Penyebab kerusakan laptop display blank atau black screen

November 24, 2011

Salah satu kerusakan laptop yang sering muncul adalah “black screen”, layar gelap, layar mati, atau “blank display “. mungkin anda yang memiliki laptop pernah mengalami hal seperti itu, termasuk saya sendiri. kemarin laptop Vaio VGN NR31Z saya juga mengalami kerusakan “black screen” yaitu saat dinyalakan laptop tidak menayangkan gambar sama sekali di display walaupun lampu LED hardisk menyala dan kipas prosesor aktif. akhirnya laptop itu saya kirim ke tempat service, tapi saya masih punya laptop 1 lagi yaitu tipe Optima Centoris G20 yang masih normal, walaupun laptopnya jadul tapi yang penting bisa buat online, he he he…

Anda bisa membaca posting saya yang berkait dengan laptop Optima Centoris G200 saya tersebut dengan klik DISINI.

lalu apakah yang menjadi penyebab “black screen” pada laptop?

setelah itu saya mencoba mencari tahu sebab-sebabnya melalui internet, dari yang saya ketahui penyebabnya sebagian besar oleh cacat/defect pada chipset VGA (GPU) dan kerusakan panel Display (LCD). secara umum ada beberapa sebab, mungkin salah satunya ada dibawah ini:

1.Panel Display rusak

untuk memastikan bahwa Panel Display rusak, maka cobalah hubungkan laptop dengan layar eksternal. ubah mode layar melalui keyboard laptop dari mode layar internal ke mode layar eksternal. jika layar eksternal berhasil menayangkan display maka bisa dipastikan kerusakan ada di panel display internal. layar eksternal bisa berupa monitor CRT jika output berupa monitor (VGA) port, atau HDTV jika output berupa HDMI. kerusakan di panel display ada beberapa yaitu diantaranya: kerusakan di inverter, kabel fleksibel, dan LCD. kalau ada gambar tipis seperti bayangan di LCD, maka kemungkinan yang rusak adalah lampu LCD (CCFL), atau kabel fleksibelnya.

2.kerusakan pada VGA

kerusakan chipset VGA umumnya dialami oleh VGA laptop yang dedicated semisal dari nVidia atau Ati. kerusakan VGA dari Chipset integrated misal VGA Intel sangat jarang terjadi, kerusakan VGA yang terjadi berbandingannya sekitar 10 dedicated berbanding 1 integrated. yang sering terkena pada bagian VGA adalah soket chipset, memori RAM VGA dan chipset GPU nya.

beberapa seri laptop yang sering terkena black screen :

seri HP TX1000, seri Sony Vaio VGN, dan seri lainnya yang kebanyakan memakai nVidia seri 8400 dan 8600. nVidia seri GeForce 8400 dan GeForce 8600 keluaran sekitar tahun 2008 an terkenal paling sering rusak setelah digunakan antara 2 sampai 4 tahun, hal ini memang karena ada kesalahan produksi. tetapi nVidia sudah memperbaikinya untuk produk-produknya yang baru.

posting tentang kerusakan laptop HP TX1000 bisa anda baca dengan klik DISINI.

Solusi kerusakan/ perbaikan

untuk kerusakan pada panel LCD: bawa laptop anda ke tempat service untuk diketahui bagian mana di panel LCD laptop anda yang mengalami kerusakan sehingga bisa diperbaiki atau diganti komponennya.

untuk kerusakan pada VGA:

solusi termurah: chipset di Reflow (di blower dengan hot gun) akan tetapi kerusakan akan timbul lagi dengan mudah hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja.

Reball: mengganti bola-bola pin di bawah dudukan chipset, sehingga sambungan yang jelek bisa diperbaiki lagi.

bola-bola pin yang terbuat dari lead free soldering (bebas timbal) lebih mudah rusak karena perubahan suhu bila dibandingkan dengan menggunakan menggunakan bahan leaded soldering.

itulah mengapa setelah beberapa waktu banyak VGA dari nVidia menjadi rusak dengan gejala Artifak dan black screen.

jika chipset sudah mengalami kerusakan parah bisa diganti dengan chipset yang baru, itupun jika chipsetnya tersedia.

solusi lain adalah dengan mengganti Motherboard, sayangnya solusi ini adalah solusi yang memakan biaya paling mahal yaitu antara 1 sampai 2 juta-an.

jangan gegabah untuk mengganti motherboard jika persoalan laptop anda hanya “no display”/ blank display/ black screen, karena selain mahal juga masih ada alternatif solusi lain yaitu dengan reball chipset.

tarif reball chipset berkisar antara 500 sampai 700an ribu Rupiah, di kota-kota besar di Indonesia sekarang sudah banyak tempat servis laptop/notebook yang melayani jasa reflow dan reball chipset. mereka umumnya mempunyai alat BGA Rework Station, jadi anda tak perlu khawatir jika ternyata laptop anda mengalami persoalan tersebut.

———00——

silakan kunjungi juga artikel & link menarik berikut:

>> Bukti bayaran Ipanelonline di 2014

>> Play Game Grid 2 with low end laptops

>> Bayaran ke 3 dari LogiPTC (yg mau duit Dollar masuk)

>> 10 Most Beautiful Island in Indonesia

>> Berkebun Strawberry Organik di Rumah Kaca (Greenhouse)

>> AMD E350 is Not Enough for Serious Gaming 

>> How to Care for Your iPad or Tablet PC?

>> 10 Reasons Why The Tablet PC Become Popular 

About these ads

45 Responses to “Penyebab kerusakan laptop display blank atau black screen”


  1. Terimakasih infonya Mas. Kebetulan laptop adek saya sedang rusak.

  2. mikael Says:

    mas, kalau chpset control itu yg rusak gmn ya? apakah hrs di reflow/reball jga. krn montir2 laptop jogja sini pda angkat tangan. (laptopku dell 1370), ciri2 kerusakan; setelah icon dell keluar tidak mau booting lanjut lg, tidak mau masuk bios, tidak mau reset bios manual. yg sudah saya lakukan, copot hardisk dan ganti ram.

    • arjip Says:

      biasanya kalau chipset mobo kalau rusak maka diperbaiki dengan reflow/reball kecuali kalau chipsetnya sudah rusak parah, maka chipset tersebut harus diganti dengan yang baru (biasanya agak sulit mencarinya) atau dengan solusi yang lebih mahal yaitu diganti dengan mobo baru.

  3. Steven Says:

    Kalau untuk PC yang black screen kerusakannya sama tidak dengan laptop black screen ?

    • arjip Says:

      agak beda mas…
      kalau PC kan pakai monitor eksternal, jadi kalau monitor di PC black screen lebih mudah diketahui kerusakannya.
      apakah berasal dari monitor itu sendiri ataukah kerusakannya berasal dari dalam PC nya.

  4. Spica Says:

    laptop saya vaio seri Y VPCYB35AG. Sering saat saya nyalakan laptop suka tampil black screen meskipun tombol power aktif. Terus saya coba buka baterainya tapi tidak di ambil dan kemudian saya tutup lagi. Maksudnya sih ingin restart kayak PC dan Alhamdulillah pas saya coba nyalakan powernya lagi, laptop bisa menyala dengan normal :)


  5. dimana saya bisa memperbaiki vga mainboard krn laptop saya blank

    • arjip Says:

      Putra Akbar Susanto tinggal dimana? biasanya di kota-kota besar sudah ada tempat service laptop yang bisa menangani laptop blank, alat-alat mereka lengkap dan juga sudah dilengkapi dengan rework station, bisa mengerjakan reflow, reball, dan upgrade sistem cooling laptop.
      salah satu contoh tempat service di kota Bandung, bisa di lihat di referensi berikut:
      http://www.teknisilaptop.web.id/
      referensi memperbaiki laptop untuk kota lainnya bisa dicari di Google.

  6. hadi karabishy Says:

    terimakasih mas masukannya
    oiya mas kalu di jakarta dimana ya yang ada servis seperti itu..
    mohon sarannya…….
    tks

    • arjip Says:

      untuk daerah Jakarta saya kurang tahu mas, coba aja kontak teknisilaptop.web.id siapa tahu mereka punya channel di Jakarta.

  7. mega Says:

    haduh mas..tetep aja masih bingung aku…leptopku rusak bagian vga…
    merk axioo..bagaimana solusinya….

    • arjip Says:

      bawa saja ke service center resmi axioo, kalau misalnya harganya kurang cocok maka bisa dibawa ke tempat servis laptop alternatif. di kota-kota besar di Indonesia sudah banyak tempat servis laptop yang menerima perbaikan VGA laptop dengan metode reflow, reball, atau dengan ganti mainboard.

  8. Budak Olvado Says:

    lepiku acer 4730zg blank…itam pekat…kipas prosesor nyala led panel mati semua kecuali led power, gara-garanya jatuh kesenggol lagi kerja….awalnya pas dihidupkan kembali nyala normal, beberapa menit kemudian langsung restart tapi di layar gak ada tampilan sama sekali alias ngblank…apa nya ya yg rusak? mungkinkah vganya?…
    help me please

    • arjip Says:

      bisa jadi chipset VGA atau komponen lain di mainboard sudah tidak bekerja secara normal. kalau laptop jatuh dan terjadi benturan keras kemungkinan besar bisa mengakibatkan komponen-komponen yang terpasang dengan slot semisal Prosesor, RAM, Hard Disk, wifi, DVD, kabel LCD, bisa bergeser pin nya sehingga tidak terpasang dengan benar dan solid pada dudukannya. coba dulu satu-satu dengan melepas RAM dari dudukannya di mainboard, kemudian pasang kembali ke tempatnya semula, coba hidupkan laptop kembali. jika belum berhasil lanjutkan dengan melepas prosesor dari dudukannya di mainboard, tapi hati-hati jangan asal lepas karena pin prosesor bisa patah. kemudian pasang kembali. kalau belum berhasil juga, sebaiknya bawa ke tempat servis untuk didiagnosa lebih lanjut.

      • Budak Olvado Says:

        makasih dah d respon dgn cepat….
        smua langkah-langkah yg mas sarankan sdh saya lakukan, dari mulai melepas hardisk sampai prosesor tapi tiada hasil, masih blank…hanya saja panel kontrol (power board, yang ada hdd lamp, capslock lamp, num lock lamp) koq warnane kecoklatan ya.. apa dari situnya ya….?

  9. zooldroon Says:

    hem…
    masalah ane tertasi gan…
    ternya ta kabe dari MB ke LCD ada gangguan…
    mesti ganti kek nya…
    thank’s infonya… XD

  10. Nick Says:

    Labtop vaio vgn fz340e saya rusak vga nya, dahh sktr 4 kali diperbaki rusak yg sma tapi sampai skr penyakitnya kambuhh lg saya sudah bingung takut tuk keluarin biaya lg. Skr rada trauma bli labtop yg ada vga nya, Apakah labtop vaio saya bs sembuhkan Lg..
    Help me pls..

    • arjip Says:

      kemungkinan tipis untuk bisa normal kembali, ganti motherboard adalah salah satu solusinya tapi hal ini memakan biaya yang cukup besar. akan lebih baik kalau dana tersebut anda alokasikan untuk membeli laptop yang baru.

  11. Nick Says:

    nVidia seri GeForce 8400 dan GeForce 8600 keluaran sekitar tahun 2008 an terkenal paling sering rusak setelah digunakan antara 2 sampai 4 tahun, g mana dengan vga nVidia, atau vga yang lainnya saat skr?

    • arjip Says:

      kalau yang sekarang tentu mereka sudah belajar dari pengalaman dan kesalahan masa lalu, selalu ada penyempurnaan untuk produk-produk terbaru.

  12. aliya Says:

    laptop sony vaio VPC EH 32 FX/B. saya beli tanggal 9 oktober 2012

    pada awal juli laptop vaio saya tiba2 layarnya gelap waktu saya nyalakan. tp suara masuk windows msh kedengaran. ketika saya terawang n naikan tingkatkan kontras tampak tampilan samar. ketika disambungin dengan lcd ekternal laptop masih jalan.

    tanggal 9 juli saya bawa ke service center imperial melalui toko tempat saya beli.
    tanggal 19 juli service baru selesai, lcd menyala normal.
    setelah saya tanya kerusakan dimana kata orang toko laptop square cuma kabel fleksibel yang longgar tapi segel garansi yang di lcd pun tidak rusak.

    satu minggu setelah di service (26 juli), laptop saya tiba2 layarnya gelap kembali waktu dinyalakan. setelah konsultasi, disarankan saya membawa laptop saya setelah lebaran.

    tanggal 19 agustus saya bawa kembali ke toko tempat saya beli.
    anehnya, waktu petugas toko nyalain laptop saya pake adaptor punya mereka laptop saya nyala normal.*waktu itu batre ga terpasang*

    setelah 10 hari saya pake, LCD laptopnya tiba2 gelap lagi waktu dinyalakan.

    kali ini, saya langsung telepon teknisi imperial yg dijakarta.
    katanya laptop saya, dari servis yg pertama memang blm diperbaiki karena disana nyala normal. karena sudah satu Minggu ditempat servis gejala black screen ga ada, si teknisi blg ke saya kemungkinannya kegagalan software.

    *sebenarnya saat laptop saya rusak pertama kali, saya sempat bawa ke servis sony Indonesia.. kata mereka RAM saya yg rusak. tapi karena beda distributor mereka ga mau terima*

    kalo menurut admin, kerusakan laptop saya dimana yah? kabel fleksibel, RAM, ato software?
    mohon bantuannya, saya takut ada unsur kesengajaan Dr pihak toko/servis untuk mengulur waktu karena garansi saya habis Oktober ini.

    • arjip Says:

      kalau pakai monitor eksternal masih jalan, maka ini murni masalah hardware di panel LCD, bukan di software. saya sarankan lebih baik di servis diluar toko tsb, cari tempat servis laptop lain yang lebih bonafid.

  13. swasti Says:

    Maaf mas laptop saya sony vaio belum lama baru pake 1 bln. Pas di nyalain malah blank lama trus ada muncul tulisan preparing automatic sambil loading. Trus blank lagi. Itu kira2 knp ya ?

    • arjip Says:

      setelah ON coba tekan tombol escape Esc, apakah bisa masuk ke BIOS? kalau bisa, berarti kemungkinan masalahnya ada di baterai BIOS. coba cek dulu baterai BIOS nya, mungkin perlu diganti yang baru.

  14. Ghozi hanif Says:

    Laptop saya asus, saat saya hidupin,laptopnya blank warna putih tapi ada suara masuk ke desktop
    Habis tu saya lepas baterainya,tapi masih tetap seperti itu
    Gimana mengatasinya,kata temen saya lcdnya kena..

  15. Gina Says:

    Mas kalau laptop sony vaio saya
    knpa ya
    kalau d nyalakan muncul gmbr wrna bru tp sblum nya ada gambar untuk lock
    trus d tkan assist tetap jalan
    tp tdak mau msuk hnya gmbar biru aja

  16. Harland Says:

    Jadi gini mas, kemaren gw ngidupin laptop, mw dpake. Tp saat diidupin, tampilan layar itam hanya menampil kan icon HP (gw pke HP 430), ini tampil berulang ulang (kedap kedip), mohon solusi mas, apa harus ke tukang service

  17. rendra Says:

    gara2 virus mungkin gak?

    • arjip Says:

      virus bisa Gan, beberapa virus bisa membuat prosesor bekerja full load 100% secara terus-menerus padahal tidak ada program yang sedang dibuka oleh user. hal ini tentu membuat kinerja laptop atau komputer bisa menurun, dan juga menimbulkan panas yang berlebihan pada mainboard yang tentu saja akan mempengaruhi komponen-komponen lain yang ada di mainboard.

  18. Hilman Says:

    Laptop saya HP Pavilion 14-E015TX kasusnya sama black screen karena saat update bios tiba2 batere laptopnya habis dan setelah saya nyalain kembali ya seperti itu power nyala tapi black screen sampai sekarang, sepertinya crash biosnya. cara menanganinya kira2 bagaimana ya?

    • arjip Says:

      saya kurang tahu Gan cara menangani bios fail seperti itu. update bios memang banyak resikonya Gan. coba konsultasikan dulu di tempat service laptop ini Gan —> bandunglaptop.com


    • Saya pernah baca artikel tentang memperbaiki bios yang gagal update. Caranya menggunakan flashdisk yang bootable kemudian menekan tombol tertentu di laptop sambil dihidupkan. Coba cari di Google.


    • Ternyata saya lihat ada di buku panduan servis laptop Acer saya.
      Mungkin beda laptop berbeda juga caranya.

      Aspire 4535/4535G/4235 Series
      Service Guide, Hal. 172 Chapter 5

      BIOS Recovery by Crisis Disk

      BIOS Recovery Boot Block:
      BIOS Recovery Boot Block is a special block of BIOS. It is used to boot up the system with minimum BIOS
      initialization. Users can enable this feature to restore the BIOS firmware to a successful one once the previous
      BIOS flashing process failed.

      BIOS Recovery Hotkey:
      The system provides a function hotkey: Fn+Esc, for enable BIOS Recovery process when system is powered
      on during BIOS POST. To use this function, it is strongly recommended to have the AC adapter and Battery
      present. If this function is enabled, the system will force the BIOS to enter a special BIOS block, called Boot
      Block.

      Steps for BIOS Recovery by Crisis Disk:
      Before doing this, one Crisis Disk should be prepared ready in hand. The Crisis Disk could be made by
      executing the Crisis Disk program in another system with Windows XP OS.

      Follow the steps below:
      1. Plug in the USB Floppy Disk.
      2. Copy kblg009.wph to the tool’s folder and rename it as BIOS.wph. Execute wincris.exe.
      3. Select the Removable option for Disk Format and click Start. Follow the instructions on the screen.
      4. Click Format to format and create the disk.
      5. A message on the screen shows when the crisis recovery disk has been created.

      To use the crisis recovery disk, do the following:
      1. Plug in the USB Flash Disk without AC plug.
      2. Press Fn + Esc and then plug in AC power while holding down the keys. Power button flashes orange.
      3. Press Power button and system will enter crisis mode to flash the BIOS.
      4. Update to the latest version BIOS for the system using the regular BIOS flashing process.

      Catatan: Jika tidak memiliki USB Floppy Disk bisa menggunakan USB Flash Disk (UFD), untuk membuatnya bootable bisa menggunakan program seperti WinToFlash atau HDD Regenerator setelah itu salin berkas BIOS terbaru ke sana dan ganti nama jika diminta seperti contoh di atas.

  19. niko Says:

    bang, saya punya NOTEBOOK SAMSUNG NP270 E4V K03 win 8, nah gatau salah klik apa gmana tiba2 black screen, saya matikan trus saya aktivin lagi, setelah start screen tetap hitam aja monitornya, padahal 1 bulanan baru pake dr toko. penyebab dan solusinya gmana bang,?

    • arjip Says:

      kembalikan saja ke tokonya Gan, karena masa garansinya masih berlaku…


    • Saya pernah juga kejadian tertekan tombol switch monitor internal ke monitor eksternal, setelah restart tetap monitor tetap hitam.
      Di laptop saya tombolnya Fn + F5, simbolnya adalah dua layar dan ada garis pemisah di antaranya.

  20. Masuno Says:

    Gan ane punya masalah sama laptop ane..
    layarnya padam terus ngeluarin suara tit tit tit tit tit terus menerus gan…?
    itu gmn solusinya gan..
    help me..
    thanks a lot :)

    • arjip Says:

      suara tersebut menandakan kalau laptop Agan bermasalah, kode suaranya bisa berbeda-beda menurut kerusakannya. coba dicari di Google Gan.

  21. Setiawan Says:

    Bang, laptop saya acer aspire 4745g, usianya 4,5 tahun, windows 7 ultimate. Saat saya menghidupkannya, saat booting tepat setelah logo windows keluar layar mneghitam, tapi osnya masih berjalan, seperti biasa. Hanya layarnya saja yg kosong. Speknya 2gb ram, 512mb vga. Oiya malam sebelumnya saya main game pes dg laptop yg sama. Bagaimana solusinya bang?

    • arjip Says:

      coba pakai monitor eksternal dan aktifkan lewat keyboard atau panel di laptop, apakah ada gambar yang tampil monitor eksternal? kalau tetap hitam, kemungkinan kerusakan di chip GPU di mainboard. perlu dibawa ke tempat service untuk diketahui tingkat kerusakannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s