Bersih-bersih Windows dengan antivirus update terbaru

December 27, 2011

Menjelang tahun baru 2012 ini,  saya akan cerita tentang pengalaman pribadi yaitu:  “menendang” virus yang cukup dianggap ganas, bahkan untuk skala Internasional. beberapa hari yang lalu, Windows XP di laptop saya terserang virus Sality. virus yang sempat bikin saya “sibuk”. virus itu menular dari hard disk eksternal saya, sedangkan Hard disk saya tersebut menyimpan virus saat saya gunakan di salah satu warnet. warnet memang salah satu tempat penyebaran virus yang umum di Indonesia, selain dari itu tempat lainnya yaitu: rental komputer atau bisa juga dari flash disk teman atau saudara. serangan virus kali ini cukup merepotkan bagi saya, hampir semingguan saya berkutat untuk menyingkirkan virus ini. padahal biasanya kalau laptop saya diserang virus, saya cukup booting lewat safe mode dan membersihkan lewat anti virus.

tetapi kali ini berbeda, virus yang saya hadapi adalah virus-virus yang cukup merepotkan, saya mencoba dari beberapa anti virus, mulai dari Avira, SmadAV, Salitykiller, Norman Malware Cleaner, AVG dll. sebelumnya saya memang malas mengaktifkan fitur active guard Avira dan SmadAV, padahal kedua Antivirus itu terinstall di laptop saya.

Sality remover; jika anda terkena virus Sality, saran saya gunakan terlebih dahulu software salitykiller dari Kaspersky, yang terbaru kalau tidak salah versi 1.3.6.0

setelah itu lanjutkan dengan menggunakan AVG Anti Virus versi terbaru,  scan seluruh sistem dan partisi, termasuk eksternal removable USB disk. sebelum mengistall AVG maka uninstall dulu antivirus yang berpotensi konflik misal: Avira antivirus, kalau SmadAV tidak perlu di uninstall.

apa dampak yang ditimbulkan dari virus Sality?

dampaknya yaitu terkuncinya task manager, tidak bisa menjalankan safe mode, windows explorer crash setelah digunakan beberapa waktu dan beberapa program software tidak bisa di gunakan. ternyata setelah saya scan semua dengan AVG, Virus yang lain ikut muncul juga. setelah scanning seluruh system di Windows XP laptop saya dengan AVG update terbaru, muncul ribuan file yang terinfeksi virus dan trojan dengan jenisnya yaitu:

  1. Virus Win32/Zbot.G
  2. Virus VBS/Generic
  3. Virus Win32/Alman
  4. Virus Win32/Sality
  5. Virus Win32/CryptExe.A
  6. virus Win32/Parite
  7. Trojan horse Dropper.Agent.DNR
  8. Trojan horse Generic4.KVY
  9. Trojan horse Generic20.SUG
  10. Trojan horse downloader.agent2.VAC

syukurlah semua file yang terinfeksi virus sudah dinetralkan dengan AVG. sisanya yang membandel dipindahkan ke virus vault. AVG 2011 yang saya gunakan versi 10.0.1321 dengan Virus database 1500/3540.

berikut saya ungkapkan ciri-ciri komputer/laptop yang terkena virus, trojan, dan malware: (menurut pengalaman saya pribadi)

  1.  CPU load lebih dari 30 persen secara terus menerus, padahal komputer dalam keadaan idle.
  2. kipas laptop menyala terus menerus (kecepatan sedang atau tinggi) bahkan beberapa saat setelah komputer dinyalakan.
  3. indikator hard disk sibuk terus (berkedip-kedip) padahal kita tidak sedang mengakses apapun, menandakan ada aktivitas background yang sedang bekerja, bisa jadi virus atau trojan.
  4. laptop/komputer jadi lebih cepat panas karena prosesor dan hard disk dipaksa bekerja secara terus menerus.

setelah bersih dari virus, laptop saya restart dan ketika booting laptop saya jadi lebih hening.

30 menitan dari sejak dihidupkan kipas prosesor masih tetap diam, dimana saat itu saya sedang browsing dengan membuka Opera, Firefox dan 3 aplikasi di background, dan itu hanya 2 sampai 6 persen saja dari CPU load.

laptop saya masih menggunakan prosesor jadul yaitu Intel Pentium M 1500 MHz, dan itu termasuk low end proccessor. Operating sistem yang digunakan di laptop saya yaitu: Windows XP SP2 kustomisasi sendiri dari aslinya, sehingga tampilannya mirip-mirip Windows 7.

————00———–

silakan kunjungi juga posting-posting saya lainnya berikut ini:

>> Mantap, ini bayaran ke-18 saya dari Triond

>> Benarkah gabung di situs Survey online, kita akan dibayar?

>> Intel HD is Not Enough for Serious Gaming

>> What Causes Laptop Display Blank or Black Screen?

>> 10 Reasons Why The Tablet PC Become Popular

>> Amplified UHF Antenna for Best Reception

5 Responses to “Bersih-bersih Windows dengan antivirus update terbaru”


  1. […] >> Bersih-bersih Windows dengan antivirus update terbaru […]


  2. […] >> Bersih-bersih Windows dengan antivirus update terbaru […]


  3. […] > Membersihkan Windows dari Virus dengan Antivirus terupdate […]

  4. @indahororo Says:

    Mas, leptop dan hardisk eksternal saya kena virus sality dari teman saya. Saya coba masuk safe mode dengan F8 tidak bisa masuk. akhirnya saya coba dengan run-mscofig, trus tab boot.ini, terus checklist /safeboot. Nah skrg malah gak bisa masuk windowsnya. Booting terus. Saya harus gimana yah? Pengennya sih nyelametin yg di C juga. tapi sepertinya yg di C gak bisa diselametin yah. Karena saya juga gak ada cd windows xp. Virus ini emang bener2 nyebelin. Tolong infonya mas.
    Sebelumnya system-nya saya scan dengan smadav, gak mempan. Saya pake pcmav juga gak kena.

    • arjip Says:

      seperti yang sudah saya sebut dalam posting, untuk menyingkirkan virus Sality maka tidak dengan cara yang biasa seperti masuk ke safe mode dan menjalankan anti virus, akan tetapi dengan booting normal mode dan dengan bantuan software salitykiller dari Kaspersky, setelah itu dilanjutkan scanning total dengan menggunakan AVG Anti Virus. saran saya kalau tidak bisa booting secara normal sampai masuk ke desktop, maka sebaiknya di install ulang saja, toh kalaupun bisa diselamatkan dari Sality kemungkinan besar ada beberapa software yang sudah terinstall tidak bisa dijalankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s