidroponik menghasilkan tanaman, daun, dan buah yang lebih besar bila dibandingkan dengan tanaman strawberry yang ditanam di pot. pertumbuhan tanaman juga diklaim bisa lebih cepat.
      untuk foto tanaman strawberry saya dalam pot yang sudah berbuah silakan kunjungi link berikut:

      http://arjip.wordpress.com/2012/10/07/buah-strawberry-berbentuk-unik-seperti-kipas/

  31. cHa Says:

    Pengen ny punya tanaman strawberry…

  32. bang car Says:

    coba tanam dari biji deh, sangat menantang bro…
    klo ada waktu maen2 ke blog ane: http://salsa-strawberry.blogspot.com/

    • arjip Says:

      iya nih memang menantang, karena saya mencoba menumbuhkan strawberry dari biji belum berhasil, mungkin faktor cuaca di tempat saya yang kurang mendukung Bang…

  33. bella Says:

    kalo beli bibit harga brpa??
    saya ingin menanam strowberry kalo saya beli 1 atw 2 bibit bisa nggk ya jadi puluhan tnman strowberry??? thanks

    • arjip Says:

      dulu saya beli 2 bibit strawberry dalam 1 pot di pasar tanaman hias di kota Bandungan Jawa Tengah dengan harga kurang dari 10 ribu Rupiah. bibit tersebut saya perbanyak dengan menampung stolon (ujung sulur tanaman)pada pot baru, dan akhirnya bisa terus berkembang menjadi sekitar 30-an pot, itu yang terbanyak yang sudah saya capai tapi kalau sekarang jumlahnya sudah berkurang karena lahannya digunakan untuk tanaman buah lainnya.

  34. risyantika Says:

    saya tau blog ini telat min.. sy tdk tau kalo stolon itu trnyta batang memanjang yg keluar dr tanah.. bbrapa hari yg lalu stolon itu sy ptong :(
    apa itu brarti tanaman strobery sy sdh tdk bsa diperbanyak lg?

    • arjip Says:

      sedikit saya koreksi Gan, stolon Strawberry itu tidak keluar dari dalam tanah Gan, tapi dari crown Strawberry (daerah pangkal tanaman Strawberry yang dekat dengan tanah). kalau ada stolon yang dipotong, ditunggu saja mungkin nanti ada stolon baru yang akan muncul.

  35. rvan Says:

    beneran bisa mas di dataran rendah?

    • arjip Says:

      bisa Gan, yang penting kita tahu cara perawatannya yang benar dan jaga supaya kondisi tanaman strawberry selalu dalam keadaan segar…

  36. tri pratikno Says:

    gan saya share ni, saya tinggal di gumilir, cilacap jawa tengah dan daerah pantai dgn udara panas, ketinggian tempat sekitar 5 – 7 m dpl. saya dapat bibit di pasar lokal cilacap sebanyak 4 polibag harga 15 rb per polibag, sehingga langsung adaptasi, tumbuhnya tanaman stroberi sangat cepat sehingga banyak anakan dari stolon sekitar 7 bulan (sekarang sept 2014) mencapai 35 anakan dan banyak juga yang dibuang karena tidak ada tempat. sekarang bibit yang pertama dibeli sudah berbunga 3 polibag, tapi yang berhasil berbuah 2 polibag dan masih hijau buahnya. perawatan minimal saja cukup diberi kompos, sedikit pupuk kimia npk, disiram 1 kali sehari, kalau rimbun daun stroberi yang tua dipetik/dikurangi untuk mengurangi kelembapan iklim mikro dan tidak pernah pakai pestisida. gangguan biasanya kutu putih, belalang, ulat penggerek daun, bila kelebihan air akan tejadi busuk kering pada akar (ini terjadi pada salah satu polibag bibit yang pertama dibeli). bila share selanjutnya bisa email ke tri.pratikno@ymail.com atau fb tri
    pratikno

  37. arjip Says:

    bisa kok Gan, cuma lebih sulit kalau dibandingkan dengan cara memperbanyak lewat anakan stolon. saya sendiri pernah sekali mencoba menanam lewat biji tapi belum berhasil, jadi sampai sekarang saya cuma memperbanyak tanaman Strawberry lewat anakan stolon. coba cari di Google, mungkin ada yang share…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s